Yogyakarta Independent School: Wisuda Diploma Program 2020

yis wisuda diploma program

Yogyakarta Independent School, disingkat YIS, adalah satu-satunya sekolah berkurikulum International Baccalaureate (IB) di Yogyakarta, full dari PYP, MYP, hingga DP. Pada hari Senin tanggal 15 Juni 2020 kemarin YIS mewisuda siswa-siswi yang baru saja menyelesaikan Diploma Program (DP) untuk tahun ajaran 2019-2020. Dan ini adalah tahun kedua YIS meluluskan siswa-siswi dari Diploma Program ini.

Wisuda Diploma Program YIS Tahun 2020

Acara wisuda dengan tema “Planting Our Roots” ini diselenggarakan di halaman sekolah, tepatnya di depan joglo. Mengingat ini masih berada dalam suasana pandemi Covid-19, maka YIS menerapkan protokol kesehatan. Yaitu antara lain disediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, setiap tamu dicek dulu temperaturnya di pintu gerbang dengan menggunakan thermogun, setiap orang wajib mengenakan masker, serta tempat duduk diletakkan dengan jarak tertentu (minimal 1 meter antara satu dengan yang lain).

graduation yis 2020

Karena pandemi ini belum berakhir, maka wisuda kali ini diselenggarakan dengan sangat sederhana. Jika biasanya diselenggarakan dengan acara gala dinner, kali ini tidak. Jika biasanya semua hadir dari jenjang PYP, MYP dan DP, kali ini acara hanya dikhususkan untuk Grade 12 DP. Yang diundang hanya orang tua atau keluarga dari masing-masing siswa Grade 12 tersebut.

Siswa-siswi Grade 12 yang diwisuda kali ini telah melewati masa yang sulit dan penuh tantangan sejak adanya pandemi. Masa-masa yang menguji ketangguhan mereka untuk membuat mereka tumbuh dewasa. Mereka menjalani sekolah dari rumah (sekolah secara online, distance learning) dan menjalani ujian akhir di masa-masa sulit. Bersyukur, mereka semua bisa menaklukkan tantangan tersebut.

graduation yis 2020

Dalam pidatonya, Ibu Kimberly Kingry (YIS Principal), berpesan:

“However, your academic journeys did not begin with the IB, or Personal Projects, Extended essays, or formal exams – but with learning to share, to listen to others, to have empathy, and pursue your passions. Your parents, together with your preschool and earliest primary teachers taught you the basics of how to move about the world. These are the important skills that will help you succeed beyond this important milestone of high school graduation.”

“Looking to the future, we wish for you all the best opportunities. As you enter into this next chapter of your lives, we ask that you remember where you first planted your roots. And know that we send you out into the world with joy and pride in who you have become. Good luck to each of you.”

Selain pidato yang disampaikan oleh Ibu Kimberly Kingry (Principal YIS), juga disampaikan pidato mewakili Yayasan Pendidikan Internasional Yogyakarta oleh Mr. Rik Frenkel. Sedangkan dari wisudawan-wisudawati, pidato berisi tentang Class Historian disampaikan oleh Gill dan Queeney.

graduation yis 2020

Pada kesempatan ini, Principal juga mengumumkan Subject Area Award, yaitu recognisi pencapaian-pencapaian di bidang akademik. Penghargaan ini diberikan berdasarkan pencapaian-pencapaian di Grade 11 dan 12. Seleksi dilakukan oleh para guru.

Berikut ini beberapa penerima penghargaan tersebut:

  1. Vinayak Panjabi mendapatkan penghargaan untuk bidang Physics dan English Language and Literatur.
  2. Aaron Arya Daven mendapatkan penghargaan untuk bidang Design.
  3. Gillian Ainsley Bhava mendapatkan penghargaan untuk bidang Math.
  4. Chryst Mark mendapatkan penghargaan untuk bidang Indonesian Language.
  5. Queeney Fionulla mendapatkan penghargaan untuk bidang Biology dan Environmental Systems and Societies.

graduation yis 2020

Selain memberikan penghargaan kepada kelima siswa Grade 12 diatas, YIS juga memberikan penghargaan kepada salah satu alumni yang lulus Diploma Program pada tahun 2019 yang lalu. Alumni tersebut adalah David Lion Frenkel. David mendapatkan penghargaan untuk bidang Visual Art. Sebelumnya David Lion Frenkel ini sudah menuntaskan 4 HL courses (HL = High Level) di tahun 2019. Dan tahun ini David sudah diterima di Delft University di negeri Belanda, mengambil jurusan Arsitektur.

Lalu bagaimana dengan kelima siswa Grade 12 tadi? Apa saja rencana mereka selanjutnya? Ada yang akan melanjutkan kuliah untuk mendapatkan gelar sarjana internasional pada jurusan arsitektur. Ada yang akan mengambil jeda dulu, mempersiapkan diri untuk kuliah di negeri Belanda di tahun 2021 nanti. Ada yang akan melanjutkan mengambil Double Degree Program (ingin berkarir di bidang hukum internasional). Juga ada yang akan melanjutkan kuliah di Jepang.

graduation yis 2020

Setelah prosesi wisuda selesai, acara ditutup dengan makan-makan bersama, tentu saja semua harus patuh pada protokol kesehatan yaitu mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak satu dengan yang lainnya. Sukses selalu untuk Yogyakarta Independent School (YIS) sebagai satu-satunya sekolah IB di Yogyakarta yang meluluskan siswa-siswi berprestasi, beretika, memiliki empati, serta memiliki passion.

“Like branches on a tree, we all grow in different directions yet our roots remain as one.” – Unknown

Diploma Program

International Baccalaureate Diploma Program (IB-DP) adalah jenjang pendidikan di YIS yang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi mata pelajaran yang ketat dalam kerangka kerja holistik yang mencakup penelitian mandiri, penelitian ilmiah, proyek kreatif, dan praktek pelayanan kepada masyarakat. Siswa juga belajar bagaimana membangun pengetahuan di berbagai bidang studi, melalui kursus unik yang berjudul Theory of Knowledge.

Salah satu keunggulan DP di YIS adalah service learning program, di mana siswa dapat berjejaring langsung dengan organisasi donor yang diakui secara internasional untuk berpartisipasi dalam upaya bantuan kebencanaan. Pengalaman langsung ini memberi siswa pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana tim tanggap darurat bekerja di tingkat lokal dan global.

Dengan cara ini, siswa YIS dipersiapkan untuk mengatasi masalah di dalam masyarakat yang semakin kompleks dan saling berhubungan. Lulusan YIS adalah calon pemimpin masa depan. Selain itu, DP di YIS juga memberikan berbagai kesempatan bagi siswa untuk berprestasi di bidang akademik, sembari menjaga passion (gairah) mereka, serta mempersiapkan masa depan mereka yang cerah.

YIS IB Diploma Programme

Kurikulum IB Diploma Program (IB-DP)

IB Diploma Program (IB-DP) diperuntukkan bagi siswa-siswi berusia 16 hingga 19 tahun (Kelas 11 dan Kelas 12). IB DP adalah program yang menantang dan seimbang secara akademis yang telah mendapatkan pengakuan dari universitas-universitas terkemuka dunia. IB DP telah dirancang untuk mempersiapkan siswa agar berhasil dalam pendidikan tinggi, dan menjadi peserta aktif dalam masyarakat global yang berubah dengan cepat. Program ini juga membahas kesejahteraan intelektual, sosial, emosional dan fisik para siswa.

IB DP memiliki enam kelompok mata pelajaran dan siswa harus memilih satu mata pelajaran dari setiap kelompok. Keenal kelompok mata pelajaran tersebut adalah:

  1. Language and Literature (bahasa dan sastra)
  2. Language Acquisition (penguasaan bahasa)
  3. Individual and Societies (individu dan masyarakat)
  4. Sciences (sains)
  5. Math (matematika)
  6. Art (seni)

Mata pelajaran ini diajarkan bersama dengan tiga elemen inti DP, yang mendorong siswa untuk merefleksikan sifat pengetahuan, menyelesaikan penelitian mandiri, dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan saat mereka melakukan proyek penelitian Extended Essay.

Analisis telah menunjukkan bahwa Extended Essay mendekatkan siswa pada cara belajar di pendidikan tinggi, dan satu studi telah menunjukkan bahwa dibandingkan dengan rekan-rekan mereka, siswa DP secara efektif lebih baik dalam mengatasi tuntutan beban kerja, manajemen waktu, serta memenuhi harapan yang dibebankan pada mereka.

Inti dari IB Diploma Program (DP)

  1. Theory of Knowledge. Kursus TOK mengembangkan pendekatan yang koheren untuk belajar menyatukan disiplin akademik. Dalam kursus pemikiran kritis ini, siswa menyelidiki sifat mengetahui dan memperdalam pemahaman mereka tentang pengetahuan sebagai manusia.
  2. Creativity, Action, Service (CAS). CAS melibatkan siswa dalam berbagai kegiatan di samping studi akademik mereka. Kreativitas (creativity) mendorong siswa untuk terlibat dalam seni dan pemikiran kreatif. Aksi (action) berupaya untuk mengembangkan gaya hidup sehat melalui aktivitas fisik. Pelayanan (service) pada komunitas menyediakan kendaraan untuk pembelajaran baru dengan nilai akademik. Tiga untaian CAS tersebut meningkatkan pengembangan pribadi dan interpersonal siswa melalui pembelajaran berbasis pengalaman dan memungkinkan perjalanan untuk menemukan jati diri.
  3. Extended Essay. Extended Essay meminta siswa untuk terlibat dalam penelitian mandiri melalui studi mendalam tentang pertanyaan yang berkaitan dengan salah satu mata pelajaran DP yang mereka pelajari. Opsi World Studies Extended Essay memungkinkan siswa untuk fokus pada topik signifikansi global yang mereka uji melalui kacamata minimal dua mata pelajaran DP.

YIS IB Diploma Program

Penilaian

Pada akhir program siswa diminta untuk mengikuti ujian tertulis, yang dinilai oleh penguji IB eksternal. Ujian ini menjadi dasar penilaian yang memiliki tingkat objektivitas dan kehandalan yang tinggi. Selain ujian, siswa juga menyelesaikan tugas penilaian di sekolah. Ini bisa dilakukan oleh guru yang kemudian dimoderasi secara eksternal oleh IB, atau dikirim langsung ke penguji eksternal.

Kinerja siswa diukur berdasarkan kriteria penilaian yang ditentukan sebelumnya berdasarkan tujuan dan sasaran masing-masing mata pelajaran. Nilai yang diberikan untuk setiap rentang kursus adalah dari angka 1 (terendah) hingga angka 7 (tertinggi). Siswa juga dapat diberikan hingga tiga poin tambahan untuk nilai gabungan mereka dalam Theory of Knowledge (ToK) dan Extended Essay.

Ijazah diberikan kepada siswa yang memperoleh setidaknya 24 poin, tunduk pada tingkat kinerja minimum tertentu di seluruh program dan untuk partisipasi yang memuaskan dalam persyaratan Creativity, Action, Service (CAS). Total nilai tertinggi yang dapat diberikan kepada siswa Diploma Program adalah 45 poin. Perguruan-perguruan tinggi menghargai keketatan dan konsistensi dalam penilaian Diploma Program.

Afternoon Enrichment Program

Afternoon Enrichment Program yang berupa kegiatan kreatif, atletik dan menantang pikiran (mind-challenging) telah dirancang untuk meningkatkan pendidikan yang menarik dan menyeluruh bagi siswa. Program-program yang ada antara lain bola basket, panahan tradisional, klub debat, yoga, bahasa Belanda, pemrograman komputer, lab menulis, klub seni visual, balet, sepak bola, kegiatan layanan masyarakat, dan kelas memasak internasional. Afternoon Enrichment Program adalah bersifat wajib, dan dimulai sejak Term 1 setiap tahun akademik. Program yang ada bisa berubah, menyesuaikan dengan minat siswa dan ketersediaan instruktur.

Untuk informasi lebih lanjut tentang sekolah berkurikulum International Baccalaureate® (IB) di Yogyakarta ini, khususnya Diploma Program, Anda bisa menghubungi:

Yogyakarta Independent School (YIS)
Jalan Tegal Mlati 1, Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman, DI Yogyakarta, 55284
Telp. (0274) 5305147 atau (0274) 5305148
WhatsApp (WA): 082241044242
Website: https://www.yis-edu.org