Belajar SEO Gratis dari Seorang Praktisi SEO

Mendapatkan peluang belajar SEO gratis dari seorang praktisi SEO, bagi saya adalah sebuah anugerah. Buah dari kesabaran sekian tahun lamanya. Selama usia blog ini. Dari dulu setiap kali ikut seminar tentang SEO saya belum pernah mendapatkan ilmunya lengkap dari A sampai Z. Baru mulai ada titik terang itu saat menulis artikel berbasis SEO pada sekitar bulan April 2019. Saat itu saya mendapatkan bimbingan SEO On Page dan SEO Off Page dari mas Pewe. Sejak itu blog saya mulai lebih baik dari sisi SEO On Page. Sedangkan dari sisi SEO Off Page, saya merasa masih sangat banyak hal yang belum saya dapatkan. Ya sudah, saya jalani aja dulu sebatas ilmu yang saya dapatkan serta kemampuan saya dan blog saya.

Pada bulan Desember 2019 kemarin saya menulis artikel berbasis SEO lagi. Wahhh, seru nih belajar lagi. Sebenarnya temanya enggak banget buat saya, tapi namanya tantangan ya saya harus bisa menaklukkannya, hehehe.. Senangnya kerjasama dengan komunitas Blogger Crony adalah disediakan SEO Coach di dalam grup WA. Ya, sama seperti di bulan April itu. Tapi sekarang coachnya berbeda, bukan lagi yang dulu. Sekarang nama coachnya adalah Qbenk. Siapa sih Qbenk? Sebelumnya saya sama sekali tidak mengenal nama ini. Trus saya cari sendiri lewat Google, ketemu deh. Tapi akhirnya beliau sendiri memperkenalkan dirinya di grup WA.

Kesan yang saya dapatkan saat coaching dengan Qbenk ini adalah orangnya sabar. Dia tahu banget bahwa yang dicoach mayoritas adalah emak-emak blogger. Jadi ya sesabar anak menghadapi ibunya. Dari membaca status-statusnya di Facebook, saya menyimpulkan bahwa dia ini adalah seorang anak yang sangat dekat dengan ibunya, sangat menyayangi ibunya. Dan kalau tidak salah belum lama ini ibunya meninggal dunia. Oiya ia juga tidak ingin dirinya disebut sebagai mastah SEO, tapi cukup sebut saja Praktisi SEO.

Pada suatu hari Qbenk ini woro-woro di Facebook bahwa ia membuka kelas belajar SEO gratis untuk emak-emak blogger. Saya yang notabene masih dalam pengerjaan proyek bersamanya sehingga masa coaching belum selesai, tentu saja tertarik banget dong untuk bergabung. Apalagi saya adalah seorang emak blogger dari Yogyakarta yang sangat haus ilmu tentang SEO. Alhamdulilah terangkut bersama puluhan emak-emak blogger lainnya.

belajar seo gratis

Image by Gerd Altmann from Pixabay

Sebagai pembukaan, Qbenk mengatakan bahwa,“Kita disini akan belajar SEO dan seluk beluknya dengan bahasa yang mudah dimengerti dan insya Allah mudah dipraktekkan. Group ini saya dedikasikan untuk almarhum kedua orang tua saya. Terlebih khusus lagi buat emak saya yang sangat saya sayangi, yang wafat akhir November 2019 lalu.” Membaca ini membuat saya bertekad untuk serius belajar, meskipun tidak bayar (eh.. mumpung ada yang gratis).

Sejak kelas belajar SEO gratis tersebut dibuka, step by step kami diajari mulai dari SEO On Page. Setelah SEO On Page kelar, dilanjutkan dengan SEO Off Page. SEO On Page disini adalah mengoptimalkan blog secara internal, mulai dari title, meta description sampai pada desain template. Sedangkan SEO Off Page adalah memaksimalkan blog dari luar lewat google webmaster, backlink, dan lain-lain.

Menurut Qbenk, belajar SEO itu mudah. SEO On Page itu logikanya seperti kita membangun rumah. Kita mesti membuat pondasi yang kuat, lantai, dinding, membagi ruangan, menghiasi ruangan agar cantik, dan lain-lain. Semuanya itu dalam upaya mengoptimalkan sebuah rumah dari dalam. Sedangkan logikanya SEO Off Page adalah bahwa setelah rumah itu jadi dibuat barulah kita undang semua orang untuk berkunjung ke rumah kita, dan seterusnya.

Saat ini kami para emak blogger batch pertama sudah berada dalam tahap penggemblengan SEO Off Page. Rencananya akan dituntaskan di bulan Februari 2020. Tentu saja saya tidak mau ketinggalan sehingga saya ikuti terus petunjuknya dan saya praktekkan apa yang perlu dipraktekkan. Sebagaimana waktu jadi anak sekolah, saya juga pengin menjadi murid yang baik dan lulus dengan hasil yang memuaskan.

Kalau Anda bertanya seperti apa ilmu yang diberikan, jujur aja saat ini saya belum bisa berbagi. Biarkan saya menyelesaikannya dulu. Setelah selesai dan tahu hasilnya, saya akan membagi ilmunya lewat blog ini. Udah dulu yaaa…, saya lanjutkan belajar dulu ­čÖé

 

Related Posts: