Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online

Hikmah dari masa pandemi Covid-19 ini membuat saya jauh lebih mandiri dan kreatif. Salah satunya adalah mencari solusi cara bayar pajak kendaraan bermotor secara online.

Ceritanya bulan Mei ini adalah ulang tahun motor tua saya. Motor tua yang mesinnya masih sangat handal. Motor tua yang sudah sangat berjasa menjadi salah satu penopang hidup kami. Alhamdulillah selama ini saya tertib membayar pajak tahunannya.

Tahun-tahun sebelumnya menjelang bulan Mei, suami sudah ancang-ancang memberitahukan budget untuk bayar pajak kendaraan bermotor. Biasanya minta disiapkan sekian ratus ribu. Daripada buang-buang waktu untuk mengantri di Samsat, biasanya suami minta bantuan temannya.

Tapi sejak dihimbau untuk physical distancing, bulan April kemarin saya mencari tahu cara bayar pajak kendaraan bermotor secara online. Saya hanya berpikir secara logika saja bahwa jaman sekarang pastilah urusan pelayanan masyarakat seperti ini sudah go online.

Alhamdulillah setelah googling dan searching disana-sini, akhirnya saya menemukan juga cara bayar PKB secara online tersebut. Saat itu juga, tepatnya tanggal 27 April 2020, langsung saya praktekkan. Dan saya sempat ternganga karena ternyata PKB yang harus saya bayarkan tidak sampai Rp 100 ribu rupiah.

Jadi, selama ini dengan anggaran Rp 200-300 ribu itu untuk apa? Setelah saya ngobrol dengan suami, ternyata itu untuk ngasih uang transport dan uang jajan temannya tersebut. Hmmm…. ya sudahlah, pokoknya mulai tahun ini dan seterusnya lebih baik saya urusi sendiri. Lebih efektif dan efisien. Ya ‘kan?

Ahh.. malah cerita panjang lebar, jadi gimana caranya dong? Baiklah, jadi begini caranya:

1. Download aplikasi SAMSAT Online Nasional dari Play Store, kemudian install di HP Android Anda.

samsat online nasional

2. Klik Mulai, kemudian lakukan Pendaftaran. Untuk pendaftaran data ini, siapkan nomor polisi kendaraan, nomor rangka kendaraan, NIK (nomor e-KTP) atas nama pemegang STNK yang akan didaftarkan, nomor ponsel, dan alamat email aktif. Ikuti petunjuknya hingga Anda mendapatkan nomor kode pembayaran. Kode pembayaran ini hanya berlaku 2 jam.

samsat online nasional

4. Lakukan pembayaran melalui bank yang bekerja sama dengan SAMSAT Online Nasional. Daftar nama bank bisa dilihat pada fitur PANDUAN –> PANDUAN PEMBAYARAN. Saya pribadi kemarin membayar lewat Mandiri Online. Masuk ke menu BAYAR –> MULTIPAYMENT. Kemudian untuk Penyedia Jasa pilih Samsat Online Nas dan masukkan kode pembayarannya.

samsat online nasional

5. Untuk memastikan sudah dibayar, kembali ke aplikasi SAMSAT Online Nasional, lalu cek pada menu INFO PROSES. Disana akan tertera Status “SUDAH DIBAYAR”.

6. Kemudian ambil E-TBPKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran) PKB lewat menu E-TBPKP, pada kolom VIEW klik “LIHAT”. E-TBPKP ini berlaku 30 hari sejak pembayaran.

samsat online nasional

7. Langkah terakhir adalah cetak SKPD asli di Kantor SAMSAT asal mulai H+3 sejak pembayaran. Caranya cukup dengan menunjukkan E-TBPKP atau E-Pengesahan STNK. Tidak sampai 10 menit, SKPD asli sudah kita terima.

samsat online nasional

Sebagai informasi tambahan nih, dalam rangka physical distancing, pemohon akan mendapatkan TBPKB/SKPD dam stiker pengesahan STNK yang dikirim melalui ekspedisi ke alamat sesuai yang tertera pada STNK.

Aplikasi SAMSAT Online Nasional sementara ini baru dapat didownload dari Play Store, sehingga baru bisa dipakai oleh pengguna HP Android saja.

Demikian sharing dari saya tentang cara bayar pajak kendaraan bermotor secara online. Semoga bermanfaat 🙂

 

Related Post
10 Perangkat Audit Konten Terbaik untuk Optimasi SEO

Berbagai cara dan jasa audit konten yang tersedia bagi kita telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir ini, seiring dengan Read more

Cara Mendapatkan eKTP Baru di Kabupaten Sleman

Saya sudah memiliki eKTP sejak tahun 2012, yaitu sejak pertama kali eKTP muncul di Indonesia. Disana masih tertera masa berlakunya Read more

11 Jurus Membuat Blog Profesional dan Profitable

Pernahkah terpikirkan oleh teman-teman untuk membuat blog profesional dan profitable pada saat awal-awal ngeblog? Jujur, saya sendiri tidak pernah. Awalnya Read more

5 Cara Mempercepat Loading Blog atau Website

Kenapa saya kali ini sharing tentang cara mempercepat loading blog atau website? Karena kecepatan loading (loading speed) itu penting. Hal Read more