Bardi Smart Home Wujudkan Teknologi Lampu untuk Home Automation

bardi smart home cover

Bangun tidur pagi tadi Dimas seneng banget melihat ada lampu warna-warni di ruang tengah. Langsung heboh dia, hehehe.. Karena selama ini di rumah hanya ada lampu dengan warna putih biasa. Jadi, ceritanya tadi pagi saya baru saja nyobain bohlam dari Bardi Smart Home.

Bardi Smart Home berinvestasi dalam produk smart home yang ready stock dan bersertifikasi Indonesia. Ia menyediakan produk-produk yang dirancang dengan teknologi Internet of Things. Yang dapat dioperasikan dan dikontrol dengan mudah menggunakan aplikasi pada smartphone saja.

Nah, bohlam yang saya maksud tadi adalah Bardi Smart LED Bulb 9W RGBWW. Ini adalah bohlam pintar yang bisa dimati-nyalakan, diubah warna, dan diatur kecerahannya melalui aplikasi selama ada wifi/hotspot. Makanya enggak heran kalo Dimas merasa surprised lihat ada lampu warna-warni di ruang tengah.

Sekilas, tidak ada yang istimewa dengan bohlam ini. Bentuknya sama seperti bohlam pada umumnya. Warnanya yang putih juga sama seperti bohlam kebanyakan. Tetapi ada tiga hal menurut saya yang membedakan, yaitu:

  1. Bagian atas dari bohlam tersebut (separo keatas) ada lapisannya yang lebih tebal.
  2. Bohlam ini lebih berat daripada bohlam biasa (mungkin karena lapisan yang tebal itu tadi).
  3. Satu lagi, ada tulisan BARDI di lapisan putih tebal tersebut.

Selain bentuknya yang tidak berbeda dari bohlam pada umumnya, Bardi Smart LED Bulb 9W RGBWW ini sangat mudah dipasang, tinggal diputar pada ulir E27, fitting lampu paling umum di Indonesia. Ya, lampu ini tidak membutuhkan fitting khusus. Praktis πŸ™‚

Bardi Smart LED Bulb 9W RGBWW

Untuk pertama kali saya coba pasang lampu ini pada lampu belajar. Setelah terpasang pada fitting lampu kemudian dinyalakan, bohlam ini menyala seperti lampu biasa. Yaitu memancarkan cahaya seperti lampu-lampu LED biasa. Putih dan terang. Meskipun 9 watt tapi ini terang banget lhooo…

Nah, saat lampu LED ini dikoneksikan dengan internet, baru deh kelihatan bedanya. Satu lampu ini akan memberikan banyak fungsi. Ga salah kalo disebut dengan bohlam pintar. Penasaran? Simak terus yaa…

Oh iya, lampu ini memiliki kecerahan maksimal di 900 lumens dan bisa diredupkan hingga 90 lumens, kombinasi warna RGB hingga 16 juta warna dan gradasi putih dari 2700k (warm white) hingga 6500k (cool white). Hmmm… makin penasaran ‘kan…

Lalu gimana sih caranya menyalakan Bardi Smart LED Bulb 9W RGBWW ini untuk membuktikan bahwa ia bohlam pintar?

Sebelum menyalakan Bardi Smart LED Bulb 9W RGBWW sebagai bohlam pintar, pertama-tama install dulu aplikasi Bardi Smart Home di smartphone. Aplikasi ini bisa didownload dari PlayStore bagi pengguna Android atau dari AppStore bagi pengguna iOS.

Di dalam kemasan lampu ini ada buku panduannya. Di dalam buku panduan ini user diarahkan untuk install Smart Life. Saya sudah install aplikasi ini, tetapi tidak berjalan dengan baik di smartphone saya. Lalu saya coba install aplikasi Bardi Smart Home. Taraaa… baru deh bisa berjalan dengan baik!

aplikasi Bardi Smart Home

Setelah aplikasi terpasang, kemudian saya masuk ke aplikasinya. Karena sebelumnya saya tidak pernah menggunakan aplikasi ini, maka pertama-tama saya harus Register dulu. Registrasinya mudah koq, cukup menggunakan alamat email dan mengisi password yang kita tentukan sendiri.

Setelah registrasi berhasil, kemudian saya dibawa ke homepage aplikasi Bardi Smart Home. Homepage masih kosong karena ini baru pertama kali pakai. Untuk mengisinya, tekan tanda (+) hijau yang ada di kanan atas. Kemudian akan muncul nama-nama perangkat di dalam homepage tersebut.Β Karena akan menyalakan lampu yang tadi itu, maka saya pilih Smart Bulb 9W – RGBWW.

perangkat bardi smart home

Langkah berikutnya adalah mereset lampu. Caranya adalah dengan menyalakan, mematikan dan menyalakan lampu. Hal ini dilakukan 3-5 kali sampai lampunya menyala berkedip-kedip dengan cepat. Itu artinya lampu sudah siap melakukan pairing.

Jika lampu sudah berkedip-kedip, mari kembali ke smartphone. Klik lingkaran kecil di depan tulisan Confirm indicator rapidly blink yang ada di layar smartphone. Lalu tekan tombol Next. Selanjutnya smartphone akan melakukan pairing. Jangan lupa isikan nama wifi berikut passwordnya ya…

bardi smart home proses pairing

Tunggu beberapa saat hingga pairing berhasil dan tersambung. Lampu akan berhenti kedip ketika sudah tersambung. Di layar akan muncul nama perangkat dan keterangan “Device added successfully”. Nama perangkat bisa diedit, diubah sendiri misalnya diganti nama menjadi ‘Lampu Belajar Dimas’. Tapi tidak diedit juga tidak apa-apa.

Nah, setelah tersambung, baru deh saya bisa memainkan lampu tadi melalui halaman control. Pengaturan lampu ini bisa dilakukan sambil tiduran lhooo.. tidak harus duduk terpaku di depan lampu tadi πŸ™‚ . Lampunya masih di ruang tengah, saya mengontrolnya di kamar dari atas kasur sambil ngelonin Dimas πŸ˜€

bardi smart home control pada bohlam

Di halaman control ini ada beberapa tab, yaitu:

  • Tab White. Disini kita bisa mengontrol lampu putihnya. Selain menerangkan dan meredupkan, kita juga bisa mengatur intensitas cahayanya.
  • Tab Colour. Disini kita bermain-main dengan RGB. Kita bisa pilih warna yang ada di colour wheel. Misalnya digeser ke warna merah, maka lampu akan menyala merah. Digeser ke warna biru, maka lampu akan berwarna biru. Dan seterusnya. Disini juga bisa diatur redup terang serta intensitasnya.
  • Tab Scene. Disini ada preset yang sudah tersedia. Kita bisa memilih lampu untuk digunakan untuk apa. Misalnya, saat malam, saat membaca, saat bekerja, saat bersantai. Ada juga preset yang membuat warna berganti-ganti mengikuti pola tertentu seperti soft, colorful, dazzling, dan lain-lain.
  • Tab Music. Disini lampu akan berganti-ganti warna sendiri sesuai dengan irama musik. Asyik ‘kan, jadi bisa punya diskotik sendiri di rumah, hehehe..

Kelebihan lainnya lagi adalah tersedia fitur timer (Left Time) untuk membuat lampu otomatis mati sesuai waktu yang sudah kita tentukan. Selain itu, lampu ini juga bisa dijadwal melalui fitur Schedule sehingga lampu ini akan menyala pada jam-jam tertentu.

Sudah terbayang ‘kan betapa pintarnya Bardi Smart LED Bulb 9W RGBWW ini? Gak heran kalo saya saja kagum apalagi Dimas yang masih anak-anak, serasa dapat mainan baru πŸ˜€

Mengontrol lampu dengan Google Assistant

Dari cara pengontrolan yang diatas tadi, ada yang lebih keren lhooo… Yaitu lampu ini bisa dikontrol menggunakan Amazon Alexa atau Google Assistant atau SmartThings. Berhubung saya familiarnya dengan Google, maka saya pelajari saja cara mengontrol menggunakan Google Assistant.

bardi smart home google assistant

Jadi nantinya kita bisa mengontrol lampu dengan perintah suara, misalnya: “OK Google, nyalakan lampu meja belajar”, maka lampu akan menyala.

Mudah dan asyik ‘kan?

Di rumah tidak ada wifi, adanya portable hotspot, gimana dong..?

Pada awalnya saya juga mengalami kesulitan karena di rumah saya tidak ada wifi. Yang ada adalah portable hotspot dari smartphone yang biasa dipakai Dimas untuk nonton YouTube. Trus gimana dong? Nah, agar pairing lampu tadi bisa berjalan dengan baik meskipun tidak ada wifi, maka portable hotspot tersebut bisa digunakan namun harus disetting dulu.

Jadi, caranya adalah saya ubah nama dan password wifi pada smartphone Dimas menjadi sama persis dengan nama dan password yang terpasang di smartphone saya. Jika sudah, saya letakkan smartphone Dimas tersebut dan saya fungsikan sebagai wifi.

Selama melakukan pairing lampu menggunakan wifi dari portable hotspot tadi, alhamdulillah bisa berjalan dengan lancar. Jangan sampai lupa, setelah proses pairing selesai, setting wifi smartphone Dimas saya kembalikan lagi seperti semula.

Selanjutnya smartphone saya sudah siap digunakan untuk mengontrol Bardi Smart LED Bulb 9W RGBWW kapanpun diinginkan.

bardi smart home bohlam pintar

Rekomendasi Produk

Jamannya sudah serba praktis kalo tidak mau dibilang instan ya… Sesimpel saya yang sukanya pakai tas ala Doraemon, yaitu satu tas berisi banyak kompartemen sehingga semua barang bisa masuk. Demikian juga dalam penggunaan perangkat. Maunya, satu perangkat bisa digunakan untuk banyak fungsi.

Bardi Smart Home mengerti keinginan saya, mungkin ini juga keinginan temen-temen. Salah satunya dengan menghadirkan Bardi Smart LED Bulb 9W RGBWW ini. Dengan satu lampu saja kita bisa menggunakannya untuk beberapa fungsi, antara lain lampu baca, lampu tidur, lampu kerja, lampu santai, dan lain-lain.

Selain memberikan manfaat-manfaat tersebut, lampu ini juga mampu membangkitkan mood yang sedang bad. From bad mood to good mood. Gimana caranya? Bermain dengan cahaya dan warna lampu dong…

Trusss… satu lampu dengan banyak fungsi pun bisa dikontrol dari satu device saja yaitu smartphone. Bener-bener contoh nyata untuk teknologi home automation. Nah, berikut ini beberapa keunggulan yang bisa saya rangkum dari bohlam pintar ini sehingga layak direkomendasikan:

  1. Bisa dioperasikan dan dikontrol dari smartphone.
  2. Bisa atur warna lampu sesuai keinginan (ada 16 juta warna lhooo…).
  3. Tahan 10.000 jam.
  4. Bisa dikoneksikan ke Amazon Alexa, Google Assistant dan SmartThings.
  5. Tidak membutuhkan keahlian khusus untuk memasangnya.
  6. Garansi 1 tahun.
  7. Lampu 9 Watt dengan kecerahan maksimal di 900 lumens dan bisa diredupkan hingga 90 lumens.
  8. Bisa diatur jadwal on-off nya, misalnya setiap Maghrib menyala otomatis.
  9. Multifungsi (satu lampu banyak fungsi).

Bardi Smart Home

Produk-produk Bardi Smart Home memang dirancang dengan teknologi Internet of Things.Β Ya, semua teknologi yang memungkinkan koneksi perangkat ke internet. Berkat kehadiran smartphone dan meningkatnya keterjangkauan teknologi IoT, selama beberapa dekade terakhir ini, smart home semakin terintegrasi ke dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagai aktivitas yang awalnya telihat seperti mimpi, contohnya mengendalikan lampu melalui aktivasi suara, sekarang bukan lagi hal yang mustahil karena sudah menjadi kenyataan. Hal ini diwujudkan melalui teknologi IoT dan smart home yang lebih dikenal dengan IoT Smart Home.

Untuk mengenal lebih jauh tentang Bardi Smart Home beserta produk-produk dan harganya, temen-temen bisa mengunjungi website https://bardi.co.id atau akun instagramnya di @bardismarthome.

Segitu dulu sharing saya tentang bohlam pintar yang sangat bermanfaat untuk mengubah suasana rumah. Di artikel berikutnya saya akan berbagi cerita tentang produk home automation lain dari Bardi Smart Home juga. Tunggu saja tanggal publishnya ya πŸ™‚

Home automation bisa membantu kita bekerja lebih efektif.

 

Related Posts:

44 thoughts on “Bardi Smart Home Wujudkan Teknologi Lampu untuk Home Automation”

  1. saya sudah berkunjung ke webnya Bardi, ternyata produknya banyak banget ya, tidak hanya lampu. Mengenalkan teknologi semacam ini sangat bagus untuk anak, karena ke depannya pasti akan terlatih untuk berpikir bahwa akan ada teknologi lainnya yang lebih canggih dari lampu ini.

  2. Aku kudet banget ya baru tau kalo ada bohlam lampu yang bisa dikontrol dari HP trus ada aplikasinya buat ngatur matiin, atur warna dll. Pantes aja namanya bohlam pintar. Aku kepoin langsung ke web nya..

  3. Jadi pengen nyobain pakai bohlamnya, dan setting warna RGB gitu. Ah, jadi teringat perangkat-perangkat gaming yang banyak pakai LED RGB.

  4. Pernah lihat sih lampu macam begitu di video TikTok. Ternyata, membaca tulisan ini, jadi lebih tahu tentang lampu canggih yang bisa dikoneksikan dengan HP. Ini juga bisa jadi permainan hantu-hantuan, tiba-tiba lampunya mati sendiri. Haha…

    Tapi janganlah lah yauw! Karena mungkin yang mau dikerjain itu sudah tahu tentang lampu ini,jadinya tidak seru.

  5. Waduh, lampu aja bisa diperintah dari aplikasi di ponsel. Lampu teras di rumah sih pakai lampu surya, yg nyala kalo magrib, mati kalo matahari terbit. Tapi bisa diatur dari ponsel, baru tahu nih.
    Beneran deh Smart Bulb. Enak dong, engga usah nyari-nyari saklar.
    Jadi penasaran deh ada produk apa aja selain lampu…

  6. Namanya simpel dan mudah diingat, Bardi. Ini yang aku cari, Mbak: lampu multifungsi jadi lebih irit dan praktis. Bisa jadi lampu baca, lampu tidur, lampu kerja, lampu santai, dan banyak lagi. Zaman IoT beneran diwujudkan oleh Bardi ya, smart home emang wajib sekarang apalagi pas kita ga ada di rumah, semua bisa dikendalikan dan dipantau jarak jauh dengan teknologi.

  7. Weyh canggih bener ini lampu Bardi! Bisa juga nih dibuat untuk dekor studio kecil-kecilan buat ngonten youtube, pasti videonya jadi lebih menarik, selain itu pasti juga cocok dipakai buat lighting sederhana.

  8. wihhh makin canggih aja ya teknologinya…tinggal bilang aja Ok Google…lampu nyala. Lebih awet juga ya dari lampu biasa… Jadi pengen kepoin websitenya Bardi nih…

  9. Aseli saya melongo mbak lihat videonya, iya beneran deh saya katrok banget, hihihi. Kok bisa ya nyala warni-warni gitu? Ya allah… jadi teringat drakor starup yang isinya menciptakan teknologi canggih. Smart lamp ini benar-benar cerdas ya, harganya berapaan mbak kalau beli? Eh maaf kalau saya terlewat membaca harganya

  10. Keren ih produk Bardi Smart Home ini, jadi pengen juga punya bohlamnya buat di rumah. Sering kan tuh, udah di tempat tidur, terus mager mau pencet saklar. Wkwkwkw. Praktis nih pake bohlam pintarnya Bardi.

  11. wweeeeeeeeeeeeewwwwwwwwwww keren bgt, lgsg pengen coba smart lamp ini mbak

    ternyata produk bardi byk bgt ya mbakkk owowoowowooww

  12. wah keren banget nih Bardi Bohlam Pintar, kalo mau matiin lampu bisa via aplikasinya yaaa.. Jadi penasaran pengen pake Bardi bolman pintar ini juga di rumah

  13. Wah, lampu jaman now nih, pakek aplikasi juga ya, keren. Pantesan temen-temen pada pakai lampu dari Bardi ini, ternyata emang kece lampunya. Pengin juga nyoba main-main sama warnanya.

  14. Wah namanya bardi ya. lampu yang kata suamiku ajaib karena bisa diatur lewat smartphone. keren nih. ternyata begini cara pakainya. makasih ya kak. jadi tahu dan pengen punya deh. hehe

  15. Oh ini toh lampu pintar yang dipakai para artis. Saya pernah lih liat kemampuan lampu ini di video youtube yang syuting di Gading Marten. Keren banget sih, pantes jadi populer hehehhe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *