Ruangbelajar, Layanan Belajar Online Terbaik Pendamping PJJ

Ruangbelajar, Layanan Belajar Online Terbaik Pendamping PJJ – Beberapa waktu yang lalu saya menulis tentang refleksi pendidikan Indonesia di antara PJJ dan PTM. Salah satu poinnya adalah bahwa memang Indonesia belum sepenuhnya siap dengan kegiatan belajar mengajar secara daring. Sehingga wajar jika banyak kendala yang ditemui di lapangan.

Beberapa kendala yang muncul pada diri siswa antara lain adalah sebagai berikut:

  • Lemahnya motivasi belajar.
  • Pemberian tugas dirasakan berat.
  • Kemampuan anak menggunakan perangkat pembelajaran minim.
  • Distorsi dengan permainan online ketika belajar menggunakan gadget.
  • Monotonnya pemberian tugas.

Dari sisi orang tua juga ada kendala yang muncul, yaitu antara lain:

  • Orang tua terkendala dalam penyiapan fasilitas
  • Kendala perilaku anak
  • Belum dapat menjadi motivator
  • Beratnya menerapkan disiplin pada anak
  • Waktu¬† yang terbatas.

Dalam situasi dan kondisi yang tiba-tiba berubah seperti sekarang ini tidak bijak rasanya bila kita hanya mengeluh, menyalahkan, dan menuntut pihak lain. Kenapa? Karena semua pihak memiliki kendalanya masing-masing untuk permasalahan yang sama. Kalau orang tua hanya menunggu dan berharap kembali seperti dulu, lalu kapan akan majunya?

sumber: freepik.com

Ruangbelajar by Ruangguru

Saat ini, dalam situasi dan kondisi yang tidak menentu, kita tetap dituntut untuk berpacu dengan waktu. Ga mungkin diam saja. Mau tidak mau, sebagai orang tua harus bisa berpikir kreatif demi pendidikan dan masa depan anaknya. Jika apa yang diperoleh dari sekolah selama PJJ ini dirasa tidak cukup, mari kita cari solusinya sebagai pendamping anak belajar.

Ruangbelajar by Ruangguru bisa menjadi alternatif solusi. Ruangbelajar adalah layanan belajar online terbaik secara mandiri dan terlengkap yang disediakan oleh Ruangguru. Siapa sih yang tidak kenal dengan Ruangguru? Yaitu aplikasi bimbingan belajar online terbesar dan terbaik di Indonesia. Ruangguru menyediakan solusi belajar online terlengkap untuk SD, SMP, SMA, dan SMK, antara lain Ruangbelajar, Brain Academy, Roboguru, Ruanguji, Ruangles, Ruanglesonline, Ruangkelas, English Academy, dan Skill Academy.

Ruangbelajar menyediakan akses materi belajar lengkap sesuai kurikulum dengan Master Teacher dan puluhan ribu video belajar yang dikemas dengan animasi yang menarik serta rangkuman infografis yang bikin siswa menjadi lebih paham. Karena gaya belajar anak itu berbeda-beda. Ada yang cukup dengan membaca atau mendengar saja sudah paham. Tetapi tidak sedikit juga yang baru paham jika dijelaskan secara visual.

Biasanya model soal latihan yang didapatkan dari sekolah kurang variatif sehingga siswa kurang tantangan.  Ruangbelajar menyediakan beragam fitur-fitur latihan seperti banksoal, Latihan Bab, Cek Kemampuan, dan Kuis untuk memastikan siswa sudah paham betul materi yang dipelajari.

Tidak jarang, siswa jadi tidak semangat belajar karena koneksi internet tidak stabil atau justru kuota internet tiba-tiba habis. Di Ruangguru semua materi dapat di-download dan diakses secara offline, tanpa butuh koneksi internet. Jadi saat ada koneksi internet, sebaiknya segera saja di-download materi-materi belajarnya ya…

Kenapa sih memilih Ruangbelajar sebagai solusi pendamping anak yang PJJ? Ini lho alasannya:

  1. Konten lengkap. Ada ribuan video dan puluhan ribu latihan soal untuk kelas 1 SD hingga 12 SMA IPA dan IPS. Tersedia juga persiapan ujian masuk universitas (SBMPTN dan STAN). Beli satu kelas langsung dapat satu jenjang sekaligus.
  2. Berkualitas dan sesuai kurikulum. Seluruh konten juga mengikuti Kurikulum Nasional (KTSP, K-13, dan K-13 Revisi) dan dibuat oleh >50 Master Teacher berpengalaman
  3. Terpercaya. Sudah dipercaya oleh lebih dari 10 juta siswa di Indonesia. Ribuan ulasan mereka bisa dilihat di Google Play Store dan App Store.
  4. Biaya terjangkau. Berlangganan di ruangbelajar 10x lebih murah daripada bimbel biasa. Belajar di mana saja, kapan saja, sesuai kebutuhan.
ruangbelajar vs bimbel jadul

Perbandingan harga bimbel biasa dan Ruangbelajar

Fitur-fitur Baru di Ruangbelajar

Selain fitur-fitur yang sudah ada sebagaimana saya sebutkan di atas tadi, mulai bulan Juli ini Ruangbelajar menghadirkan fitur-fitur baru sebagai berikut:

1. Adapto

Mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video membuat pembelajaran jauh lebih interaktif dengan jawaban yang mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya. Dengan demikian, siswa benar-benar dapat memilih materi belajar sendiri.

Dengan fitur ini, hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan belajar dengan kecepatan mereka sendiri, memastikan mereka memahami materi sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya. Selain itu, siswa dapat didorong untuk belajar lebih banyak dalam satu sesi dengan membuat pengalaman belajar lebih lancar, berkelanjutan dan imersif.

2. Rencana Belajar (Playlist Belajar)

Fitur ini memudahkan user ketika menonton video pembelajaran (atau melakukan materi pembelajaran lainnya), mereka sering terganggu dan harus berhenti belajar di Aplikasi Ruangguru, dan ingin melanjutkan materi tidak dari awal.

Fitur ini bertujuan untuk:

  • Menciptakan kebiasaan yang lebih disiplin bagi pengguna terkait konten apa yang harus mereka pelajari setiap minggu.
  • Memberikan rencana pembelajaran (rekomendasi playlist) kepada pengguna sesuai dengan kebutuhannya dan sesuai dengan timeline atau agenda di sekolah.
  • Memberikan cara yang lebih mudah bagi pengguna untuk melanjutkan dan menyimpan misi untuk belajar nanti.
video animasi

Contoh video animasi

3. Subtitle Video

Berdasarkan tolok ukur untuk aplikasi pembelajaran global (khususnya pada konten yang telah direkam sebelumnya), transkrip adalah salah satu fitur yang berharga untuk membantu pembelajaran.

Transkrip dapat membantu siswa untuk merekam video pembelajaran mereka lebih banyak kata demi kata. Mereka kemudian dapat melihat konten secara mendetail selama menonton video, memastikan mereka memahaminya, dan tidak melewatkan poin penting.

4. Fitur Pencarian

Fungsi pencarian sebagai fitur untuk pengguna yang sudah tahu apa yang harus dipelajari di aplikasi, tetapi membutuhkan cara tercepat untuk menemukan materi pembelajaran.

Dengan adanya fitur ini siswa dapat menemukan materi belajar secara lebih cepat

5. Pet Mission

Misi hewan peliharaan adalah daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Jika pengguna menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, mereka akan diberikan 1 batu evolusi hewan peliharaan.

Fitur Ruangguru Pet telah terbukti sebagai salah satu fitur yang dapat mendorong pengguna yang suka bermain game online untuk menjadi lebih semangat belajar.

6. Tes Minat Bakat

Tes minat merupakan tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC. Tes ini bertujuan untuk membantu memperkirakan karier yang sesuai dengan diri.

Tes bakat untuk mengukur kemampuan deduktif, aritmatika, spasial, induktif. Dan reasoning.

Nah, hasil dari tes minat bakat adalah jurusan-jurusan sesuai minat siswa yang ditunjang oleh bakat yang dimiliki oleh siswa. Dengan demikian diharapkan tidak ada lagi siswa yang mengalami salah penjurusan.

ruangbelajar

Penutup

Keberadaan aplikasi belajar online Ruangbelajar by Ruangguru ini melegakan hati saya. Di saat saya melihat dan mengalami kendala-kendala sebagaimana saya sebutkan di bagian awal tulisan ini, ternyata ada lho solusinya. Keberadaan Ruangguru mampu memutus jarak, ruang, dan waktu untuk memberikan kemudahan anak-anak dalam belajar. Meskipun harus PJJ, anak-anak tetap dapat memperoleh pengetahuan yang lebih dalam memahami beragam mata pelajaran.

Yukkk… terus semangat dampingi anak-anak belajar! Banyak cara untuk mendampingi mereka belajar, selain terus memotivasi. Salah satunya adalah dengan memberikan fasilitas yang tepat sesuai kebutuhan.

 

Related Posts:

1 thought on “Ruangbelajar, Layanan Belajar Online Terbaik Pendamping PJJ”

  1. Ruangbelajar by Ruangguru TOP banget deh, selain fiturnya yang keren, promonya juga banyak banget, tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhan anak. Thanks infonya mba Wiwin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *