Pemenang JNE Competition 2021, Andakah Salah Satunya?

Pemenang JNE Competition 2021, Andakah Salah Satunya? – Ajang kompetisi yang terselenggara berkat kerjasama JNE dsn Kompasiana dengan mengusung tema “JNE Bersama UMKM untuk Indonesia” akhirnya selesai sudah. Event tersebut diselenggarakan sejak 6 Desember 2021 hingga 31 Januari 2022. Pemenangnya banyak karena kompetisi ini ditujukan untuk jurnalis, umum, dan karyawan, serta dibagi menjadi empat kategori yaitu writing competition, video competition, photo competition, dan design competition. Lalu siapa saja sih pemenang JNE Competition 2021, Andakah salah satunya? Simak terus yuk…

Dukung UMKM untuk Indonesia Maju

Saat krisis moneter melanda pada 1998 silam, UMKM menjadi pendorong bangkitnya perekonomian di Indonesia. Sektor UMKM menjadi salah satu tulang punggung perekonomian negara. Hal tersebut terulang lagi di masa pandemi ini.

Menurut data dari Kementerian Keuangan RI yang saya lansir dari quippper.com, disebutkan bahwa usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) telah menyerap hingga 97% dari daya serap tenaga kerja di dunia usaha. Selain itu, UMKM juga telah berkontribusi sebesar 61,1% terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia, kemudian sisanya sebanyak 38,9% PDB Indonesia merupakan kontribusi dari pelaku jenis usaha besar.

Dengan membeli dan menggunakan produk UMKM, kita juga turut membantu para pelaku UMKM untuk bangkit dan pulih di tengah ketidakpastian seperti sekarang ini.

Ajang kompetisi yang diselenggarakan atas kerjasama antara JNE dan Kompasiana ini juga menjadi ruang yang tepat untuk mendukung UMKM menuju Indonesia maju. Kenapa? Karena banyak sekali profil pelaku UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia terangkat ke dunia luas melalui media tulisan, foto, dan video. Dengan demikian, target pemasaran produk mereka menjadi lebih luas. Tidak terbatas pada masyarakat di sekitar mereka, namun sudah bisa lintas pulau bahkan lintas negara. Jika roda perekonomian kembali berputar, kehidupan masyarakat pun akan menjadi lebih baik, dan harapan akan Indonesia maju akan terwujud.

Apalagi di jaman digital ini, pendistribusian barang tidak lagi menjadi masalah besar. Ada begitu banyak ekspedisi pengiriman, seperti JNE, yang selalu siap sedia mendistribusikan barang-barang dari para pelaku UMKM menuju ke konsumennya. Sesimpel pelanggan jahitan ibu saya yang mendadak musti pindah domisili, enggak akan kesulitan tetap bisa menggunakan jasa ibu saya. Ukuran atau contoh model pakaian bisa disampaikan melalui WhatsApp, lalu pakaian jadinya bisa ibu kirimkan dengan jasa pengiriman JNE.

Connecting happiness. Pelanggan puas, pelaku UMKM senang. Semua merasakan kebahagian 🙂

Pemenang JNE Competition 2021

Juri untuk kompetisi ini melibatkan para tokoh dan pakar profesional di bidangnya masing-masing. Antara lain: pegiat literasi sekaligus penulis buku Maman Suherman (Kang Maman), Wakil Pimpinan Redaksi Harian Kompas Paulus Tri Agung Kristanto, videografer sekaligus visual jurnalis Kompas Eddy Hasby, film maker and content creator Anggun Adi, fotografer kenamaan yaitu Barry Kusuma dan Arbain Rambey, kartunis Harian Rakyat Merdeka dan Kompas Muhammad Misrad (Mice Cartoon), serta Founder sekaligus Creative Director HelloMotion Wahyu Aditya.

Nah, penasaran siapa saja pemenang JNE Competition 2021? Berikut ini daftar pemenang selengkapnya:

pemenang jne competition 2021

1. Writing Competition

Jurnalis: Kategori Feature News Cetak

 Jurnalis: Kategori Feature News Online

 Junalis: Kategori Hard News Cetak

 Junalis: Kategori Hard News Online

Karyawan

Umum

2. Video Competition

Karyawan

  • Juara 1: JNE Bogor x The Warna Indonesia oleh Dabiar Adhya – Customer Service / JNE Kota Bogor mendapatkan uang tunai sebesar Rp 3.500.000
  • Juara 2: JNE Bersama UMKM untuk Indonesia oleh Yuni Wulandari – JNE Cabang Blitar mendapatkan uang tunai sebesar Rp 2.500.000
  • Juara 3: JNE Bersama UMKM Indonesia oleh Amelia – Agen JNE Syakira mendapatkan uang tunai sebesar Rp 1.500.000

Umum

  • Juara 1: MIWITI oleh Nurul Inayah mendapatkan uang tunai sebesar Rp 10.000.000
  • Juara 2: Jualan Truck Oleng, Merambah Pasar Online oleh Yoga Oktavian mendapatkan uang tunai sebesar Rp 6.000.000
  • Juara 3: Oemah Gerabah oleh Reza Khoirul Azizy mendapatkan uang tunai sebesar Rp 4.000.000

3. Photo Competition

Karyawan

Umum

  • Juara 1: Harry Sanjaya Putra mendapatkan uang tunai sebesar Rp 5.000.000
  • Juara 2: Ruth Semiono mendapatkan uang tunai sebesar Rp 3.000.000
  • Juara 3: Agustinus Elwan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 2.000.000

4. Design Competition

Karyawan

Umum

Saya sih berharap tulisan-tulisan para pemenang ini akan dikumpulkan ke dalam satu buku oleh Kang Maman, seperti yang pernah dilakukannya pada bukunya yang berjudul Bahagia Bersama. Sehingga semangat yang terkandung di dalam tulisan-tulisan tersebut bisa tersampaikan kepada masyarakat pembaca serta masyarakat pelaku UMKM secara utuh.

Sampai jumpa di ajang kompetisi yang akan datang bersama JNE!

 

 

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published.