Pembagian 90 Medali dan Rp 335 Juta Beasiswa pada Penutupan OSN SMP 2019 di Yogyakarta

penutupan osn smp 2019

Pertama kali melihat banner tentang OSN XVIII yang didalamnya tertulis “Sulawesi Utara” dan “D.I. Yogyakarta”, saya langsung merasa excited banget. Saya bangga karena Yogyakarta terpilih menjadi kota penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional 2019 (OSN XVIII tahun 2019), dimana OSN SD 2019 dipusatkan di Hotel Sahid Rich sedangkan OSN SMP 2019 dipusatkan di Hotel Alana. Dan OSN SMA 2019 sendiri diselenggarakan di kota Manado provinsi Sulawesi Utara.

Meskipun saya bukan lagi seorang pelajar, tapi saya senang karena perhelatan nasional ini diselenggarakan di kota saya. Selain saya mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan langsung sebagian acara ini (jadi teringat dengan event O2SN tahun lalu), saya juga bisa membagikan pengalaman ini kepada anak saya yang sekarang duduk di bangku SMA. Siapa tahu dia juga memiliki semangat untuk ikut menjadi peserta olimpiade suatu hari nanti.

OSN XVIII Tahun 2019

OSN 2019 (Olimpiade Sains Nasional 2019) adalah kegiatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahunan yang merupakan ajang kompetisi bidang sains bagi para siswa pada jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA di Indonesia. Peserta OSN adalah siswa yang telah lolos seleksi untuk setiap tingkatan, mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, hingga provinsi. Mereka adalah siswa-siswa yang unggul dalam sains dan siap bertanding di bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

OSN 2019 merupakan wadah bagi siswa dalam mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017. Lewat sains peserta didik diajak berpikir kritis, merefleksikan peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari melalui lensa ilmiah, serta mampu memecahkan masalah dan mencari solusi (problem solving).

banner pre event OSN 2019

OSN SMP 2019 juga terus menjunjung tinggi nilai-nilai luhur seperti: kejujuran, sportivitas, empati dan simpati, sehingga setiap peserta merasa berkompetisi secara sehat. Nilai-nilai luhur ini turut menjadi modal peserta didik dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin kompetitif.

Tujuan umum pelaksanaan OSN 2019 adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang IPA, IPS, dan Matematika, berasaskan pendidikan karakter.

Tujuan khusus pelaksanaan OSN 2019 adalah:
1. Menjaring siswa-siswa berprestasi di bidang IPA, IPS dan Matematika.
2. Memotivasi sekolah agar aktif membina siswa dalam peningkatan prestasi di bidang IPA, IPS dan Matematika.
3. Membangkitkan minat siswa untuk mencintai dan memupuk kegemaran terhadap bidang Matematika, IPA dan IPS.
4. Menumbuhkembangkan kemampuan siswa uutuk berpikir kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan produktif.
5. Menanamkan sifat kompetisi positif & kerjasama yang sehat sejak dini.
6. Meningkatkan wawasan, pengetahuan, kemampuan, kreativitas dan kerja keras agar menguasai iptek.
7. Membina dan mengembangkan kesadaran ilmiah untuk menyiapkan generasi muda dalam menghadapi masa kini dan yang akan datang.
8. Mempererat persatuan dan kesatuan bangsa dalam pengembangan sains, Matematika dan IPS, bagi generasi muda dalam menghadapi masa kini dan akan datang.

Jadwal OSN SMP 2019

Hasil yang diharapkan dari OSN SMP 2019 ini:
1. Peningkatan prestasi olimpiade siswa di bidang IPA, IPS dan Matematika.
2. Terciptanya suasana kompetisi yang sehat antar siswa, antar sekolah dan antar provinsi di bidang IPA, IPS dan Matematika.
3. Terjaringnya siswa-siswa yang unggul di bidang IPA, IPS dan Matematika.
4. Terwujudnya perubahan kesadaran di kalangan siswa dan warga sekolah dari persepsi yang semula menganggap pembelajaran sains dan Matematika sulit, menjadi pembelajaran sains dan Matematika yang menyenangkan dan mengasyikkan.
5. Terwujudnya keakraban antar peserta lomba sebagai cermin persatuan dan kesatuan bangsa masa kini dan yang akan datang.

Jumlah peserta OSN SMP 2019 terdiri dari bidang Matematika sebanyak 136 siswa, bidang IPA sebanyak 136 siswa, bidang IPS sebanyak 136 siswa, dan pendamping sebanyak 68 orang.

Dan OSN XVIII Tahun 2019 ini mengangkat tema: “Mencintai sains, mengukir masa depan”.

Pelaksanaan OSN SMP 2019

OSN SMP 2019 ini dilaksanakan sejak 30 Juni 2019 dan berakhir pada 6 Juli 2019. Acara inti olimpiade sendiri terselenggara pada hari Selasa 2 Juli 2019 dan Rabu 3 Juli 2019, mengambil lokasi di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk bidang IPA dan IPS dan SMP Negeri 8 Yogyakarta untuk bidang Matematika.

Suasana tes

Sedangkan pada hari Kamis 4 Juli 2019 dilaksanakan acara penandatanganan buku tabungan oleh semua peserta OSN SMP 2019. Masing-masing peserta menerima Beasiswa Bakat & Prestasi SMP Tahun 2019 sebesar Rp 3 juta per siswa. Menurut panitia OSN, beasiswa ini adalah merupakan bentuk literasi keuangan. Selanjutnya diharapkan para siswa tersebut menjadi gemar menabung.

Buku tabungan yang berisi Beasiswa Bakat dan Prestasi

Penutupan OSN SMP 2019

Pada event OSN XVIII ini saya mendapat kesempatan untuk menyaksikan secara langsung kegiatan penutupan OSN SMP 2019 yang bertempat di Ballroom Hotel Alana Yogyakarta. Hihihi.. ini juga kali pertama saya menginjakkan kaki di hotel berbintang yang terhitung baru di Yogyakarta. Hotel yang bersebelahan dengan apartemen Mataram City. Hotelnya bagus banget, naik turun disediakan eskalator (selain lift tentunya).

Kenang-kenangan OSN SMP 2019 di Hotel Alana Yogyakarta.

Karena acara penutupan dimulai jam 14:00 siang, saya berusaha datang lebih awal yaitu sekitar 15 menit sebelum acara dimulai. Sampai di tempat acara, saya lihat orang-orang masih berlalu lalang di luar ballroom, sedangkan di dalam ruangan juga belum semua kursi terisi.

Begitu waktu sudah menunjukkan jam 14:00, kursi-kursi langsung terisi penuh, yang diisi oleh siswa-siswi SMP peserta OSN SMP 2019, para pendamping, serta para orang tua dan keluarga para siswa. Ballroom menjadi lumayan penuh bahkan banyak yang menyaksikan acara sambil berdiri, termasuk saya πŸ™‚

penutupan osn smp 2019
Suasana menjelang penutupan OSN SMP 2019 di Ballroom Hotel Alana Yogyakarta

Acara penutupan OSN SMP 2019 di ballroom Hotel Alana Yogyakarta ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya (3 stanza) serta pembacaan doa. Juga ada penampilan violin oleh siswi SMP Don Bosco yang membawakan soundtrack Aladdin. Dan yang lucu serta mengharukan adalah diputarnya video flashback kegiatan para peserta OSN ini di hari-hari sebelumnya.

penutupan osn smp 2019
Pembacaan doa

Dilanjutkan acara inti pertama yaitu penyampaian laporan hasil penyelenggaraan OSN SMP 2019 oleh panitia. Dan kemudian dengan mengucap “Alhamdulillahirabbil ‘alamin” OSN SMP 2019 resmi ditutup oleh Bapak Didik Suhardi.

Selanjutnya adalah acara yang dinanti-nantikan yaitu pengumuman pemenang olimpiade. Dan acara penutupan OSN SMP 2019 diakhiri dengan hiburan antara lain diisi dengan penampilan dari SMP N 4 Pandak Bantul yang membawakan tarian Bumi Nusantara serta penampilan Stero Band yang membawakan lagu-lagu yang dinamis dengan suara vokalisnya yang mantap.

Pembagian Medali dan Beasiswa

Nah, bagian yang paling dinanti-nantikan oleh para peserta OSN SMP 2019 adalah pengumuman pemenang. Saya yang hanya menyaksikan saja merasakan jantung berdebar-debar, apalah mereka yang sudah berjuang semaksimal mungkin untuk menjadi yang terbaik.

Dari 408 peserta dari 34 provinsi telah terpilih 90 nama yang terbaik. Pada olimpiade kali ini, panitia menyediakan hadiah berupa medali dan beasiswa. Berikut ini provinsi-provinsi peraih medali OSN 2019 tingkat SMP di Yogyakarta:

  1. Banten: 4 emas, 2 perunggu: Total 6 medali
  2. D.K.I. Jakarta: 3 emas, 4 perak, 6 perunggu: Total 13 medali
  3. Jawa Barat: 2 emas, 8 perak, 6 perunggu: Total 16 medali.
  4. Jawa Tengah: 2 emas, 4 perak, 7 perunggu: Total 13 medali
  5. Jawa Timur: 2 emas, 3 perak, 7 perunggu: Total 12 medali
  6. Riau: 2 emas, 1 perunggu: Total 3 medali
  7. Lampung: 2 perak, 3 perunggu: Total 5 medali
  8. Kepulauan Riau: 2 perak, 1 perunggu: Total 3 medali
  9. D.I. Yogyakarta: 1 perak, 2 perunggu: Total 3 medali
  10. Kalimantan Barat: 1 perak, 2 perunggu: Total 3 medali
  11. Bali: 1 perak, 1 perunggu: Total 2 medali
  12. Kalimantan Timur: 1 perak
  13. Nusa Tenggara Barat: 1 perak
  14. Sulawesi Utara: 1 perak
  15. Sumatera Utara: 1 perak
  16. Sulawesi Selatan: 2 perunggu
  17. Bengkulu: 1 perunggu
  18. Kalimantan Selatan: 1 perunggu
  19. Papua Barat: 1 perunggu
  20. Sulawesi Tengah: 1 perunggu
  21. Sumatera Barat: 1 perunggu
osn smp 2019
Peraih medali perunggu

Untuk 15 peserta terbaik ketiga dari setiap bidang, disediakan medali perunggu dan beasiswa sebesar @ Rp 3 juta. Jadi total ada 45 medali perunggu dan beasiswa Rp 135 juta.

osn smp 2019
Sebagian peraih medali perak.

Untuk 10 peserta terbaik kedua dari setiap bidang, disediakan medali perak dan beasiswa sebesar @ Rp 4 juta. Jadi total ada 30 medali perak dan beasiswa Rp 120 juta.

osn smp 2019
Peraih medali emas

Untuk 5 peserta terbaik pertama dari setiap bidang, disediakan medali emas dan beasiswa sebesar @ Rp 5 juta. Jadi total ada 15 medali emas dan beasiswa Rp 75 juta.

osn smp 2019
Peraih predikat The Best Theory dan The Best Experiment

Selain itu ada 2 kategori peserta terbaik lagi yaitu The Best Theory dan The Best Experiment. Mereka ini mendapatkan beasiswa lagi sebesar @ Rp 2,5 juta.

Jadi, peserta-peserta yang menjadi pemenang, selain mendapatkan medali dan beasiswa di acara penutupan ini, mereka juga mendapatkan Beasiswa Bakat & Prestasi SMP Tahun 2019 @ Rp 3 juta yang buku tabungannya sudah mereka tandatangani pada hari sebelumnya.

Dengan melihat antusiasme peserta OSN SMP 2019 ini serta penghargaan yang diberikan atas perjuangan mereka, saya yakin bahwa di tahun yang akan datang kegiatan OSN SMP ini akan lebih ditingkatkan lagi kualitas penyelenggaraannya serta akan semakin banyak siswa-siswa SMP yang tertarik dan bersemangat untuk mengikuti olimpiade. Perjuangan mereka pun tidak akan berhenti di tingkat nasional, karena kancah olimpiade internasional sudah menunggu keikutsertaan mereka.

“OSN 2019: Mencintai Sains, Mengukir Masa Depan”

Referensi:
– Buku Panduan OSN SMP 2019
– Website Kemendikbud
– dari berbagai sumber

373 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

8 thoughts on “Pembagian 90 Medali dan Rp 335 Juta Beasiswa pada Penutupan OSN SMP 2019 di Yogyakarta

  1. Semoga akan semakin banyak anak anak Indonesia yang berprestasi dan diakui. OSN menurutku cukup bagus dan semoga kedepan semakin terus dikembangkan

    1. Pasti banyak yang berminat dan menjadi yang terbaik. Tapi ya tetep dipilihlah yang terbaik dari yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *