Skip to content

Efek MSG

Sejak terjun di bidang kuliner, kami memutuskan untuk membuat makanan yang non MSG. Kalo dulu saya masih suka memasak menggunakan Masako, kadang-kadang Royco, selanjutnya saya benar-benar menghindari itu semua beserta kawan-kawannya. Murni non MSG, hanya memanfaatkan gula garam dan kaldu daging.

Screenshot 2017-02-28 10.38.07

Beberapa hari yang lalu saya iseng buka diskusi di Facebook yang intinya saya pengin tahu apa aja sih efek yang dirasakan oleh teman-teman setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG. Ternyata, bermacam-macam efek yang dirasakan. Saya pun merasakan yang berbeda daripada yang dirasakan teman-teman. Yang saya rasakan adalah lemas dan ngantuk.

Di rumah, semua makanan memang dimasak tanpa MSG, tapi ketika jajan di luar tentu saja saya tidak bisa menghindarinya 100%. Misal pun bilang ke tukang jualan soto ayam, “Bang, tanpa MSG yaa..”, tapi siapa yang tahu kalo di rebusan kaldunya udah dikasih MSG.

Berikut ini sharing efek MSG dari beberapa teman di Facebook saya:

Kalo aku merasa gampang haus mba Win kalo habis makan makanan yang tinggi MSG nya, padahal udah minum banyak tapi tetep aja ngrasa haus, kayak nasgor, mi instan gitu” (Nomita Sani)

Akuuu sensi banget sama makanan guriih… langsung ga enak lidah sampee ke tenggorokan…” (Ade Ita Gurnita)

“Cepat haus dan lidah ga nyaman.” (Shinta Febiani)

Aku sih rasanya berbekas di tenggorokan plus pala pusing.” (Eni Anjayani)

Yang udah biasa eat clean sih bakal berasa pusing kalau kena msg.. walau dilidah masih terasa enak. Tunggu aja 15 menit kemudian.” (Dias Ayu Anindya)

Rasa sedepnya, “ceket” di lidah. (Ceket = bahasa jawa mbk win).” (Nur Hidayati)

Pake MSG tu lebih gurih, nagih tapi setelahnya sakit di tenggorokan dan agak pusing.., kalo non MSG gada efek buruknya menurut saya ? Gulgar tetep enak dan lebih sehat aja, gak ngerasa sakit tenggorokan ato pusing.” (Aini NH)

Anakku batuk-batuk mba kalo konsumsi makanan ada MSGnya.” (Annisa Wulandari)

Di leher berasa haus banget mba kalo abis konsumsi makanan ber MSG buanyak.” (Annisa Wulandari)

Mbak Win, kalo saya makan ada MSG, bawaannya pengen makan terus, mbak Wiwin hehehee… Kalo yang non MSG sekali ya udah jarang rasanya anehh gak ada penyedap wekekekk…. (Titis Asih)

Karena jarang make, rasa sedapnya lama-lama agak aneh di lidah.” (Wafi Biak)

Pas makannya enaaaak ?? setelahnya hauuuussssss terussssss ?” (Ira Aditya)

Yang pake MSG itu kerasa guriiiih banget… Tapi karena aku sudah lama mengurangi MSG (nyaris jarang pake), setelah makan MSG langsung pusing…” (Aprilia Kristanto)

Hmmmm bedanya kalo aku, berasa di tenggorokan and pengen minum terus…. Kalo anak-anak, larinya ke batuk.. Jarang-jarang pake tambahan r**c* yang biasa kupakai, tapi memang ngefek banget antara pake or tidak meski cuman seujung kecil sendok teh he he he.” (Lala Amalia)

“Pusing.” (Novi Teja)

Lalu gimana cara menghindarinya? Simpel aja sih. Yaitu masaklah sendiri semua makanan Anda. Jelas terjaga dari kekontaminasian MSG. Dan jangan jajan di luar 🙂

Demikian sharing tentang efek MSG, semoga bermanfaat. Oiyaa.. saya tidak membahas tentang bahayanya yaa.. mungkin lain kali 🙂

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *