Perjalanan ke Luar Kota dengan Bus

Ke luar kota naik bus? Bus antar kota antar provinsi? ‘Kan sekarang sudah banyak pesawat, kenapa gak pake pesawat saja? Seringkali seperti itu komentar-komentar yang muncul ketika suatu saat saya memutuskan untuk naik bus saja dalam melakukan perjalanan dari satu kota ke kota lain atau dari satu provinsi ke provinsi yang lain. Bener juga sih, ada transportasi yang lebih cepat daripada bus yaitu kereta api dan pesawat terbang. Tapi jangan salah, bahwa ternyata bepergian jarak jauh atau ke luar kota itu sesekali asyik juga lho dengan bus.

Pengalaman ke Luar Kota dengan Bus

Saya pernah mengalami perjalanan dari Yogyakarta ke Jakarta, pulang pergi, menggunakan bus. Pernah pula perjalanan dari Yogyakarta ke Pulau Bali, pulang pergi, juga menggunakan bus. Padahal ke dua tujuan itu bisa banget ditempuh secara cepat dengan menggunakan pesawat terbang. Bagi saya, selagi gak terlalu diburu waktu, saya lebih memilih perjalanan santai melalui darat. Kenapa? Karena selama perjalanan, saya bisa santai sambil menikmati pemandangan yang saya lewati, juga sambil mengenal kota-kota yang disinggahi, termasuk mengenal makanannya hehehe…

Perjalanan dengan transportasi bus itu ribet atau tidak sih? Tergantung yang akan melakukan perjalanan sih ya.. Kalo menurut saya sih gak ribet. Meskipun bawa anak kecil, gak akan terasa ribet. Yang penting persiapannya matang dan bus yang ditumpangi nyaman serta tidak mabuk kendaraan.

Perjalanan PP Yogyakarta – Bali menggunakan bus. (foto koleksi pribadi)

Saya flashback dikit ya.. Ketika usia SD saya ini gampang sekali mabuk kendaraan. Saya senang diajak orang tua bepergian naik kendaraan, tetapi saya sedih ketika di dalam kendaraan kemudian saya mabuk. Akibatnya, kalo tidak terpaksa banget, orang tua saya tidak akan mengajak saya bepergian naik kendaraan umum. Huhuhu.. itu saya alami sampai usia sekitar 12-an tahun.

Setelah itu, ketika sekolah SMA setiap hari saya harus naik kendaraan umum semacam angkot. Nah, sejak itulah saya sembuh dari penyakit mabuk kendaraan. Mungkin karena mau tidak mau saya akan bersahabat dengan kendaraan umum setiap hari ya… hehe… Dannn, sejak itu saya tidak takut lagi melakukan perjalanan jauh naik bus ke luar kota, baik dalam rangka study tour dari sekolah maupun jalan-jalan bersama keluarga. Alhamdulillah hingga hari ini, aman-aman saja dan saya selalu siap diajak bepergian menggunakan transportasi bus. Sejauh apapun jaraknya, ayooo aja.. πŸ™‚

Persiapan Pribadi untuk Perjalanan ke Luar Kota

Seperti saya bilang tadi bahwa untuk bepergian jarak jauh menggunakan transportasi bus, agar tidak ribet dari awal hingga akhir, sebaiknya dipersiapkan dulu dengan sebaik-baiknya. Tips-tips dari saya berikut ini mungkin bisa membantu Anda dalam mempersiapkan kebutuhan pribadi untuk dibawa selama perjalanan:

1. Bawa makanan ringan dan air minum secukupnya, terutama jika mengajak anak-anak. Ini penting karena di bus tidak ada penjual makanan, tidak seperti di kereta api, dan belum tentu bisa menahan lapar hingga di pemberhentian berikutnya.

2. Bawa penutup telinga dan penutup mata jika Anda peka terhadap kebisingan dan cahaya (khususnya jika menggunakan transportasi bus malam).

3. Bawa pakaian berlapis, terutama untuk anak-anak, karena terkadang AC di dalam bus akan terasa dingin sekali ketika bus sudah mulai jalan. Jika perlu, kenakan juga kaos kaki.

4. Bawa pembersih tangan (hand sanitizer) untuk menjaga kebersihan tangan, apalagi jika sewaktu-waktu menyiapkan minuman atau makanan untuk anak-anak.

5. Bawa tisu, untuk berjaga-jaga siapa tahu air di dalam toilet bus kurang bagus atau tidak tersedia kertas tisu di toilet bus.

6. Jangan lupa untuk bawa kamera. Kamera yang ada di smartphone juga gapapalah.., karena seringkali kita mendapatkan pemandangan indah dari luar bus yang layak diabadikan lhoo…

7. Bawa powerbank, karena ini bakalan perjalanan jauh yang memakan waktu lama, siapa tahu colokan listrik untuk charger jauh dari tempat duduk Anda.

8. Bawa alat music player (atau cukup dengan smartphone) sebagai hiburan atau teman tidur di dalam bus.

9. Bawa buku bacaan untuk mengusir jenuh di kala tidak bisa tidur di dalam bus.

Tips Mencari Bus ke Luar Kota

Itu tadi beberapa tips tentang kebutuhan pribadi yang akan dibutuhkan selama perjalanan. Nah, berikut ini adalah tips dalam rangka mencari transportasi bus yang akan digunakan untuk melakukan perjalanan ke luar kota.

1. Pilih bus dari perusahaan yang memiliki reputasi baik. Perusahaan bus yang baik, pasti tidak akan mempertaruhkan nyawa crew dan penumpang-penumpangnya. Mereka pasti akan memperhatikan keselamatan kendaraan, crew dan penumpang. Perusahaan tersebut harus yang rutin melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan terhadap kondisi mesin kendaraan. Contohnya bus Lorena.

2. Beli tiket bus dengan kelas sesuai budget. Karena ada beberapa kelas bus, antara lain kelas ekonomi, kelas bisnis, kelas VIP, kelas Eksekutif, dan kelas Super Eksekutif. Cari bus yang paling nyaman namun harga tiket terjangkau sesuai budget.

3. Beli tiket bus secara online saja karena sekarang tiket bus sudah bisa dibeli secara online. Ini akan menghemat banyak waktu daripada ngantri di loket penjualan tiket bus dan tentu saja bisa menghemat uang karena gak perlu keluar uang transport dan uang jajan hehe…

4. Cari tempat duduk yang nyaman. Saya biasanya memilih tempat duduk di belakang pengemudi, karena saya bisa leluasa melihat semua pemandangan. Gak melulu lihat ke samping.

Ke Luar Kota dengan Bus Lorena

Dalam memilih bus untuk perjalanan ke luar kota, tadi saya sebutkan bus Lorena. Kenapa? Iya, karena bus Lorena sudah terbukti milik perusahaan yang bereputasi baik. Tentunya mengutamakan keselamatan penumpang beserta crew-nya. Bus Lorena membuka banyak trayek baik ke kota-kota di pulau Jawa maupun ke luar Jawa. Bus Lorena sendiri memiliki 4 (empat) tipe kelas, yaitu kelas Bisnis, kelas VIP, kelas Eksekutif dan kelas Super Eksekutif. Harganya cukup terjangkau. Tiketnya bisa dibeli secara online.

Lalu dimana beli tiketnya secara online? Bisa lewat Traveloka. Nah, sebelum memutuskan membeli tiketnya, barangkali mau cari informasi lebih dulu tentang bus Lorena ini, bisa banget dengan ketik aja bus Lorena Traveloka di browser atau search engine, maka akan muncul informasinya lengkap.

Yuk ahhh.. sesekali melakukan perjalanan ke luar kota melalui jalur darat dengan menggunakan bus πŸ™‚

Sumber gambar: Traveloka, Pixabay dan koleksi pribadi

 

165 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

9 thoughts on “Perjalanan ke Luar Kota dengan Bus

  1. Aku dari dulu naik bus setiap ke luar kota, sih mbak… ditambah sekarang tiket pesawat naik, malah jadi tambah hemat kalau naik bus. Apalagi, perjalanan lebih terasa, ketimbang ngelihat awan melulu… hehe

  2. 3 hari 3 malam naik bus pernah mbak? Itu baru berangkat, pulangnya naik bis lagi. Itu pengalaman saya saat menengok nenek dan saudara di Medan. Maklum tiket pesawat muahal.

  3. Aku kalo dari jawa timur ke jakarta beberapa kali juga naik bus mbaak. yg paling nikmat ya saat dapet jatah makan malem itu. Jadi nggak perlu bungkus lagi dari rumah. Makan sepuasanya pas dinner πŸ˜€

  4. Aku ni,.pengguna bus sejati wwkkkk. Maklum memang ga ada transportasi lain selain bus. Naik bus juga asik, sih. Tapi ya memang lama. Dan harus tahan pegel ???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *