JNE Pasuruan Dorong Kemajuan UMKM Pasca Pandemi

JNE Pasuruan

JNE Pasuruan Dorong Kemajuan UMKM Pasca Pandemi – Pandemi Covid-19 yang berlangsung lumayan lama itu, lebih dari dua tahun, telah mengubah gaya hidup masyarakat. Terutama gaya hidup online. Mau tidak mau, jika ingin bertahan hidup, masyarakat harus menyesuaikan dengan gaya hidup tersebut. Khususnya para pelaku bisnis. Bagi para pengusaha besar, mungkin itu sudah hal biasa, toh mereka bahkan bisa menciptakan sistem online sendiri khusus untuk perusahaannya. Tetapi bagi kebanyakan pelaku UMKM, tentunya hal itu adalah sesuatu yang baru. Beruntung jika ada partner bisnis yang turut berperan dalam keberlangsungan hidup para pelaku UMKM. Salah satu contohnya adalah JNE Pasuruan yang turut serta mendorong kemajuan UMKM di Pasuruan pasca pandemi dengan mengadakan kegiatan Goll..Aborasi Bisnis Online.

Tak dipungkiri lagi bahwa COVID-19 memiliki dampak signifikan bagi sektor ekonomi. Hal ini dirasakan sekali oleh para pelaku Usaha Masyarakat Kecil Menengah (UMKM). Mereka harus menghadapi berbagai tantangan, antara lain penurunan penjualan, permodalan, distribusi terhambat, serta kesulitan bahan baku. Menurunnya daya beli masyarakat akibat pandemi COVID-19 juga berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha kecil dan menengah.

Sebaliknya dengan jasa pengiriman barang, sejak adanya pandemi justru menjadi salah satu usaha jasa yang makin berkibar. Para pelaku bisnis harus work from home, tidak bebas ke luar rumah, mau tidak mau ya mereka menggunakan jasa pengiriman barang agar produk jualan mereka sampai ke tangan pembeli. Pembeli juga tidak keberatan mengeluarkan dana ekstra sebagai biaya pengiriman.

Sebagai mitra UMKM, JNE mengadakan kegiatan webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Pasuruan. JNE mendukung para pelaku UMKM di Pasuruan untuk dapat mengembangkan kemampuan bersaing di dunia digital, baik dalam skala nasional maupun dalam skala global.

JNE Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Pasuruan merupakan kota ke-10 dari kegiatan webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2022 akan dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Pasuruan, roadshow ini selanjutnya hadir di Kota Jember  pada 20  Mei 2022.

JNE Pasuruan

Melalui Goll..Aborasi Bisnis Online, JNE Dorong Kemajuan UMKM Pasuruan Pasca Pandemi

Dalam JNE Goll..Aborasi Bisnis Online pada hari Kamis 19 Mei 2022 di Kota Pasuruan tersebut, Dwi Setyaningsih (Branch Manager JNE Pasuruan) mengatakan bahwa tren pengiriman di era ini kembali meningkat karena peranan para online shop yang terus berkembang. Ia berharap kolaborasi antara JNE dengan UMKM dapat terjalin dan terus berkolaborasi dengan komunitas UMKM Pasuruan. Selain itu, JNE akan terus berinovasi, bersinergi dengan swasta dan pemerintah untuk menciptakan masyarakat yang berdaya. JNE akan turut berperan serta menjaga potensi dan peluang yang ada di Pasuruan.

Dalam kegiatan ini JNE menghadirkan dua pelaku UMKM, yaitu Muhammad Taufiqi selaku Co-Founder Kelana Scarves dan Haris Prasetyo selaku Owner Qrani Hijab.

Tak seperti UMKM umumnya yang merasakan dampak negatif dari pandemi COVID-19, Muhammad Taufiqi (Co-Founder Kelana Scarves) justru merasakan dampak baiknya. Sebagai sosok yang bergerak di industri fashion, ia menilai pentingnya memahami social media marketing dan tren fashion yang ada di masyarakat. Ia belajar marketing antara lain bagaimana caranya menjual di Instagram, Facebook, dan WhatsApp, selain itu juga belajar social media ads.

Haris Prasetyo (Owner Qrani Hijab) juga bercerita soal perjalanan bisnisnya. Awal mula bertemu calon istri, ia berkolaborasi dan mengembangkan produk hijab. Di bidang marketing Haris Prasetyo menggunakan media sosial dan semua marketplace. Hebat lo…, dalam 2 bulan ia bisa menjual 1000 lebih. 

Haris juga percaya bahwa keunikan atau diferensiasi memainkan peranan penting. Value sangat penting bagi brand Qrani Hijab. Value mereka yaitu bisa custom model dan warna apa pun. Untuk mendapatkan awareness yang lebih besar, Haris menggunakan Facebook dan Instagram Ads. Ia mempelajari social media marketing untuk meningkatkan bisnisnya.

Selain memberikan workshop gratis untuk para UMKM Pasuruan, JNE juga menyediakan layanan free pick up di berbagai wilayah. Hal tersebut dimaksudkan untuk mendukung UMKM Pasuruan agar terus berkembang. JNE Pasuruan memberikan solusi bagi para UMKM Pasuruan. Selain itu, JNE juga menghadirkan program apresiasi untuk loyal customer seperti member JLC dimana para UMKM bisa mendapatkan hadiah menarik dan promo diskon ongkos kirim. 

 

Related Posts: