Skip to content

Sudah Siapkah Anak Anda Bersekolah?

Anak kedua saya sudah pernah saya daftarkan di sebuah daycare. Usianya sih baru 26 bulan ketika itu. Namun akhirnya sampai hari ini belum jadi masuk sekolah. Ada pertimbangan lain yang membuat kami menunda. Salah satunya adalah karena Dimas belum banyak bicaranya. Suami saya khawatir kalau-kalau nanti komunikasi dengan guru dan teman-temannya menjadi terganggu.

Baiklah, gapapa ditunda dulu. Tapi tetap aja ini emaknya nyari-nyari sekolah yang tepat buat anak terlambat bicara. Kemarin dapat informasi dari teman, kalau anaknya yang dulu memiliki kasus sama disekolahkan di sekolah alam. Pengin dong sayanya… Terus cari-cari informasi biaya dan lain-lain, alhamdulillah sudah dapat. Tapi kendalanya adalah lokasinya yang tidak segaris dengan tempat kerja saya dan tempat tinggal kami.

Ya sudah, sabar dulu.. Nah, sambil menunggu saat yang tepat, saya baca-baca lagi artikel parenting tentang kesiapan anak masuk sekolah. Disitu ada kuis-kuisnya. Kuis untuk kesiapan masuk PlayGroup, kuis untuk kesiapan masih Taman Kanak-Kanak, juga kuis untuk kesiapan masuk Sekolah Dasar.

Saya share aja kuis-kuis tersebut disini ya, siapa tahu bisa bermanfaat bagi Anda.

Siapkah Si Kecil Masuk PlayGroup?

Jenjang kelompok bermain atau playgroup salah satunya dimaksudkan untuk menempa kemampuan bersosialisasi, berbahasa, motorik, dan kemandirian anak. Kuis ini untuk orang tua yang putra-putrinya berusia 2 tahun 10 bulan hingga 3 tahun 6 bulan.

eccd rc satria
Kakaknya Dimas (Satria, paling belakang, dituntun) dulu masuk daycare edukatif di ECCD-RC dan biasanya pelajaran bareng PlayGroup. (foto koleksi pribadi)

Pertanyaan Kuis

Apakah anak Anda:

  1. Sudah bisa bermain di tempat yang sama dengan teman lain?
  2. Tampaknya sudah lebih mengerti adanya perasaan senang dan sedih?
  3. Sesekali tampak keras kepala, namun bisa diatur?
  4. Sudah berjalan dan berlari dengan lancar?
  5. Sudah bisa melompat dan memanjat dengan lancar?
  6. Memiliki kosa kata (kata-kata yang ia pahami) kira-kira sudah lebih dari 800 kata?
  7. Sudah bisa mengucapkan 3-4 kata sekaligus dalam 1 kalimat?
  8. Sudah bisa memilih?
  9. Sudah mulai bisa memiliki makanan/mainan/buku favorit?
  10. Sudah mulai tertarik berhitung?
  11. Sudah mulai tertarik mencoret-coret kertas?
  12. Sudah bisa melepaskan baju atau celananya sendiri?
  13. Sudah bisa memakai baju atau celana sendiri?
  14. Sudah mengetahui beberapa lawan kata seperti tinggi-rendah, panjang-pendek, atau besar-kecil?
  15. Sudah bisa menertawai suatu humor atau gambar yang lucu?

Berikan jawaban YA atau TIDAK untuk masing-masing pertanyaan diatas.

Lembar Jawaban

jawaban kuis playgroup
Ini jawaban atas pengamatan saya terhadap Dimas.

Nilai

Bila jawaban YA yang Anda pilih sampai maksimal 8 saja:

Tampaknya masih banyak hal yang perlu ditingkatkan dari anak Anda. Anda bisa minta bantuan playgroup yang Anda anggap baik. Untuk itu, pilihlah sekolah yang berkualitas dengan guru yang mengerti psikologi anak. Namun jangan lupakan bahwa anak perlu merasa nyaman juga disana. Kalaupun Anda tak ingin memasukkannya ke palygroup, Anda tetap bisa membantu perkembangan anak Anda di rumah, tentunya dengan menambah pengetahuan Anda tentang cara-cara mengembangkan kemampuan dan keterampilannya.

Bila jawaban YA yang Anda pilih > 8:

Anak Anda sudah cukup matang untuk usianya. Kalau Anda ingin memasukkannya ke playgroup, ia bisa lebih berprestasi dibandingkan teman-temannya. Namun, jika Anda tidak ingin menyekolahkannya, Anda tetap bisa meningkatkan berbagai kemampuan dan keterampilannya di rumah.

Bagaimana nilai Dimas? Alhamdulillah mencapai nilai 11. Dimas masih lemah di pertanyaan nomor 7, 10, 12 dan 13. Gapapa, sabarrrr, toh usianya juga baru 2 tahun 3 bulan. Jadi masih ada waktu 7 bulan menuju 2 tahun 10 bulan. Semoga dalam 7 bulan itu, kelimabelas pertanyaan diatas terjawab dengan YA semuanya 🙂

Untuk kuis selanjutnya yaitu Siapkah Anak Anda Masuk Taman Kanak-kanak, akan saya share di postingan berikutnya yaa.. 🙂

sumber: Buklet Bonus Nakita no.327. Ditulis oleh Marfuah Panji Astuti, disusun oleh Anna Surti Ariani, Psi.