YIS: Sekolah Internasional di Yogyakarta

Tidak terasa sudah bulan Januari aja ya.. pun sudah mau habis, tinggal menghitung jari, berganti deh ke bulan Februari. Seingat saya nih, setahun yang lalu di bulan Januari begini saya memastikan sudah dapat sekolah lanjutan untuk Satria. Setahun yang lalu Satria lulus SMP, lalu dia pengin melanjutkan ke SMK Penerbangan. Alhamdulillah sukses diterima di SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta. Jadi, ga perlu nunggu hasil UN SMP, karena bulan Januari 2018 tersebut Satria mendaftarkan diri dan tepat 7 Maret 2018 Satria diterima di sekolah tersebut.

Tips dari saya nih, kalo sudah mantap mau sekolah dimana, segera saja hunting informasi kapan pendaftaran dibuka dan kapan ditutup. Karena ada sekolah-sekolah lanjutan yang tidak menunggu hasil UN sekolah tingkat sebelumnya. Kecuali kalo memang ingin masuk ke sekolah negeri, ya musti nunggu hasil UN dulu.

Tidak hanya sekolah swasta yang membuka pendaftarannya lebih awal dari sekolah negeri, sekolah internasional pun berlaku demikian. Bahkan di Yogyakarta Independent School pendaftaran dibuka setiap hari. Jadi siapapun bisa datang sewaktu-waktu untuk mendaftarkan anaknya. Awal tahun ajaran sebenarnya dimulai pada pertengahan bulan Agustus, tapi kalo mau masuk sekarang pun tetap diterima. Enak ‘kan?

sekolah internasional di yogyakarta
Lokasi YIS sekarang di Jalan Cendrawasih 1 Sinduadi Mlati Sleman DI Yogyakarta.

YIS Sekolah IB di Yogyakarta

Yogyakarta Independent School (YIS) didirikan pada tahun 1989 sebagai sekolah unggulan di Yogyakarta untuk pendidikan dasar dan menengah internasional berdasarkan kurikulum internasional. Sebelum tahun 2014, bernama Yogyakarta International School. Menjadi sekolah independen, YIS menerima siswa dari berbagai macam kewarganegaraan, jenis kelamin, suku dan agama atau kepercayaan. Sekolah beroperasi di bawah yayasan yang berbadan hukum dan memiliki ijin resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta terakreditasi, dan merupakan anggota East Asia Regional Council of Overseas Schools (EARCOS).

YIS adalah satu-satunya sekolah IB di Yogyakarta. International Baccalaureate® (IB) adalah yayasan pendidikan internasional yang berkantor pusat di Jenewa, Swiss, dan memiliki empat program pendidikan formal:.
1. IB Primary Years Programme (PYP) untuk usia 3-12 tahun
2. IB Middle Years Programme (MYP) untuk usia 11-16 tahun
3. IB Diploma Programme (DP) untuk usia 16-19 tahun
4. IB Career-Related Programme (CP) untuk usia 16-19 tahun
Untuk informasi lebih lanjut tentang IB dan program-programnya, bisa dilihat di website IB.

YIS IB PYP
Ucapan selamat lewat akun Twitter @ibpyp pada 26 November 2018

Yogyakarta Independent School (YIS) sudah resmi menjalankan tiga program pendidikan yaitu:
1. IB Primary Years Programme (PYP)
2. IB Middle Years Programme (MYP), dan
3. IB Diploma Programme (DP).
IB PYP sendiri baru November 2018 kemarin mendapatkan sertifikasi resmi setelah sebelumnya menggunakan International Primary Curriculum (IPC). Sementara dua yang lainnya sudah jauh lebih dulu. Jadi, per November 2018 tersebut, YIS sudah resmi menjadi sekolah IB secara penuh.

Bagi orang tua yang pengin anak-anaknya melanjutkan kuliah di luar negeri, ada baiknya mempertimbangkan untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah lanjutan yang berbasis IB. Karena sertifikat program IB Diploma Programme (DP) diakui oleh 3-ribuan universitas di seluruh dunia untuk penerimaan mahasiswa baru.

Sekolah disini asyik lhoo.. Bahasa pengantar sehari-hari yang digunakan adalah full bahasa Inggris. Guru-gurunya banyak, dari luar negeri dan dari dalam negeri. Murid-muridnya banyak juga yang anak-anak Indonesia asli.

Biayanya pasti mahal ya? Pakai dollar ya? Dibandingkan dengan sekolah-sekolah internasional lainnya di Indonesia, YIS adalah sekolah internasional dengan biaya sangat terjangkau. Silakan aja dibandingkan 🙂

Nah.. buat Anda yang pengin tahu lebih banyak tentang sekolah ini, silakan mampir ke website Yogyakarta Independent School (YIS) atau datang langsung ke alamatnya di Jl. Cendrawasih No.1 Sinduadi Mlati Sleman DI Yogyakarta, nomor telepon (0274) 625965 / 625966, bisa juga menghubungi nomor WA: 082243614678.

Untuk menuju ke sekolah ini, jika Anda dari ring road utara masuknya bisa lewat Bebek Goreng H. Slamet, lurus ke selatan. Jika lewat jalan Magelang (dari utara ke selatan), Anda bisa masuk lewat gapura Kutu Tegal (di antara Indomaret dan Alfamart), lurus ke timur, lalu belok kanan sedikit, lanjut belok ke kiri). Jika lewat jalan Magelang (dari selatan ke utara), belok ke kanan di Selokan Mataram, sampai Pasar Kutu kemudian lurus ke utara, setelah kampus INTAN silakan belok ke kanan.

Oiya, dalam beberapa bulan lagi sekolah ini akan menempati lokasi baru yang jauh lebih baik dan lebih luas, tidak jauh dari lokasi sekarang 🙂 . Rencananya di lokasi baru nanti akan disediakan boarding (asrama) sehingga orang-orang dari luar Yogyakarta pun bisa bersekolah di YIS dengan tenang. 🙂

Sebaiknya Anda tahu tentang 5 fakta sekolah internasional sebagai berikut:

1. Sekolah bilingual tidak sama dengan sekolah internasional. Bahwa sekolah internasional disebut sekolah internasional karena memiliki lisensi resmi dari standar kurikulum internasional, diantaranya Cambridge Assessment International Education (CAIE) dan International Baccalaureate (IB).

2. Siswa sekolah internasional juga harus melewati Ujian Nasional. Ini berlaku wajib bagi siswa berkewarganegaraan Indonesia.

3. Sekolah internasional memiliki lebih sedikit mata pelajaran. Pada kurikulum nasional memberikan kurikulum yang komprehensif, pada kurikulum internasional membuat siswanya lebih fokus dan mendalam terhadap suatu bidang yang disukai.

4. Sekolah internasional umumnya tidak terlalu formal, antara lain dalam hal seragam sekolah serta tata letak tempat duduk siswa di ruang kelas.

5. Sekolah internasional menggunakan kurikulum yang berbeda dengan kurikulum nasional. Sampai saat ini belum banyak para orang tua yang mengerti bahwa sekolah internasional tidak hanya tentang pengajaran dua bahasa, tetapi juga harus memiliki sertifikat atau lisensi nasional dan internasional.

Yogyakarta Independent School (YIS) adalah satu sekolah di Yogyakarta yang benar-benar bertaraf internasional yang sudah memiliki lisensi resmi dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan International Baccalaureate (IB).

Gimana? Sudah siap mencarikan sekolah internasional untuk anak di tahun ajaran baru nanti?

Update YIS

sekolah IB di Yogyakarta
Papan nama di depan kampus YIS. (dokpri)
sekolah IB di Yogyakarta
Halaman parkir mobil tampak dari luar. (dokpri)
sekolah IB di Yogyakarta
Lapangan sepakbola milik YIS, biasa digunakan untuk latihan klub-klub sepakbola nasional. (dokpri)

Saat Anda membaca tulisan ini, YIS sudah pindah ke alamat baru yaitu di :

YOGYAKARTA INDEPENDENT SCHOOL
Jalan Tegal Mlati 1, Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman 55284, DI Yogyakarta
P.O. Box 1175 Yogyakarta 55000
Telp. +62 274 5305147 | 5305148, Fax. 5305148
WhatsApp: 082241044242
Website: yis-edu.org | Email: info@yis-edu.org

Referensi:
– website IB
– Harian Bernas

3977 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

30 thoughts on “YIS: Sekolah Internasional di Yogyakarta

  1. Anak sulungku kindergarten -di sekolah negeri- di Amerika karena ikut bapaknya sekolah…Nah, baliknya ke sini aku dan suami hunting dong sekolah internasional…dan ampuun spp nya, duh dengan gaji rupiah mundur teratur. Kwkkw
    Keren memang sekolah internasional macam YIS ini.

  2. jika mendengar sekolah internasional, iya sih pikiran saya pasti biayannya mahalll banget eh ternyata ini masih cukup lah lumayan sesuai dengan kualitas sekolahnya 😀

  3. Based sekolah yg International school itu selalu jadi idaman ya mbak karena memang berkualitas lulusannya lalu lingkungan juga oke tapi beberapa ortu masih khawatir sama biaya. Worth it sebenarnya

  4. Wah sepertinya keren yaa luar dalam sekolah YIS ini. Pas banget bulan drpan ke Jogja semoga sempat lihat2 kesini, sebagai seorg alumni pendidikan hihi.

  5. Wah sekolah internasional memang pilihan yg sa lngat menarik buat para orangtua yah mb bahkan bisa dibilsng impian bisa nyekolahin anak d sklh internasional tuh cuma yah biayanyanya itu yg gk sanggup?

  6. Wah lengkap ya jenjang pendidikan yang ada di sekolah YIS ini.
    Pengen jg sekolahin anak di sekolah internasional, sayangnya kalau dr rumahku lumayan jauh (kalau yg di Boor). BTW, kalau utk biaya gmn mbak?

  7. Wah, banyak sekolah alternatif yamg ditawarkan ya.. Tidak cuma sekedar negeri atau swasta, tapi juga dari kurikulumnya. Tapi bagaimanapun juga harus disesuaikan dengan kemampuan anak maupun finansial ortunya. Tfs

  8. Hai mbak, aku asli jogja tapi kok baru ngeh dengan sekolah ini. Tapi memang ada kerabatku yang sekolah teknik penerbangan di adisucipto sih, dan alhamdulillah dia langsung dapet kerja. Karena memang enggak banyak ahli-ahli bagian itu.

    Bisa jadi salah satu masukan untuk sekolah anak besok karena anakku suka banget sama transportasi kayak pesawat ataupun kereta api. Keren gitu bagi dia, haha

  9. Wah, bagus ya sekolahnya. Pastinya, dengan bersekolah di sini, anak-anak akan lebih jadi lebih fokus pada minat dan bakatnya ya. Gak kayak sekolah biasa. Aku sebenernya pengen nyekolahin anak di sekolah internasional kayak gini. Tapi biayanya yang mahal masih jadi pertimbangan.

  10. Udah beberapa kali lewat depan sekolah ini, selalu penasaran seperti apa kurikulum dan metode belajarnya. Sekarang terjawab deh, thx ya mba 🙂

  11. Aku jarang nemuin sekolah yang keren gini di Jogja, mulai dari kurikulum sampai semua media yang diterapin di sekolah ini. Fasilitasnya juga gak kalah oke banget jadi sesuai dengan biaya yang dikeluarkan orangtua

  12. Dulu aku pernah kesini mbaaaa, survey buat ponakan yang rencananya mau sekolah di jogja. Sekolah lama aja keknya udah nyaman ya mb, dengan pindah lokasi baru pasti makin asekkkk itu

  13. Saya turut bangga bila di negeri kita berdiri sekolah yang berkualitas seperti Yogyakarta International School ini. Apalagi bila biaya sekolahnya tidak setinggi langit. Agar lebih banyak masyarakat yang berkesempatan menuntut ilmu disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *