UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University Membaca tulisan tersebut ingatan saya langsung tertuju kepada anak sulung. Kebetulan anak sulung saya saat ini sudah duduk di bangku SMA. Tentu saja tak lama lagi ia akan memasuki jenjang yang lebih tinggi yaitu perguruan tinggi. Karena itu mulai dari sekarang kami sama-sama mulai mencari perguruan tinggi yang sekiranya tepat untuknya.

Sebagai seorang ibu yang mengalami 2 (dua) masa revolusi industri, yaitu revolusi industri 3.0 dan revolusi industri 4.0, tentu saja saya tahu banget perbedaan diantara keduanya. Karena itu sangat penting untuk mendapatkan perguruan tinggi yang sudah menerapkan ekosistem digital dan cyber university.

Baru beberapa bulan ini saya tahu bahwa ada sebuah perguruan tinggi bernama Universitas Tanjungpura atau UNTAN yang sudah siap menjadi perguruan tinggi yang bertaraf internasional (world-class university). Didukung oleh lahan yang sangat luas dimana semua area terkoneksi ke jaringan internet, UNTAN menyediakan sarana prasarana yang sudah berbasis teknologi informasi.

Apalagi dengan lokasi kampus yang berada di tengah kota Pontianak, tentu saja memberi kemudahan pada kampus ini untuk menyempurnakan sarana prasarana digitalnya. Kampus yang berada di tengah kota ini memiliki ciri khas bundaran UNTAN, sebuah ikon sejarah kota Pontianak dan ikon Universitas Tanjungpura.

Ekosistem Digital dan Cyber University

Sebelum kita mengenal UNTAN lebih jauh, kita pahami dulu dua frasa yang terdapat dalam judul tulisan ini, yaitu ekosistem digital dan cyber university.

Ekosistem digital adalah sistem sosio-teknis yang terdistribusi, adaptif, terbuka dengan sifat swasusun, skalabilitas, dan keberlanjutan yang terinspirasi dari ekosistem alami. Model ekosistem digital diinformasikan oleh pengetahuan tentang ekosistem alami, terutama untuk aspek-aspek yang terkait dengan kompetisi dan kolaborasi antara berbagai entitas. Istilah ini digunakan dalam industri komputer, industri hiburan, dan Forum Ekonomi Dunia.

Sedangkan cyber university adalah bentuk upaya untuk menjadikan perguruan tinggi berbasis teknologi informasi, usaha tersebut diterapkan di semua lini, mulai dari sistem pembelajaran, kurikulum, pelayanan, fasilitas, maupun sarana dan prasarana lainnya, itu semua dikembangkan dengan berbasis teknologi.

Nah, program cyber university ini sangat memungkinkan mengubah perguruan-perguruan tinggi di Indonesia menjadi sekelas internasional. Oleh karena itu, untuk mendorong daya saing generasi muda, universitas-universitas di Indonesia perlu melakukan inovasi sistem secara menyeluruh.

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Universitas Tanjungpura

Apakah Anda pernah mendengar nama perguruan tinggi yang satu ini? Universitas Tanjungpura, disingkat dengan UNTAN, berdiri sejak 20 Mei 1959 dikenal sebagai universitas pertama di Pontianak, Kalimantan Barat. Saat ini Universitas Tanjungpura memiliki :

  • 9 fakultas
  • 95 program studi
  • 1011 dosen-dosen terbaik
  • 31509 mahasiswa aktif
  • 5784 mata kuliah yang berkualitas

Yuk, kita tengok ke belakang sejenak. Pada awal berdirinya, perguruan tinggi ini merupakan universitas swasta dengan nama Universitas Daya Nasional. Kemudian menjadi Universitas Negeri Pontianak (UNEP) berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 53 Tahun 1963 tanggal 16 Mei 1963. Selanjutnya pada 14 September 1965, berubah menjadi Universitas Dwikora berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 278 Tahun 1965. Dan terakhir, nama Universitas Tanjungpura (UNTAN) sendiri resmi digunakan sejak dikeluarkannya Surat Keputusan Presiden RI Nomor 171 Tahun 1967 tanggal 15 Agustus 1967.

Untuk mengenal lebih jauh tentang Universitas Tanjungpura ini, kita yang berada jauh dari Pontianak tidak perlu repot-repot mendatangi kampusnya. Kenapa? Kita bisa mencari tahu tentang perguruan tinggi ini melalui website yang tersedia. Tidak hanya website utama milik universitas, namun setiap fakultas hingga program studi pun memiliki website. Dengan demikian, kita benar-benar bisa mengenalnya lebih dalam, bukan hanya permukaannya saja.

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Sebagai wujud kepedulian terhadap tujuan pembangunan nasional terutama dalam mencerdaskan bangsa, Universitas Tanjungpura terus melakukan pengembangan dan pembaruan untuk merespon kebutuhan stakeholders (mahasiswa, orangtua mahasiswa, masyarakat profesi dan masyarakat pengguna lulusan). Salah satunya adalah  membangun ekosistem digital menuju cyber university.

Perlu diketahui, konsep cyber university terkait dengan hal-hal seperti distance learning, cyber campus, virtual university, e-education, e-classes dan lain-lain. Cyber university menggunakan komputer dan jaringan komputer (internet, LAN, WAN) untuk melaksanakan kegiatan atau fungsinya.

Sarana dan Prasarana

Dalam rangka mewujudkan ekosistem digital menuju cyber university, UNTAN sudah memiliki sarana dan prasarana digital yang siap untuk dikembangkan. Sarana dan prasarana tersebut antara lain:

1. Lokasi di tengah Kota Pontianak

Dengan lokasi yang sangat strategis ini, tentu saja memberikan kemudahan bagi UNTAN untuk bisa memiliki jaringan internet terbaik di kota Pontianak.

2. Memiliki Prodi Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Program Studi Teknik Informatika pada tahun 2020 ini menjadi pusat pendidikan, penelitian, dan pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) unggulan di Kalimantan Barat. Prodi ini pula yang berperan besar dalam penyiapan komputer, perangkat pengakses informasi, penyimpanan data, jaringan komputer, serta arsip-arsip digital.

3. Memiliki prestasi di bidang informatika

Mahasiswi Program Studi Teknik Informatika pernah menjadi juara IndonesiaNext 2018. Ini memberikan nilai plus bahwa UNTAN memiliki prestasi di bidang ini.

4. Memiliki website utama, website per fakultas, dan website per program studi

Adanya website-website tersebut akan memudahkan siapapun dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Karena bisa langsung masuk ke tujuan, tidak perlu muter-muter dulu kesana kemari.

5. Memiliki beberapa macam layanan digital

Keberadaan layanan-layanan digital ini sangat mendukung terciptanya ekosistem digital dalam suatu cyber university.

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Layanan Digital di UNTAN

Sudah sangat jelas bahwa sarana dan prasarana tersebut diatas tentu saja sangat mendukung UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university. Disamping itu, selain menyediakan website utama serta website per fakultas dan program studi yang sangat user friendly, UNTAN juga menyediakan layanan digital lainnya.

Layanan-layanan digital tersebut antara lain:

1. SIAKAD UNTAN

Yang merupakan kependekan dari Sistem Informasi Akademik Universitas Tanjungpura, bisa diakses melalui http://mahasiswa.siakad.untan.ac.id/. Ini merupakan media digital layanan bimbingan, monitoring dan penilaian akademik. Dengan adanya aplikasi ini maka perkembangan akademik mahasiswa setiap periode perkuliahan dapat dilihat melalui grafik yang interaktif. Selain itu dosen juga bisa melakukan evaluasi monitoring secara online terhadap mahasiswa bimbingan akademik. Aplikasi ini bisa diakses secara mobile oleh dosen dan mahasiswa menggunakan perangkat berbasis android. Mahasiswa menggunakan aplikasi ini melalui menu KRS, dosen menggunakan aplikasi ini melalui menu Perwalian.

2. EDOM UNTAN

Adalah kependekan dari Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa Universitas Tanjungpura, yang bisa diakses melalui http://edom.untan.ac.id/. Ini merupakan instrumen untuk menilai kinerja dosen dalam proses pembelajaran di akhir semester. Karena peduli mutu adalah motto Universitas Tanjungpura. Dengan mengisi EDOM berarti mahasiswa telah berpartisipasi untuk membantu meningkatkan mutu pembelajaran. EDOM bermanfaat bagi dosen untuk memperbaiki diri bila memang masih terdapat kekurangan serta mengembangkan potensi dan kelebihan yang dimilikinya. O iya pengisian EDOM ini wajib lho bagi mahasiswa UNTAN.

3. SCMB UNTAN

Ini merupakan pusat informasi Seleksi Calon Mahasiswa Baru Universitas Tanjungpura yang bisa diakses melalui http://scmb.untan.ac.id/. Baik itu seleksi melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, seleksi mandiri, maupun seleksi untuk Pasca Sarjana. Semua informasi tentang informasi pendaftaran/registrasi, jadwal ujian, informasi kelulusan seleksi, dan lain-lain, lengkap tersedia di situs ini.

4. E-Learning UNTAN

E-Learning ini adalah salah satu media pembelajaran di Universitas Tanjungpura yang memanfaatkan teknologi informasi untuk kegiatan belajar mengajar yang bisa diakses melalui http://e-learning.untan.ac.id/. Rektor Universitas Tanjungpura mengatakan bahwa,“E-Learning Universitas Tanjungpura (UNTAN) merupakan portal pembelajaran secara daring untuk civitas akademika UNTAN yang digunakan sebagai komplemen (pelengkap) dari sistem pembelajaran konvensional di kelas. Diharapkan dengan adanya portal pembelajaran daring, proses belajar mengajar dapat menjadi lebih efektif dan efisien serta mengakselerasi terbentuknya ekosistem digital untuk menuju UNTAN Cyber University.”

Hmmm… e-learning ini membuat saya koq jadi terinspirasi untuk kuliah lagi yaa.. hehehe…

5. Jurnal

Adalah portal Jurnal Ilmiah Universitas Tanjungpura (PJI-UNTAN) yang bisa diakses melalui http://jurnal.untan.ac.id/. Ini merupakan Portal Jurnal milik Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat. Portal ini menyediakan akses ke jurnal-jurnal ilmiah yang ada di Universitas Tanjungpura.

6. Repository

Adalah tempat penyimpanan arsip-arsip digital atau perpustakaan digital yang dikelola menggunakan SLiMS (Senayan Library Management System).

7. UPT Perpustakaan

Adalah Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Tanjungpura Pontianak. Saat ini Perpustakaan Untan memberikan layanan kepada seluruh civitas akademika Universitas Tanjungpura, selain itu juga memberikan layanan bagi pengguna dari luar tetapi belum melayani peminjaman ke luar. UPT Perpustakaan ini bisa diakses lewat http://perpustakaan.untan.ac.id/.

8. UPT TIK

UPT TIK Universitas Tanjungpura ini bertujuan untuk melaksanakan tugas pengembangan, pengelolaan, dan pemberian layanan teknologi informasi dan komunikasi serta pengelolaan sistem informasi. Visinya adalah sudah menjadi pusat pengembangan, pengelolaan, dan pemberi layanan teknologi informasi dan komunikasi yang terkemuka di Kalimantan Barat pada tahun 2020.

UPT TIK ini memiliki misi sebagai berikut:

  1. Meningkatkan pengembangan dan pelayanan teknologi informasi dan komunikasi bagi civitas akademika Universitas Tanjungpura.
  2. Meningkatkan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran, kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Tanjungpura.
  3. Meningkatkan pengembangan dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen Universitas Tanjungpura.
  4. Meningkatkan budaya teknologi informasi dan komunikasi yang kondusif dan dinamis di lingkungan Universitas Tanjungpura.
  5. Memberikan sumbangsih terhadap kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di Kalimantan Barat.

Dengan demikian, sangat jelas bahwa UPT TIK ini berperan besar sekali bagi UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university dengan menjalankan fungsi-fungsi sebagai berikut:

  1. Penyusunan rencana, program dan anggaran UPT.
  2. Pelaksanaan pengembangan jaringan dan website UNTAN.
  3. Pelaksanaan pendataan dan pemrograman.
  4. Pelaksanaan pengembangan dan pengelolaan multimedia.
  5. Pelaksanaan pemeliharaan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi,
  6. Pemberian layanan teknologi informasi dan komunikasi kepada mahasiswa.
  7. Pelaksanaan urusan administrasi UPT.

9. SIMALUM UNTAN

Ini adalah sistem informasi kemahasiswaan dan alumni Universitas Tanjungpura yang bisa diakses melalui http://simalum.untan.ac.id/. Tentu saja disini kita bisa melihat data alumni UNTAN dari tahun ke tahun. Disini juga bisa dilihat siapa saja yang akan diwisuda. Selain itu, terdapat juga lowongan kerja yang diinformasikan melalui website ini. Terdapat juga informasi beasiswa, prestasi, reuni, dan lain-lain yang berhubungan dengan urusan kemahasiswaan dan alumni.

Penutup

Dari cerita panjang saya diatas sudah dapat disimpulkan bahwa Universitas Tanjungpura sudah menyiapkan layanan dengan menggunakan sistem online mulai dari kegiatan registrasi, bahan ajar, pelaksanaan kuliah, dan lain-lain.

Untuk mendukung kegiatan civitas akademika, UNTAN telah mengintegrasikan kemajuan yang dicapai dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi ke dalam layanan pendukung yang dikembangkan baik dalam kegiatan manajerial, pengelolaan keuangan, pengelolaan kemahasiswaan, kegiatan kemahasiswaan, dan lain-lain.

Dengan demikian dapat dipastikan bahwa kesiapan UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university sudah sangat sempurna. Tidak perlu diragukan lagi bahwa ke depannya Universitas Tanjungpura bisa menjadi salah satu perguruan tinggi favorit kelas dunia (world-class university) yang banyak dicari.

Universitas Tanjungpura

Alamat : Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi / Jendral Ahmad Yani, Pontianak – Kalimantan Barat (78124)

Telepon : (0561) 739630 | Fax : (0561) 739637

Email : untan_59@untan.ac.id

Website : http://www.untan.ac.id/

Universitas Tanjungpura