Mendulang Uang dengan Menjadi Campaigner atau Buzzer

Selasa 26 Februari 2019 yang lalu saya menghadiri acara Buzzer Hiring yang diselenggarakan oleh BUZZR.ID bertempat di Sinergi Co-working Space Jl. Cenderawasih No.32b, Mrican, Demangan. Jujur saja, baru pertama kali ini saya datang ke tempat ini, ternyata cozy banget. Asyik buat kerja sambil ngopi-ngopi hehe…

Tadinya saya ragu-ragu antara jadi berangkat atau tidak, padahal udah mendaftarkan diri melalui google form yang dikasih oleh Manda Primastuti (temen blogger). Saya sempat kepikiran apakah ini perekrutan untuk buzzer kampanye calon presiden atau bukan. Karena nama saya sudah tertera di dalam daftar hadir, akhirnya tetap berangkatlah saya. Bolos kerja dikit hehehe.. Undangan jam 15:45 WIB, saya berangkat dari kantor sekitar jam 15:30. Sempat kena macet sedikit di seputaran UGM. Alhamdulillah sampai di tempat tepat waktu.

Langsung deh naik ke lantai 2 karena acaranya diadakan di Room 11. Disana sudah ditunggu Gilang dan Angeline Chiba dari BUZZR.ID. Serta sudah ada beberapa teman blogger dan mahasiswa.

Apa sih BUZZR.ID ?

Jadi, buzzer hiring (ternyata judul acara sebenarnya adalah Campaigner Hiring) ini diselenggarakan oleh BUZZR.ID.

campaigner vs buzzer

BUZZR.ID adalah sebuah platform yang menghubungkan antara brand dan ribuan “real user” di Instagram secara langsung. Sehingga “real user” di Instagram bisa merasakan suatu produk secara langsung dan menyebarkan opini mereka tentang produk tersebut.

Jadi, dalam hal ini BUZZR.ID berada di tengah-tengah antara brand dan “real user”. Sebagai penghubung.

Apa itu Buzzer ?

Sudah sering dengan istilah “buzzer” ‘kan ya? Kampanye presiden aja menggunakan jasa buzzer lho… Tenangggg, saya tidak termasuk diantaranya. I am free! Saya mau jadi buzzer tapi di luar urusan kampanye πŸ™‚

Secara harfiah, buzzer diartikan sebagai alat yang digunakan untuk memberikan pengumuman/informasi atau mengumumkan sesuatu untuk mengumpulkan orang-orang pada suatu tempat.

Sedangkan pada media sosial, buzzer yaitu orang yang memanfaatkan akun sosial media miliknya guna menyebarluaskan info atau dengan kata lain untuk melakukan promosi maupun iklan dari suatu produk maupun jasa pada perusahaan tertentu.

Buzzer vs Campaigner

Di platfom BUZZR.ID sendiri ada dua macam sebutan untuk mitra yang bekerjasama, yaitu BUZZER dan CAMPAIGNER. Apa bedanya?

Buzzer menurut BUZZR.ID adalah “real user” di Instagram, bukan orang-orang yang menyebut dirinya “selebgram” atau “endorser”. Bener-bener pengguna Instagram seperti saya ini, yang menggunakan Instagram hanya untuk seru-seruan, berbagi cerita dalam gambar.

Syarat menjadi buzzer untuk BUZZER.ID adalah:
1. Minimum ada 20 post di dalam akun Instagramnya.
2. Minimum memiliki 500 followers.
3. Harus real account dan bukan second account.

Tanggung jawab seorang Buzzer adalah:
1. Membuat konten sesuai dengan brief yang sudah ditentukan.
2. Posting sesuai dengan tanggal yang sudah ditentukan (postingan tidak boleh dihapus/archive/diprivate selama masa campaign berlangsung).
3. Memberikan feedback kepada brand melalui survey yang akan diberikan oleh buzzr.id.

Campaigner menurut BUZZR.ID adalah orang-orang yang mengkoordinir buzzer selama sebuah project berlangsung.

Syarat menjadi seorang Campaigner:
Selama Anda punya rasa tanggung jawab menjalankan sebuah project, maka BUZZR.ID membuka pintu lebar-lebar untuk Anda.

Tanggung jawab seorang Campaigner adalah:
1. Mencari Buzzer sesuai dengan ketentuan dari project yang sedang dijalankan.
2. Memahami dan menyebarkan informasi sesuai dari brief yang sudah ada.
3. Memastikan agar para buzzer membuat konten sesuai brief dan posting sesuai dengan aturan dan tanggal yang sudah ditentukan.
4. Melakukan pembayaran atau hak dan kewajiban Campaigner kepada para Buzzer-nya.

Seorang Campaigner bisa juga menjadi Buzzer lhooo… Jadi misalnya saya punya akun di BUZZR.ID, terus ambil job yang ditawarkan tapi saya lagi males merekrut buzzer, maka saya ga perlu jadi Campaigner tapi cukup jadi Buzzer aja.

Keuntungan menjadi Campaigner atau Buzzer

Menjadi Campaigner atau Buzzer itu sekarang banyak disukai lhooo.. Pekerjaan ini tidak terikat waktu, bisa dibilang cocok untuk yang freelance. Ada tawaran job, cocok ya diambil, enggak cocok ya ga usah diambil. Sesimpel itu.

Menjadi Campaigner atau Buzzer lewat BUZZR.ID khususnya, selain sebuah tantangan dan petualangan baru yang mengasyikkan (karena menghasilkan rupiah), tentunya ada keuntungannya juga. Keuntungan-keuntungannya antara lain:

1. Akan mendapatkan pengalaman di dunia bisnis digital advertising.

2. Akan menjadi orang yang paling pertama tahu dan mencoba sebuah brand, trend dan produk TERBARU bahkan belum ada di pasaran.

3. Akan banyak mendapatkan produk “GRATIS” untuk direview dan diposting di social media.

4. Akan mendapatkan $$$ (baca: uang) sebagai fee karena mereview suatu produk.

Project BUZZR.ID

Penasaran ‘kan apa saja sih project-projectnya BUZZR.ID? Yaitu antara lain:

1. Repost
Contoh:
Repost poster.
Untuk Repost semua materi disediakan oleh pihak BUZZR.ID

2. Product sampling + UGC / User Generated Content / Creative Post
Contoh:
Project Bengbeng. Tema: Aku rindu Dilan 1991. Brief: Foto bersama dengan pasangan, dan di dalam satu frame harus ada 2 kemasan Bengbeng Share It edisi Dilan 1991.
Caption harus dibuat se-cheesy mungkin dengan gaya bahasa Dilan.

4. App install + Promo
Contoh:
Project Elevania. Tema: App install + promo. Brief: Install aplikasi Elevania dengan “referral code” dari BUZZR.ID, lalu dapatkan voucher KFC senilai Rp 25ribu.
Disini buzzer foto bersama aplikasi yang sudah diinstall lalu post di Instagram sesuai dengan timeline yang sudah ditentukan oleh BUZZR.ID.

5. Market survey

6. Submission Competition
Contoh:
Project Toyota Rush 360. Brief: Mengikuti kompetisi Toyota Rush 360,”pilih salah satu item favorit kalian dan ceritakan pengalaman kalian bersama item tersebut”. Buatlah caption yang paling menarik.

8. Event attendance

Platform BUZZR.ID

Dalam menjalankan proyek-proyeknya, BUZZR.ID menyediakan platform khusus yang bisa diakses oleh Campaigner. Setelah Campaigner nge-share info campaign, para Buzzer bisa melakukan pendaftaran dan mengikuti campaign dengan mengklik link yang di-share oleh Campaigner.

Platform yang digunakan adalah www.buzzr.id .

Cocok banget ini buat yang pengin memulai bisnis digital advertising. Gunakan platform ini, bikin tim campaign, ambil project-project yang disediakan BUZZR.ID, makin berisi deh rekening tabunganmu..

Project Trial

Dalam acara Campaigner Hiring kemarin, kami mencoba project App install + Promo. Kali ini bekerjasama dengan Digibank. Bagi yang belum punya rekening Digibank, hari itu pada buka rekening hanya dengan menyiapkan eKTP dan smartphone. Pembukaan rekening dilakukan langsung dari aplikasi Digibank yang sudah diinstall di smartphone. Dengan memasukkan referral code yang sudah disediakan oleh BUZZR.ID maka teman-teman yang buka rekening di acara tersebut otomatis mendapatkan saldo Rp 50.000 dari BUZZR.ID. Asyik ‘kan….

Selanjutnya setelah pembuatan rekening Digibank successful, rencananya adalah install & promo aplikasi Oy. Sayangnya waktu sudah keburu malam, sehingga kami pun satu per satu meninggalkan ruangan.

Sedikit yang saya pahami adalah bahwa setelah punya rekening Digibank dan install aplikasi Oy, maka rekening Digibank tersebut akan dikoneksikan dengan aplikasi Oy. Saya pribadi sudah berhasil melakukannya, gampang sekali koq, tidak ada yang sulit.

FYI, aplikasi Oy ini bisa dipakai untuk chat dan transfer uang. Nahhh.. rencananya salah satu project trial kemarin adalah transfer uang dari Oy -nya BUZZR.ID ke Oy kami para undangan. Hehehe.. gapapa dehhh.. next bisa dicoba-coba sendiri dan dipraktekkan dengan sesama pengguna Oy koq…

Demikian sekilas sharing tentang pengalaman saya menghadiri acara Campaigner Hiring by BUZZR.ID. Saya jadi tambah ilmu nihhh tentang campaign, buzzer, serta digital advertising.

Pengin kenal lebih dekat dengan BUZZR.ID ?
Follow aja akun Instagramnya di: @buzzrofficial atau klik aja BUZZR.ID untuk langsung bergabung menjadi salah satu Campaigner-nya.

 

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

19 thoughts on “Mendulang Uang dengan Menjadi Campaigner atau Buzzer

  1. Wah iya tertarik nih. Kalau sistem online kaya gitu buzzernya ga usah yang orang lokal kan ya. Asal mengikuti syarat dan ketentuan bisa jadi buzzernya. Hem… Coba ceki ceki medos buzz deh siapa tahu ada yang nyangkut dan lumayan nambah job hahaha

  2. Eh saya jadi tau kalo campaign dan buzzer itu beda. Ah jadi tertarik nih ikutan BUZZR.ID. Kali aja ada yang cocok jobnya. Sapa tau beruntung dapetin pundi rupiah dari rumah hehe πŸ™‚

  3. Saya baru dengar dong buzzr ini, mau daftar juga ah.
    lumayan kali aja dapat job.

    buzzer dan campagnrs emang lagi booming sekarang.
    Pekerjaan yang cocok buat ibu2.
    Gak terikat waktu banget dan bisa memanfaatkan medsos dengan baik πŸ™‚

  4. Wah rekomendasi baru utk memperbesar saya kira sbg bukber nih mba hehe Terimakasih.? infonya. Btw memang ‘profesi’ buzzer saat ini cukup berpeluang dilakukan oleh siapapun termasuk emak emak ya hhe

  5. Baru tahu Buzzr id..
    Bagus kalau sudah ada platform kayak gini, kita jadi enggak nunggu ditawari jadi buzzer. Jadi kitanya sendiri yang nyari..mau pilih ikut kempen yang mana
    Kusukaaaa
    Daftar juga ah

  6. Eh baru tau ada syarat pos buat buzzer. Minimal 20 post. Iya ya, kalau follower banyak tapi post nya cuma 3 mikir juga yg mau hiring. Ini real account atau abal2. Nice info, Mba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *