Rekomendasi Oleh-Oleh Ke Kampung Saat Mudik Lebaran 2022

Rekomendasi Oleh-Oleh Ke Kampung Saat Mudik Lebaran 2022 – Lebaran sudah di depan mata, tentu saja persiapan mudik sudah harus dilakukan. Antara lain adalah mempersiapkan oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman. Namun sebelum itu, pastikan dulu bahwa transportasi yang akan digunakan untuk mudik sudah dipikirkan. Salah satu pilihan transportasi yang tepat adalah bus, terutama jika hanya ingin melakukan perjalanan di pulau Jawa saja.

Untuk naik bus kini  sudah bisa pesan bus Jakarta Solo sekarang dan juga rute-rute lainnya di area Jawa. Melakukan booking bus lebih mudah secara online lewat Traveloka saja.

Oleh-Oleh yang Wajib Dibawa Saat Mudik 2022     

Bersyukur sekali untuk lebaran tahun 2022 ini akhirnya masyarakat diperbolehkan untuk mudik ke kampung halaman. Untuk itu, jangan lupa persiapkan oleh-oleh yang wajib dibawa, berikut rekomendasinya.

1. Kue Kering dan Kurma

Membawa hampers kue kering untuk sanak keluarga di kampung ini selalu masuk daftar pertama. Ada banyak pilihan jenis kue kering yang bisa dibawa. Disarankan untuk membawa kue kering yang merupakan inovasi baru, supaya keluarga di kampung bisa menikmati jenis kue yang berbeda di lebaran tahun ini.

Selain kue kering, jangan lupa juga untuk menambahkan kurma. Pilih kurma dengan kualitas terbaik agar rasanya lebih lezat dan disukai oleh keluarga di kampung.

2. Sirup dan Minuman Ringan

Selain kue kering, yang tidak boleh ketinggalan adalah sirup, juga minuman ringan lainnya. Dengan membawa sirup atau minuman ringan, berarti keluarga sudah tidak perlu lagi membeli minuman untuk disuguhkan ke para tamu saat silaturahmi lebaran.

Ada banyak pilihan sirup dari berbagai merek dan rasa yang bisa dipilih sesuai selera keluarga. Hal yang sama juga bisa dilakukan untuk pilihan minuman ringan. Minuman ringan biasanya banyak disuguhkan saat lebaran karena praktis, tanpa perlu repot membuat teh lagi di dapur.

3. Peralatan Kesehatan

Meski pandemi sudah berangsur-angsur membaik, tapi bukan berarti kita boleh lengah dalam menghadapinya. Alasannya tentu saja Corona virus bisa terus mengancam kapan saja dan di mana saja. Khususnya untuk kedua orang tua, persiapkan peralatan kesehatan yang lengkap saat mudik ke kampung.

Isi hampers dari peralatan kesehatan ini juga sangat bervariasi. Seperti misalnya termometer, hand sanitizer, masker, disinfectant, dan masih banyak lagi.

4. Alat Masak

Untuk pilihan oleh-oleh yang berbeda dari biasanya dan juga terkesan unik, bisa banget lo membawa bingkisan lebaran berupa peralatan masak. Apalagi jika memiliki kedua orang tua yang sudah cukup sepuh, sehingga kemungkinan peralatan masak yang digunakan sudah usang atau sudah rusak.

Ada banyak pilihan peralatan masakan yang bisa dipilih, misalnya set panci, set kompor, set bumbu dapur atau alat masak elektronik yang canggih sehingga bisa memudahkan orang tua untuk memasak makanan lebih cepat. Misalnya dengan menghadiahkan microwave, air fryer, dan lain-lain.

5. Perlengkapan Sholat

Jika dirasa membawa alat-alat masak untuk pulang kampung terlalu merepotkan, bisa memilih barang yang simpel seperti misalnya perlengkapan sholat. Saat lebaran nanti perlengkapan sholat tentu sangat dibutuhkan untuk shalat Ied berjamaah di masjid.

Pilihkan perlengkapan sholat dengan kualitas terbaik untuk kedua orang tua, agar nyaman dipakai. Menariknya, perlengkapan ini tidak hanya berguna untuk shalat pada hari lebaran saja tapi juga bisa dipakai untuk shalat lima waktu, shalat Jumat, dan shalat sunah lainnya. Pastikan untuk memilih produk peralatan salat dengan warna dan bahan yang cocok dipakai.

6. Hijab

Untuk sanak keluarga di kampung khususnya para wanita, bisa dibelikan oleh-oleh lebaran berupa hijab. Hijab-hijab ini tentu saja bisa dimanfaatkan oleh ibu, kakak dan adik perempuan atau saat sanak saudara wanita lainnya. Baik saat lebaran pertama untuk menyambut para tamu atau untuk silaturahmi ke tetangga atau keluarga. Tentunya oleh-oleh hijab ini juga akan sangat bermanfaat setelah lebaran dalam kegiatan sehari-hari.

Saat memilih oleh-oleh lebaran sangat penting untuk menyeleksi barang apa yang akan dibawa. Akan lebih baik jika membeli barang-barang untuk keluarga di kampung yang bisa digunakan tidak hanya saat lebaran saja tapi juga setiap hari.

mudik lebaran 2022

sumber: freepik.com

Last but not least, jika Anda masih kebingungan ingin menggunakan transportasi apa saat akan mudik untuk area pulau Jawa saja, saran saya lakukan saja booking bus secara online lewat Traveloka. Di Traveloka terdapat banyak pilihan rute untuk naik bus dari Jakarta ke berbagai daerah yang ada di pulau Jawa, dan sebaliknya. Kunjungi Traveloka  App untuk informasi lebih lengkap 🙂

Selamat mudik, hati-hati di jalan yaaa… 🙂

 

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published.