Pembukaan Kembali Taman Air Menari, Wahana yang Mendukung Tumbuh Kembang Anak di Yogyakarta

cover reopening taman air menari

Kalau Anda ke Taman Pintar Yogyakarta, Anda akan menemukan satu wahana air yang sangat menarik untuk anak-anak. Wahana tersebut adalah Taman Air Menari. Lucu ya namanya? Apakah airnya memang bisa menari? Hehehe.. coba aja Anda datang langsung kesana untuk menyaksikannya sendiri ya 🙂

Sebenarnya wahana tersebut sudah lama sekali ada. Saya masih ingat anak pertama saya, Satria, bermain disana sampai puas. Namun konon wahana tersebut sempat vakum entah berapa lama karena saya sendiri sangat jarang main kesana, apalagi setelah anak pertama saya menginjak besar kami sudah jarang kesana, kalau pun kesana tujuannya sudah bukan main air lagi.

Taman Air Menari
Tempo dulu, saat Satria bermain di Taman Air Menari pada 16 Januari 2007. (Foto koleksi pribadi)

Nah, pada tanggal 2 Juli 2019 kemarin, wahana Taman Air Menari ini dibuka kembali (re-opening). Sekarang menjadi lebih cantik, bikin makin seru mainan air disitu. Teteppp GRATIS alias enggak bayar, anak-anak atau siapapun pengunjung Taman Pintar Yogyakarta bisa bermain sepuasnya.

Latar Belakang Taman Air Menari

Seiring dengan maraknya gaya hidup modern, kegiatan luar ruangan menjadi hal yang perlu terus dilakukan bersamaan dengan pemenuhan nutrisi. Nyatanya, menurut data Riskesdas tahun 2018 ada 33,5% masyarakat Indonesia usia diatas 10 tahun kurang melakukan aktivitas fisik. Padahal aktivitas fisik berguna untuk kebugaran tubuh, membantu stimulasi motorik halus, motorik kasar, dan penyerapan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.

taman air menari
Masa kini, Taman Air Menari, 3 jam sebelum re-opening. (Foto koleksi pribadi)

Sebagai kelompok usaha yang peduli akan kesehatan anak Indonesia, Danone dengan misi “One Planet, One Health” berkomitmen untuk membawa kesehatan ke sebanyak mungkin masyarakat dunia melalui makanan dan minuman termasuk edukasi nutrisi, hidrasi sehat, perilaku hidup bersih dan sehat, hingga aktivitas fisik yang teratur.

Salah bentuk aksi positif yang dilakukan oleh Danone di Indonesia adalah sebuah kerjasama jangka panjang dengan Taman Pintar Yogyakarta dengan menghadirkan dukungan terbaru yaitu Wahana Taman Air Menari. Wahana ini merupakan wahana luar ruangan yang bertujuan untuk mengembangkan sisi kognitif dan motorik anak-anak di Yogyakarta untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal.

Diskusi tentang Pentingnya Aktivitas Bermain di Luar Ruangan Bagi Anak

Berkaitan dengan pembukaan kembali Wahana Taman Air Menari ini, Danone mengundang kami para blogger serta media cetak dan elektronik lainnya untuk menghadiri acara ini yang diawali dengan diskusi mengenai pentingnya bermain di luar ruangan bagi anak. Diskusi yang mengawali acara pembukaan kembali Wahana Taman Air Menari ini diselenggarakan pada hari Selasa tanggal 2 Juli 2019 dari jam 08:30 hingga jam 11:00 bertempat di Science Theatre Taman Pintar Yogyakarta.

taman air menari
Narasumber diskusi tentang pentingnya bermain di luar ruangan bagi anak. (Foto: IG @imasatrianto)

Ada 3 (tiga) orang pembicara yang dihadirkan pada acara diskusi ini yaitu:

1. dr. Mei Neni Sitaresmi, SpA(K), dokter spesialis anak di Yogyakarta yang menjabat beberapa posisi di Divisi Tumbuh Kembang-Pediatri Sosial di FK-KMK UGM / RSUP Dr.Sardjito, UKK Tumbuh Kembang-Pediatri Sosial IDAI, Satgas Imunisasi IDAI, Ketua KOMDA KIPI DIY, dan Wakil Dekan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM.

2. Sarah Diorita, ibu seorang anak, istri dari Eros Candra (Sheila On 7), juga seorang selebgram yang selama ini terkenal fokus dengan hidup sehat serta makanan sehat. Bisa difollow akun Instagramnya di @sarahcandra.

3. Bapak Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director, Danone Indonesia.

Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta serta Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar Yogyakarta (Alfia Rosdiana, MPd).

taman air menari
Para tamu undangan bersama narasumber. (Foto: IG @imasatrianto)

Dalam diskusi kali ini ada beberapa hal penting yang disampaikan oleh dokter Mei Neni, yaitu antara lain:

1. Bahwa masa tumbuh kembang anak dimulai dari masa 1000 hari pertama kehidupan yaitu dari sejak konsepsi dalam kandungan hingga usia dua tahun. Periode ini kemudian dilanjutkan pada masa pra-sekolah, sekolah, hingga usia remaja. Tumbuh kembang yang optimal pada awal kehidupan akan mendukung pertumbuhan, perkembangan dan kesehatan pada tahap selanjutnya. Untuk itu dukungan nutrisi dan stimulasi yang tepat sejak dini menjadi pondasi penting agar anak tumbuh dan berkembang dengan optimal.

2. Bahwa penting bagi orang tua untuk mendukung gaya hidup sehat dalam keluarga dengan membiasakan konsumsi nutrisi seimbang dan beraktivitas fisik yang cukup sebagai salah satu bentuk stimulasi kepada si kecil. Wahana Taman Air Menari tentunya dapat mendorong untuk bergerak secara aktif dan memberikan stimulasi motorik kasar, motorik halus, sosial, dan kognitif yang dapat merangsang perkembangan mereka.

3. Bahwa nutrisi yang sehat ditambah dengan tubuh yang banyak bergerak aktif sejak dini dapat mengurangi resiko berbagai penyakit di masa depan seperti diabetes melitus, hipertensi dan jantung. Selain itu, gerak aktif juga membantu optimasi proses metabolisme dalam tubuh dan perkembangan otak.

makan sehat
Kebiasaan makan sehat dipelajari oleh anak lewat Isi Piringku. (Foto koleksi pribadi)

4. Bahwa untuk mengenalkan anak pada makanan sehat, anak usia diatas 2 tahun dapat mengikuti pandian ISI PIRINGKU, yang terdiri dari kombinasi 50% buah dan sayur, serta 50% karbohidrat dan protein dengan mengutamakan protein hewani dan sumber makanan yang bervariasi.

5. Bahwa orang tua bisa menjadi contoh baik bagi anak dengan melibatkan anak saat memilih dan mempersiapkan makanan, serta menciptakan suasana menyenangkan di meja makan, juga membatasi penggunaan gadget dan waktu menonton TV.

Dalam kesempan ini, Sarah Diorita, ibu dari satu orang anak yang kerap mengunjungi Taman Pintar mengatakan bahwa salah satu tantangan pola pengasuhan di zaman sekarang bagi seorang ibu adalah kemudahan akses teknologi seperti melalui gadget dan berkurangnya sarana ruang terbuka di lingkungan sekitar yang membuat waktu anak untuk beraktivitas fisik dan berinteraksi dengan teman sebaya menjadi berkurang.

tumbuh kembang optimal
Tumbuh kembang optimal seorang anak membutuhkan nutrisi dan stimulasi. (Foto koleksi pribadi)

Karena itu, Sarah Diorita menyambut gembira hadirnya wahana seperti Taman Air Menari karena dapat mendukung orang tua dalam memberi kesempatan kepada anak untuk bermain di ruang terbuka, serta di saat bersamaan mengajarkan pentingnya gaya hidup sehat keluarga secara langsung dalam suasana yang menyenangkan.

Komitmen Danone dalam Mendukung Gaya Hidup Sehat Keluarga

Danone merupakan salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang. Danone beroperasi di 130 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100.000 orang di seluruh dunia. Di Indonesia, bisnis Danone terdiri dari dua kategori produk yang berfokus pada kesehatan masyarakat di setiap tahapan kehidupan, yaitu Danone Waters yang memproduksi Air Minum dalam Kemasan dan Minuman non Karbonasi dengan produknya seperti AQUA, Mizone, VIT, VIT LEvite, dan Danone Specialized Nutrition dengan produknya seperti SGM Eksplor, SGM Bunda, Lactamil, Bebelac, Nutrilon Royal dan nutrisi medis. Group Danone di Indonesia memiliki 23 pabrik dengan jumlah karyawan lebih dari 15.000 orang.

dancing water
Wahana Taman Air Menari (Dancing Water) di Taman Pintar Yogyakarta. (Foto koleksi pribadi)

Sejak tahun 2004, Danone di Indonesia melalui PT Sarihusada Generasi Mahardhika (SGM) terus menyediakan berbagai fasilitas dan program di Taman Pintar untuk mendukung tumbuh kembang optimal anak-anak di Yogyakarta, antara lain melalui pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), penyediaan Wahana Jejak Nutrisi, dan Wahana Zona Kebaikan Air.

Dalam sambutannya di acara diskusi kali ini, Bapak Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director Danone Indonesia, mengatakan bahwa wahana Taman Air Menari merupakan dukungan terbaru dari Danone di Indonesia bagi anak-anak dan keluarga di Yogyakarta. Melengkapi berbagai program edukasi berkelanjutan dan wahana edukatif lainnya yang sudah hadir di Taman Pintar, dukungan ini merupakan salah satu perwujudan dari misi Danone “One Planet One Health”, yaitu untuk membawa kesehatan ke sebanyak mungkin orang di dunia melalui nutrisi, hidrasi sehat, perilaku hidup sehat, hingga aktivitas fisik yang teratur.

Dukungan Danone di Indonesia kepada Taman Pintar adalah pelaksanaan dari payung besar edukasi ISI PIRINGKU yang mengajarkan pentingnya makan yang bergizi seimbang, hidrasi sehat, perilaku hidup bersih sehat, serta olahraga secara teratur. Kampanye ISI PIRINGKU yang telah dilaksanakan sejak 2017 telah mengedukasi sebanyak lebih dari 14.000 siswa PAUD beserta ibu mereka di berbagai daerah di Indonesia.

detik-detik reopening
Detik-detik menjelang re-opening Taman Air Menari. (Foto koleksi pribadi).

Terakhir, Bapak Karyanto berharap bahwa dengan kehadiran wajah baru Wahana Taman Air Menari yang dapat diakses secara gratis oleh pengunjung ini, akan semakin banyak anak dan orang tua yang akan mendapatkan edukasi dan memanfaatkan fasilitas stimulasi luar ruang ini untuk mendukung tumbuh kembang optimal anak-anak di Yogyakarta.

Pihak Taman Pintar Yogyakarta juga sangat bangga dapat terus bekerjasama dengan Danone di Indonesia dalam mendukung terwujudnya visi misi Taman Pintar untuk menciptakan sumber daya manusia berkualitas, terutama untuk kemajuan sains dan teknologi. Hingga saat ini, berbagai fasilitas dan program yang dihadirkan oleh Danone di Taman Pintar telah menjangkau lebih dari 26.000 anak dan ibu di Yogyakarta. Demikian disampaikan oleh Alfia Rosdiana MPd selaku Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar Yogyakarta.

Re-Opening Taman Air Menari di Taman Pintar Yogyakarta

Setelah acara diskusi yang cukup seru dan sarat ilmu, acara kemudian diakhiri dengan pembukaan kembali (re-opening) Taman Air Menari. Semua hadirin serta pembicara kemudian meninggalkan Science Theater menuju ke lokasi Taman Air Menari.

saat reopening taman air menari
Taman Air Menari saat re-opening. (Foto koleksi pribadi)

Keluar dari Science Theater ternyata disana sini sudah banyak sekali pengunjung Taman Pintar. Kebanyakan adalah para wisatawan keluarga yaitu orang tua beserta anak-anak mereka. Kebetulan ini masih liburan sekolah menuju tahun ajaran baru sehingga banyak keluarga yang memanfaatkan waktu libur tersebut untuk berwisata.

Sampai di Taman Air Menari ternyata juga sudah padat pengunjung. Banyak anak-anak meniupkan sesuatu, apakah terompet atau peluit, saya tidak tahu namanya hehehe..

Sambil menunggu detik-detik pembukaan kembali wahana Taman Air Menari, para pembicara dan tamu undangan melakukan foto bersama di depan papan nama wahana tersebut. Setelah itu resmi Taman Air Menari dibuka kembali.

taman air menari sekarang
Taman Air Menari sekarang. (Foto koleksi tamanpintar.co.id)

Sekarang Taman Air Menari menjadi lebih cantik karena dilengkapi dengan kincir dan water canon. Jadi, bagi Anda yang sedang berwisata di Yogyakarta, jangan lupa untuk mampir ke Taman Pintar Yogyakarta. Di Taman Pintar jangan sungkan untuk mengajak anak-anak Anda bermain air di Taman Air Menari. Disini tidak dipungut biaya alias gratis tis tis. Anda hanya cukup menyediakan air minum yang cukup serta pakaian ganti, karena anak-anak pasti bakalan basah kuyup akibat dari keasyikan bermain.

Taman Pintar Yogyakarta berada tepat di tengah kota Yogyakarta. Dari Jalan Malioboro Anda lurus saja ke selatan hingga perempatan Kantor Pos Besar kemudian belok ke kiri lurus. Nanti di sebelah kiri ada pintu gerbang masuk ke Taman Pintar. Selamat datang di Yogyakarta dan selamat menikmati bermain di Taman Air Menari Taman Pintar Yogyakarta 🙂

Dan kepada seluruh warga Yogyakarta dan sekitarnya, ayoooo… kita manfaatkan fasilitas-fasilitas pendukung tumbuh kembang anak khususnya wahana Taman Air Menari yang ada di Taman Pintar Yogyakarta ini. Semoga putra-putri kita kelak tumbuh menjadi generasi yang sehat, cerdas, berkualitas 🙂

 

 

180 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *