12 Manfaat Lidah Buaya Untuk Penyakit

cover lidah buaya

12 Manfaat Lidah Buaya Untuk Penyakit – Pada dasarnya lidah buaya merupakan tanaman yang dapat dijadikan obat alami yang aman untuk digunakan. Namun beberapa penelitian mengatakan bahwa akan lebih baik lidah buaya digunakan dengan cara penggunaan luar atau dioleskan pada permukaan kulit karena lidah buaya jika dikonsumsi secara langsung akan menimbulkan efek samping yang sangat tidak mengenakkan untuk tubuh, antara lain kram perut dan diare. Hal tersebut dikarenakan lidah buaya memiliki sifat laksatif. Bahkan beberapa penelitian lainnya mengatakan bahwa mengonsumsi suplemen lidah buaya dalam jangka waktu yang panjang justru merusak organ hati. Oleh karenanya kita perlu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter tentang sejauh mana manfaat lidah buaya untuk penyakit yang dialami. Kita dapat berkonsultasi dengan mudah melalui Klik Dokter dengan cara download di sini.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Penyakit

Lidah buaya sendiri merupakan tanaman yang kaya akan antioksidan, vitamin A, C, E dan B12, serta asam folat dan folat yang sangat baik untuk meremajakan kulit dan mengobati peradangan. Nah, agar kita semakin memahami tentang manfaat lidah buaya untuk penyakit, berikut ini akan diulas lebih jelas.

1. Membuat Kulit Tetap Sehat

Lidah buaya memiliki kandungan antioksidan dan vitamin E serta karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk melembapkan kulit wajah dan menjaga tetap sehat. Manfaat yang paling dirasakan oleh kulit yaitu menjaga kekenyalan kulit, yang berasal dari kandungan getah lidah buaya. Selain itu manfaat lidah buaya untuk penyakit kulit adalah dapat mengobati penyakit eksim, juga mengobati gejala penyakit dermatitis, psoriasis, serta penuaan dini pada kulit.

2. Mengobati Iritasi

Lidah buaya yang di dalamnya terdapat karbohidrat kompleks sangat baik untuk meredakan nyeri karena luka, karena daging lidah buaya memiliki kandungan antiseptik yang dapat meningkatkan kolagen sehingga luka dapat pulih dengan cepat. Selain itu, lidah buaya mengandung antibakteri yang tinggi sehingga dapat menghambat bakteri yang akan menyebabkan iritasi. Manfaat lain lidah buaya untuk penyakit yaitu mengobati luka bakar, terutama luka bakar karena sinar matahari.

manfaat lidah buaya untuk penyakit

sumber: freepik.com

3. Menurunkan Gula Darah

Sebuah penelitian mengklaim bahwa mengonsumsi ekstrak lidah buaya 2 sendok per hari dapat menurunkan kadar gula darah bagi pengidap diabetes tingkat dua. Namun, klaim ini perlu diteliti lebih lanjut lagi. Meskipun sangat efektif menurunkan kadar gula darah bagi pengidap diabetes, jangan sampai kita mengonsumsinya bersamaan dengan obat penurun glukosa, karena nantinya akan menurunkan kadar gula darah dengan sangat drastis yang justru membuat kesehatan semakin parah.

4. Mengobati Sembelit

Manfaat lidah buaya berikutnya yaitu mengobati sembelit karena lidah buaya mengandung senyawa aloin dan barbaloin yang sangat ampuh untuk digunakan sebagai obat pencahar alami. Lidah buaya juga dapat mengobati penyakit gangguan pencernaan seperti GERD. Namun, lidah buaya tidak dapat digunakan untuk penyakit wasir ataupun kolitis karena akan menimbulkan efek kram perut dan diare yang sangat membahayakan pengidap penyakit tersebut.

5. Membuat Mulut Sehat

Lidah buaya yang memiliki kandungan vitamin C dapat dijadikan obat kumur alami, sehingga dapat mengatasi penyakit radang pada gusi serta membuat mulut tetap dalam kondisi yang sehat. Antiradang dan antivirus yang terkandung dalam lidah buaya juga sangat ampuh untuk mengobati penyakit sariawan.

6. Memperlambat Kanker Payudara

Lidah buaya yang memiliki antioksidan tinggi sangat efektif untuk melawan sel radikal bebas yang menyebabkan penyakit kanker payudara. Selain antioksidan, kandungan aloe emodin juga diklaim dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker yang menyebabkan kanker payudara, namun klaim ini perlu penelitian lebih lanjut.

7. Mengobati Radang

Eikosanoid dan interleukin-8 yang terkandung dalam lidah buaya memiliki fungsi yang sangat baik untuk obat anti radang alami yang dapat menyembuhkan penyakit peradangan, baik di dalam organ tubuh maupun di luar tubuh.

lidah buaya

sumber: pixabay.com

8. Membuat Daya Tahan Tubuh Meningkat

Lidah buaya memiliki kandungan bradykinase dan zinc yang memiliki peran di tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih baik dari sebelumnya.

9. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Lidah buaya sangat efektif menurunkan kadar kolesterol jahat pada darah yang menyebabkan penyakit jantung karena lidah buaya memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi.

10. Membuat Mata Sehat

Penyakit pada mata kerap menghampiri anak-anak atau usia muda karena penggunaan gadget yang berlebihan. Lidah buaya memiliki kandungan vitamin A yang sangat dipercaya dapat menjaga kesehatan mata. Kita dapat membuat lidah buaya menjadi olahan jus, yang sebelumnya sudah dibersihkan hingga lendir kuning lidah buaya hilang.

11. Membuat Rambut Sehat

Lidah buaya yang di dalamnya terdapat antijamur dan antibakteri sangat ampuh untuk melindungi rambut dari penyakit gatal-gatal kepala, rambut kering, dan ketombe. Lidah buaya akan membersihkan sel kulit mati dan membuat rambut menjadi tetap sehat. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan mengambil lidah buaya lalu dioleskan secara rutin pada rambut agar memberikan hasil yang maksimal.

12. Menjaga Sendi dan Tulang tetap Sehat

Manfaat lidah buaya untuk penyakit lainnya yaitu dapat mencegah penyakit rematik dan arthritis karena lidah buaya memiliki kandungan antiradang yang dapat mencegah penyakit-penyakit tersebut.

Meskipun banyak manfaatnya sebaiknya kita tetap melakukan konsultasi lebih lanjut ke dokter jika ingin mengonsumsinya secara langsung, agar dokter dapat memberikan saran tentang dosis yang harus digunakan, sehingga bisa terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *