3 Pilar Utama Jadikan Anak Unggul Indonesia

 

“…aku dan kau suka DANCOW…”

Jingle iklan susu ini pasti tidak asing di telinga kita ‘kan, Bunda? 🙂

Nahhh.. hari Sabtu 6 April 2019 kemarin saya dan 4 orang teman-teman blogger di bawah naungan komunitas Smart Mama mendapatkan kesempatan untuk meliput acara “Iya Boleh Camp” yang diselenggarakan di Main Atrium Jogja City Mall, Jalan Magelang, Yogyakarta. Konon acara ini dilakukan secara serentak di 3 kota (Jakarta, Yogyakarta, Makassar). Acara ini diselenggarakan dalam rangka merayakan kesuksesan Gerakan ‘1 Juta Iya Boleh’ DANCOW Advanced Excelnutri+ dengan meluncurkan Modul ‘Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia’.

Dalam acara ini, karena DANCOW identik dengan warna kuning, maka kami diminta mengenakan pakaian sesuai dresscode yaitu touch of yellow. Setiap orang tua yang datang sebaiknya membawa anak-anak maksimal usia 4 tahun. Karena di area “Iya Boleh Camp” ini tersedia berbagai macam area bermain anak-anak. Saya sendiri, maaf sekali, kemarin tidak membawa anak, karena jam segitu adalah jamnya anak saya tidur 🙂

Acara dimulai sekitar jam 10-an. Setelah pembukaan, kami disuguhi performance Tari Kuda Lumping oleh salah satu kelompok Anak Unggul Indonesia. Acara kemudian dilanjutkan dengan talkshow. Talkshow kali ini menghadirkan 2 narasumber yaitu pakar nutrisi dr. Ayu Kusuma Dewi, M.Si,Sp.GK dan psikolog Tri Novita Herdalena, S.Psi, Psikolog, CPC.

Dalam kesempatan ini, kedua narasumber menyampaikan tiga pilar untuk menjadikan Anak Unggul Indonesia, yaitu:
1. Nutrisi seimbang
2. Stimulasi
3. Cinta

Dua pilar pertama yaitu nutrisi seimbang dan stimulasi disampaikan oleh pakar nutrisi dr. Ayu Kusuma Dewi, M.Si,Sp.GK.

Pilar 1: Nutrisi Seimbang

Baru seminggu sebelumnya saya tahu istilah 1000 Hari Pertama Kehidupan, ehhh.. ternyata di acara ini juga ada istilah ini. Jadi, memang dua tahun pertama kehidupan seorang anak itu harus mendapat perhatian khusus. Ini adalah fase golden age. Kurang gizi pada 1000 HPK, tidak dapat diperbaiki di masa kehidupan selanjutnya.

Dalam 2 tahun pertama kehidupan seorang anak, terjadi masa tumbuh kembang pesat dalam 2 hal yaitu pertumbuhan badan (growth effect) dan pertumbuhan otak (brain effect). Pada fase golden age ini, tinggi badan seorang anak sudah merupakan 1/2 tinggi badan dewasanya. Sementara itu, di usia 2 tahun pertumbuhan otak sudah mencapai 80% dari volume otak dewasanya. Sedangkan di usia 6 tahun pertumbuhan otaknya mencapai 90-95% volume otak dewasanya. Artinya setelah usia 2 tahun hingga 6 tahun hanya terjadi pertumbuhan 10-15% saja. Lebih sedikit lagi pertumbuhannya setelah usia 6 tahun hingga dewasa. Jadi, benar-benar 100o HPK seorang anak harus mendapatkan perhatian khusus.

Yang pertama harus diperhatikan adalah nutrisi seimbang. Apa sih maksudnya? Menurut Wikipedia, nutrisi seimbang atau gizi seimbang  adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan (BB) ideal

Makanan yang bernutrisi seimbang itu terdiri dari makanan pokok, sayur, lauk dan buah. Namun karena pada masa pertumbuhan anak sedang senang-senangnya bereksplorasi, tentunya ada banyak tantangan penyakit yang mungkin bisa mengganggu, seperti infeksi saluran pernapasan dan diare. Oleh karena itu anak harus mendapatkan nutrisi dan perlindungan yang tepat. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan asupan probiotik seperti Lactobacillus Rhamnosus yang telah teruji klinis dapat membantu menurunkan risiko infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran cerna dan organ hati, dan meningkatkan imunitas (daya tahan tubuh). Demikian pemaparan dari pakar nutrisi dr. Ayu Kusuma Dewi, M.Si,Sp.GK.

Di Indonesia telah hadir susu pertumbuhan yang berkualitas dan bergizi yang memberikan nutrisi dan perlindungan yang tepat karena mengandung probiotik Lactobacillus Rhamnosus, yaitu Nestle DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+, 3+ dan 5+. DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+, 3+ dan 5+ adalah susu pertumbuhan anak usia 1-12 tahun yang merupakan inovasi dari Nestlé Research Centre, dengan kandungan lebih dari 3X Lactobacillus Rhamnosus*. Secara lengkap kandungan dari DANCOW Advanced Excelnutri+ adalah sebagai berikut:

Pilar 2: Stimulasi

Sekali lagi, bahwa masa pertumbuhan anak terutama dalam dua tahun pertama merupakan periode emas (golden period) yang dapat menentukan tumbuh kembangnya di masa mendatang.

Untuk mengoptimalkan perkembangan anak, orang tua harus melakukan stimulasi secara teratur sesuai usia anak dengan penuh kasih sayang disertai pujian. Kualitas perkembangan anak ditentukan oleh kualitas nutrisi sejak di dalam kandungan dan stimulasi yang dilakukan oleh keluarga. Anak yang kurang mendapatkan nutrisi dan stimulasi memadai, mengakibatkan fungsi otak anak tidak berkembang optimal.

Stimulasi, menurut klikdokter.com, adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk merangsang kemampuan dasar anak agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Stimulasi tumbuh kembang anak dapat dilakukan oleh setiap orang yang berinteraksi dengan anak, mulai dari ibu, ayah, pengasuh anak, anggota keluarga lain dan kelompok masyarakat di lingkungan rumah tangga masing-masing dan dalam kehidupan sehari-hari.

Stimulasi yang tepat diberikan sesuai dengan tahapan usia perkembangan anak dan dilakukan sedini mungkin sangat berperan dalam membentuk kecerdasan anak.

Pilar 3: Cinta

Untuk menjadikan Anak Unggul Indonesia, tidak cukup dengan memberikan nutrisi seimbang dan stimulasi saja. Ada satu pilar lagi yang sangat penting yaitu cinta. Cinta Bunda dan Ayah dibutuhkan Si Kecil sejak ia berada pada masa-masa awal kehidupannya, yaitu sejak masih berada di dalam kandungan Bunda. Kedekatan dan rasa kasih sayang yang dirasakan Bunda terhadap Si Kecil semasa kandungan, tidak hanya menumbuhkan rasa aman bagi Si Kecil melainkan juga menjadi faktor penentu kedekatan emosional Bunda dengan bayinya.

Kedekatan emosional yang baik antara orang tua dengan Si Kecil adalah dasar dari hubungan yang dipenuhi dengan trust. Trust adalah rasa percaya dalam diri anak terhadap orang tua dan lingkungannya. Kedekatan emosional yang dipenuhi dengan rasa percaya ini harus dibangun sedini mungkin. Relasi dengan orang tua yang dipenuhi rasa percaya dan rasa aman membuat Si Kecil percaya diri untuk mengeksplorasi dunianya secara luas. Ia pun menjadikan Bunda dan Ayah sebagai rumah yang aman untuknya kembali dan berlindung. Dengan kedekatan emosional yang baik, orang tua juga menjadi lebih yakin untuk mendorong Si Kecil bereksplorasi.

Eksplorasi adalah sebagai bentuk stimulasi, karena dengan eksplorasi si Kecil akan:
1. Belajar lebih banyak
2. Skill motorik meningkat
3. Lebih percaya diri

Orang tua yang mendorong Si Kecil untuk bereksplorasi secara tepat serta konsisten mengatakan “Iya Boleh”, sesuai dengan usia dan tahap perkembangannya, akan mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil untuk menjadi Anak Unggul Indonesia, seorang pemimpin Indonesia masa depan. Anak Unggul Indonesia itu memiliki 5 karakter yaitu:

anak unggul indonesiaModul ‘Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia’

Sesi talkshow dilanjutkan dengan tanya jawab. Ada beberapa Bunda yang mengajukan pertanyaan dan dijawab oleh kedua nara sumber. Setelah sesi tanya jawab, dilanjutkan dengan presentasi Modul ‘Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia’ oleh Alvin Wiradarma (Brand Manager Dancow Advanced Excelnutri+). Modul ini terdiri dalam ebook dan juga dapat diakses secara gratis melalui laman Dancow Parenting Center.

anak unggul indonesia

Modul “Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia” adalah panduan orang tua dalam memberikan nutrisi, stimulasi dan cinta untuk jadikan si Kecil “Anak Unggul Indonesia”. Ebook ini bisa didownload dari website Dancow pada fitur Anak Unggul Indonesia.

Dalam kesempatan ini Alvin Wiradarma mengatakan bahwa,”Sebagai mitra terpercaya orang tua, DANCOW Advanced Excelnutri+ senantiasa mengedukasi dan mendorong para orang tua Indonesia untuk berkata ‘Iya Boleh’ demi mendukung si Kecil bebas bereksplorasi dan mengembangkan potensi mereka. Nah, melanjutkan Gerakan ‘1 Juta Iya Boleh’ yang diluncurkan Februari 2019 yang lalu, maka kali ini DANCOW Advanced Excelnutri+ meluncurkan modul ‘Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia’.”

Launching Modul ‘Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia’

Dannn.. puncak acara hari itu adalah launching (peluncuran) Modul ‘Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia’ secara serentak di 3 kota besar yaitu Jakarta, Yogyakarta dan Makassar. Acara peluncuran ditandai dengan penekanan tombol sirine.

Diharapkan modul ‘Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia’ ini dapat membantu orang tua dalam mengasuh si kecil, memenuhi asupan nutrisinya, memberikan teladan perilaku yang positif, dan semakin sering mengatakan “Iya Boleh” untuk mendukung eksplorasi dan keingintahuan si kecil yang akan membuatnya terus belajar dan tumbuh berkembang menjadi Anak Unggul Indonesia.

anak unggul indonesia

Modul ini juga diharapkan untuk turut berperan dalam mempersiapkan Generasi Emas 2045. Diperkirakan dalam periode tahun 2020-2045, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi dimana 70% penduduk Indonesia berusia produktif (15-64 tahun), sehingga pada tahun 2045 Indonesia diproyeksikan menjadi salah satu dari tujuh kekuatan ekonomi dunia.

“Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi apabila generasi muda dalam usia produktif saat itu tidak memiliki kecakapan dan karakteristik yang unggul. Menjadi tanggung jawab kita sebagai orang tua untuk mempersiapkan anak-anak dengan berbagai kecakapan yang sesuai dengan perkembangan zaman, juga membekali mereka dengan karakter yang kuat agar dapat membawa Indonesia semakin maju,” demikian disampaikan oleh Tri Novita Herdalena, S.Psi, Psikolog, CPC.

Yuk, Bunda.. dengan panduan modul ‘Iya Boleh untuk Anak Unggul Indonesia’ yang sudah diluncurkan ini kita ciptakan calon-calon pemimpin masa depan 🙂

Terimakasih Smart Mama dan DANCOW yang telah memberi kesempatan kepada kami untuk hadir di acara ini. Begitu banyak ilmu yang kami dapatkan dan tentunya memberikan kebahagiaan tersendiri untuk anak-anak dengan disediakannya aneka macam arena bermain.

 

111 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

3 thoughts on “3 Pilar Utama Jadikan Anak Unggul Indonesia

  1. Melalui event ini, banyak ilmu yang didapat ya mba .. nggak cuma buat para bunda, tapi anak2 happy banget.

    Ulasan yang sangat lengkap. Makasih mba..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *