10 Alasan WordPress Bagus untuk Situs Bisnis

WordPress untuk situs bisnis

Banyak keunggulan yang diberikan oleh paket WordPress Hosting yang akan memudahkan para business owner dalam mengelola situs bisnisnya.

Beberapa hari yang lalu saya sudah menulis tentang memilih nama domain untuk situs bisnis. Nama domain itu ibaratnya adalah alamat kantor. Misalnya alamat tempat usaha saya beralamatkan di Jalan Nuri 30B Condongcatur Sleman Yogyakarta, itu dalam dunia nyata. Alamat ini menjawab pertanyaan “Alamatnya dimana?” Nah, di dunia online, alamat tempat usaha saya tersebut adalah kedaipakboss.com. Ini menjawab pertanyaan “Punya website? Alamat apa?” Cukup jelas dan lengkap ya..

Untuk sebuah tempat usaha, jika lahan sudah ada, alamat sudah jelas, selanjutnya adalah mendirikan bangunannya. Bangunan tempat kita mengelola usaha. Di dunia nyata, bisa berwujud bangunan permanen berupa gedung atau ruko dan sebagainya, bisa juga hanya berupa lapak yang sewaktu-waktu bisa dibongkar pasang. Sedangkan di dunia online, tempat usaha tersebut berupa bangunan virtual yang didirikan dengan menyewa web hosting.

Platform untuk Situs Bisnis

Lalu bagaimana dan dengan apa tempat usaha tersebut didirikan? Karena kita ngomongin dunia digital, tentunya saya tidak akan bilang bahwa kita musti menyediakan pasir, batu bata, semen, dan sebagainya ya hehehe… Dalam dunia digital kita ngomonginnya mau pake platform apa untuk membangun sebuah situs bisnis.

Untuk membuat sebuah situs bisnis ada banyak platform yang bisa kita pakai, tinggal pilih nyaman menggunakan yang mana. Platform-platform tersebut antara lain: WordPress, Blogger, Joomla!, Drupal, Pyro, SilverStripe, TextPattern, Serendipity, Jekyll, Subrion, dan lain-lain, masih banyak lagi. Dari platform-platform tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Saya enggak akan membahasnya satu per satu disini ya, Anda bisa googling dan akan mendapatkan informasi selengkap-lengkapnya tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing platform tadi.

Lalu muncul pertanyaan, apakah saya pernah mencoba semuanya satu per satu? Jujur saya jawab, belum! Saya hanya pernah menggunakan WordPress dan Blogger. Itu saja. Yang lain, saya sudah tidak ada waktu untuk mempelajarinya ๐Ÿ˜€ . WordPress dan Blogger ini adalah dua platform yang sangat familiar. Sebagian besar blogger dan para profesional menggunakan salah satu atau kedua platform ini. Versi gratisan dan versi berbayar, semuanya ada. Tapi, kembali lagi bahwa tujuan kita membuat website adalah untuk bisnis, maka jangan berpikir gratisan melulu yaa.. Sebuah website adalah sebuah investasi, jadi jangan pelit keluar modal untuk satu hal ini ๐Ÿ™‚

WordPress dan Alasan Menggunakannya

Kalau Anda bertanya kepada saya platform apa yang sebaiknya digunakan untuk membuat situs bisnis? Saya akan menjawab silakan menggunakan platform WordPress saja. Kenapa harus WordPress? Pasti Anda akan mengejar saya dengan pertanyaan tersebut. Ya ‘kan?

Sekedar informasi awal untuk Anda bahwa WordPress dirilis pada 27 Mei 2003, dan WordPress telah menjadi CMS (Content Management System atau “website builder”) yang sangat populer dan paling banyak digunakan di dunia. Dari data yang pernah saya baca, saat ini lebih dari 74 juta situs web dari semua jenis dan ukuran menggunakan WordPress untuk memposting konten baru setiap detik. Meskipun pada awalnya ditujukan untuk platform blogging, WordPress telah berkembang dan menawarkan banyak keunggulan. Platform ini mudah digunakan, bahkan bisa dimodifikasi sesuai keinginan kita dengan menginstall plugin dan tema terlebih dulu.

WordPress untuk situs bisnis

Saya merekomendasikan WordPress tentu saja saya juga bertanggung jawab atas alasannya. Berikut ini saya merangkum 10 alasan mengapa menggunakan WordPress untuk sebuah situs bisnis.

1. WordPress mudah diatur, dikelola dan di-update. Kita tidak perlu menjadi pakar internet atau pembuat kode HTML untuk bisa menggunakan WordPress. Yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet dan browser web untuk membuat situs web. Jika Anda membaca artikel ini, Anda sudah memiliki semua yang Anda butuhkan untuk memulai. WordPress adalah titik awal yang sempurna untuk bisnis kecil sekalipun. Saat Anda sudah siap untuk menggunakan situs web Anda lebih lanjut, Anda tinggal memindahkan dari WordPress gratisan ke WordPress hosting. Memindahkannya gampang sekali, saya pernah melakukannya ๐Ÿ™‚

2. WordPress baik untuk blog dan juga untuk situs web Anda. Memang benar bahwa WordPress awalnya dipakai sebagai sistem blogging, tapi itu dulu. Selama bertahun-tahun WordPress telah berkembang menjadi CMS web dengan fitur lengkap. Itu berarti kita dapat menggunakan WordPress untuk mengelola seluruh situs bisnis, bukan hanya blog.

3. Ada ribuan tema yang dirancang secara profesional, banyak diantaranya tersedia secara gratis. Tema WordPress memungkinkan kita memiliki situs web yang dirancang secara profesional tanpa kesulitan. Bahkan tidak perlu keluar biaya untuk menyewa seorang desainer web profesional.

4. Plugin WordPress menambahkan fitur bisnis yang kompleks ke situs web kita tanpa harus menyewa seorang pembuat kode. Perlu beberapa fungsi tambahan di situs Anda? Tinggal nambah plugin saja!

5. WordPress itu SEO friendly (ramah mesin pencari). Seperti yang dikatakan oleh Insinyur Google Matt Cutts, โ€œWordPress secara otomatis memecahkan banyak masalah SEO.โ€

6. WordPress itu populer. Mengingat kemudahan penggunaan dan ketersediaan ribuan tema dan plugin yang berkualitas profesional, tidak mengherankan bahwa WordPress merupakan web publishing system paling populer di planet ini. Terakhir, lebih dari 27% dari semua situs web didukung oleh WordPress.

7. Ada Komunitas WordPress berupa WordPress Forum dan WordPress Camp. Dengan adanya begitu banyak pengguna, wajar jika kemudian bermunculan komunitas yang besar dan aktif dimana mereka saling support, saling bertukar ide, sehingga menjadikan WordPress semakin baik.

WordPress untuk situs bisnis

8. WordPress sudah siap untuk web seluler (mobile web). Jaman sekarang Anda jangan berpikir bahwa customer akan mengunjungi web Anda melalui komputer. Justru lebih dari 90% mereka mengakses web Anda secara mobile. Jadi jika situs web bisnis Anda tidak mobile friendly, maka jangan heran jika customer tidak jadi mampir ke situs web Anda.

9. Usia WordPress sudah matang. WordPress berusia lebih dari sepuluh tahun. Selama dekade terakhir, WordPress telah disempurnakan, diuji, dan ditingkatkan. Dalam prosesnya, ini telah berkembang menjadi web publishing system kelas dunia.

10. WordPress adalah open source. Ia bebas dari batasan dan larangan komersial. Artinya kita bisa bebas menggunakan serta bebas mau meng-host di mana pun. Kelebihan yang lain adalah WordPress lebih murah dibandingkan yang lain.

Ketika memilih WordPress, kita memiliki kontrol penuh atas situs web yang kita buat. Sebagai pemilik bisnis, itu bisa menjadi alasan utama mengapa sebaiknya menggunakan WordPress. Jadi, sekarang enggak perlu bingung lagi mau menggunakan platform apa untuk membangun situs bisnis ya..

Semua penyedia hosting Indonesia, salah satunya adalah Qwords, sudah sangat familiar dengan WordPress ini. Bahkan mereka juga menyediakan WordPress Hosting yaitu paket hosting yang khusus menggunakan WordPress. Tentu saja banyak keunggulan yang diberikan oleh paket WordPress Hosting ini yang akan memudahkan para business owner dalam mengelola situs bisnisnya.

Jadi, masih tunggu apa lagi? Yukkk.. segera launch situs bisnis Anda dan segera raih kesuksesan ๐Ÿ™‚

Referensi:
– Qwords
– wpapprentice.com
– berbagai sumber

430 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

17 thoughts on “10 Alasan WordPress Bagus untuk Situs Bisnis

  1. Walaupun memang WordPress self hosted butuh hostingan biar bisa online, tapi bagusnya dia mudah dikostumisasi dan banyak tema dan plugin yang bermanfaat. Saya pakai juga pakai wordpress di blog, yang pakai blogger ada juga sih.

  2. Ternyata wordpress bagus juga buat web bisnis, bukan sekadar web blog..
    Tapi kalau buat web bisnis sebaiknya bangun web sebenernya aja biar bisa upgrade dan maintenance sekehendak owner

  3. Banyak yang bilang di wordpress banyak fitur yang bisa ditambahkan dan untuk urusan SEO asa cek listnya juga yang jadi panduan kita artikel yang kita buat sudah bagus atau belum. Menarik sih… Mungkin suatu saat pengen nyoba juga.

  4. Keren. Artikelnya mencerahkan banget mbak. Aku juga pake wordpress, belajar bikin sendiri walau terbata2 .. syukurlah jadi wlpn masih berantakan. Hihi… Plugin nya manjain kita bgt ya.

  5. sebenernya udah pengen pindah dari wordpress sejak jaman dahulu kala, tapi berhubung duckofyork rutin kena jingling dan upaya upaya kotor kompetitor mau nggak mau harus pake blogspot dulu biar gak bisa diutak atik macem-macem sama orang :””)

  6. Enak bangetttt emang kalau ngelola web bisnis pake WordPress. Aku pun udah berwacana buat pindah CMS ke WordPress aja akhir taun ini. Karena selain navigasinya gampang, pilihan plugin nya pun variatif. Cucooook ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *