Cara Memasak Nasi di Kompor Gas

cara memasak nasi di kompor gas

Kali ini saya pengin menulis tentang cara memasak nasi di kompor gas. Mengingat tidak semua orang memiliki rice cooker yang mana jika ingin memasak nasi tinggal pencet tombolnya saja lalu satu jam kemudian nasi siap disajikan. Saya fokus pada penggunaan kompor gas karena sekarang sudah banyak yang menggunakan kompor gas daripada kompor minyak tanah.

Camping pun, contohnya anak saya, salah satu peralatan memasak yang dibawa adalah kompor gas single. Yang menggunakan gas kemasan kaleng yang bisa dibeli di supermarket-supermarket. Praktis sih… 🙂

Nasi, sebagaimana kita ketahui sudah lama dikenal sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia. Bahkan seringkali saya mendengar jargon yang isinya “rasanya belum disebut makan jika belum makan nasi”, padahal sudah makan spaghetti atau kwetiau atau siomay dan lain-lain. Karena itu sangat penting untuk diketahui cara menanak nasi di kompor dengan benar.

Langkah-langkah Memasak Nasi

Untuk membuat sesuatu, yang paling penting dipersiapkan adalah alat dan bahan. Demikian juga jika akan memasak nasi.

1. Siapkan bahan

Bahannya sudah jelas, yaitu beras. Kali ini kita menggunakan beras putih saja ya… Oiya, kita juga sebaiknya mengenali jenis-jenis beras karena beda jenis akan beda takaran airnya. Saya pribadi terbiasa mengkonsumsi beras C4 Raja.

2. Siapkan alat

Setelah mempersiapkan bahan, selanjutnya kita persiapkan alatnya. Alat memasak nasi yang biasa saya gunakan adalah ketel, centong dan dandang pengukus. Pastikan ketel dan dandang pengukus sudah dalam keadaan bersih. Dandang diisi dengan air setengah dari batas pengukus. Dan satu alat berikutnya adalah kompor gas. Pastikan gasnya masih cukup.

3. Cuci beras

Selanjutnya, takar beras secukupnya, masukkan ke dalam ketel. Lalu dicuci dengan air bersih. Terakhir, beri air secukupnya untuk merebus beras tersebut. Jangan sampai nasinya nanti keras karena kurang air atau terlalu lembek karena kelebihan air.

4. Nyalakan kompor

Setelah beras dicuci dengan bersih, langkah selanjutnya adalah menyalakan kompor gas. Pastikan apinya berwarna biru dan merata. Letakkan ketel tadi di atas kompor, boleh ditutup boleh juga tidak.

Cara Memasak Nasi di Kompor Gas

Setelah kompor gas dinyalakan dan ketel ditaruh diatas kompor, langkah selanjutnya adalah proses memasak nasi tersebut.

1. Buka tutup ketel

Jika sejak awal tadi ketel ditutup, maka tutup ketel harus dibuka ketika rebusan beras sudah mendidih. Karena jika tidak dibuka akan berbahaya, yaitu air rebusan meluap dan tumpah membasahi kompor.

2. Aduk nasi yang sudah setengah matang

Jika air sudah surut, segera aduk nasi yang sudah setengah matang tersebut menggunakan centong. Setelah itu angkat ketel dari kompor, taruh di tempat lain.

3. Letakkan dandang pengukus

Setelah itu, letakkan dandang pengukus yang telah diisi air ke atas kompor menyala. Tunggu sampai mendidih.

4. Masukkan nasi ke dandang pengukus

Begitu terdengar air mendidih di dalam dandang pengukus, segera masukkan nasi setengah matang tadi. Kemudian ditutup dan biarkan beberapa saat hingga nasi matang.

Lama Waktu Memasak Nasi

Bagi Anda yang terbiasa memasak menggunakan rice cooker atau magicom mungkin akan bertanya butuh waktu berapa lama memasak nasi di kompor gas itu. Menurut saya enggak butuh waktu lama-lama koq..

Waktu untuk merebus beras dengan ketel membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Sedangkan waktu mengukus nasi biasanya lebih pendek yaitu sekitar 15-20 menit.

Lagipula memasak nasi di kompor gas itu tidak harus ditungguin terus. Bisa lho sambil mengerjakan hal-hal lain. Hanya saja jangan sampai lupa sehingga gosong 😀

By the way, ukuran beras yang dimasak adalah untuk keluarga kecil ya, yaitu untuk 4 anggota keluarga.

Selamat Menikmati!

Nasi sudah matang jika sudah keluar aroma harum dan nasinya tampak pulen, tidak lagi berbentuk setengah beras. Kemudian matikan kompor dan angkat dandang pengukus. Lalu masukkan nasi ke dalam alat penghangat nasi (magicom) atau bisa juga langsung dihidangkan menggunakan bakul nasi atau ditaruh di atas piring. Selamat menikmati 🙂

Artikel ini dibuat untuk praktek SEO.

 

Related Post
Bisnis Dua Kaki

Saya baru tahu istilah ini ketika tidak sengaja membeli majalah Sekar beberapa waktu yang lalu. By the way, masih ada Read more

Qwords Cloud Hosting Indonesia Menjawab Kebutuhan Website Bisnis

Beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis tentang alasan pentingnya website untuk usaha online. Disana saya menuliskan 6 (enam) alasan. Read more

Tips Berwisata dengan Sewa Bus Keliling Semarang

Tips berwisata dengan sewa bus keliling Semarang. Ini adalah hal yang sangat penting untuk diketahui supaya aman dan nyaman selama Read more

Ketahui Salah Satu Investasi yang Aman dan Menguntungkan Berikut

Salah satu jenis investasi yang menguntungkan dan direkomendasikan belakangan ini adalah investasi obligasi pemerintah. Prinsipnya sederhana, yaitu Anda akan beli Read more