Lompat ke konten
Home » Pendidikan » The Four Elements of Nature in the YIS Graduation 2023

The Four Elements of Nature in the YIS Graduation 2023

  • oleh

YIS Graduation 2023 – Satu peristiwa bersejarah yang ditunggu-tunggu setelah menyelesaikan satu jenjang pendidikan adalah acara kelulusan atau lebih dikenal dengan wisuda. Kata wisuda berasal dari Bahasa Jawa ‘wisudha’ yang artinya pelantikan bagi orang yang telah menyelesaikan pendidikan. Menurut Wikipedia artinya juga sama, sedangkan menurut KBBI artinya adalah peresmian atau pelantikan yang dilakukan dengan upacara khidmat. Dulu yang saya tahu wisuda secara umum dilakukan pada lulusan jenjang perguruan tinggi. Namun sekarang sudah sangat umum dilakukan oleh jenjang PAUD, SD, SMP, juga SMA.

Saya sendiri, sebagai orang tua, pada tahun 2022 kemarin menghadiri dan menyaksikan wisuda kedua anak saya. Anak pertama lulus SMA dan anak kedua lulus PAUD (Kelompok Bermain). Jadi, jika jaman saya dulu acara tutup tahun biasanya berisi hiburan dan sambutan, jaman anak-anak saya sudah dilengkapi dengan prosesi wisuda. Tentu saja saat menyaksikan mereka diwisuda, ada rasa haru yang muncul. Satu, karena perjuangan mereka dalam satu jenjang pendidikan mendapatkan apresiasi dan selebrasi. Dua, ada harapan baru bahwa mereka pun akan mengalami wisuda pada jenjang-jenjang berikutnya hingga level pendidikan tertinggi yang bisa mereka raih.

The Four Elements of Nature

Bagi Yogyakarta Independent School acara wisuda sudah menjadi program tahunan yang diselenggarakan setiap bulan Juni yang bertajuk “YIS Graduation”. Untuk menutup tahun ajaran 2022/2023 ini, YIS Graduation mengusung tema “The Four Elements of Nature”.

The Four Elements of Nature

Tema ini mengingatkan saya bahwa manusia adalah bagian dari alam semesta. Alam semesta yang dibuat dari empat elemen dasar yaitu tanah, api, udara, dan air. Dari elemen-elemen tersebut seorang Fisikawan atau filsuf Yunani Kuno, Claudius Galen (130-200 TM), membuat sistematis gagasan Empedocles dan Hippocrates tentang elemen ke dalam teori kepribadian umum. Teori kepribadian tersebut terdiri dari sanguine, melancholic, choleric, dan phlegmatic yang kemudian menginspirasi penelitian modern dalam mencari sumber variasi biokimia dalam kepribadian dan perilaku manusia.

Yogyakarta Independent School saat ini merupakan satu-satunya sekolah internasional di Yogyakarta yang secara penuh menggunakan kurikulum International Baccalaureate® (IB) dari jenjang Primary Years Program (PYP), Middle Years Program (MYP), hingga Diploma Program (DP). Kurikulum ini membentuk siswa yang mampu berpikir holistik yaitu berpikir secara menyeluruh dengan mempertimbangkan segala aspek yang mungkin mempengaruhi tingkah laku manusia atau suatu kejadian. Tentu saja jika dipadukan dengan adanya teori kepribadian yang terinspirasi oleh unsur-unsur alam tadi maka akan menciptakan sebuah harmoni.

YIS Graduation 2023

Sesuai dengan tema yang diusung yaitu The Four Element of Nature, tentu saja panggung yang berdiri megah di dalam Ballroom Hotel Tentrem Yogyakarta ini dibuat sedemikian rupa dengan menampilkan ornamen-ornamen keempat unsur alam. Hiburan yang disuguhkan pun dikemas apik dan disajikan per unsur alam,  mulai dari “Air”, dilanjutkan dengan “Water”, kemudian “Fire”, dan terakhir “Earth”.

Acara resmi dimulai pukul 18.00 WIB. Setelah pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan parade bendera YIS yang diikuti oleh bendera negara Republik Indonesia dan bendera negara-negara lainnya dari negara mana para siswa berasal. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dengan khidmat. Meskipun YIS adalah sekolah internasional dimana para siswanya berasal dari berbagai negara, namun sekolah ini berada di wilayah Republik Indonesia. Oleh karena itu sudah selayaknya menerapkan pepatah dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung.

Kemudian acara pemberian sambutan oleh pengurus Yayasan Pendidikan Internasional Yogyakarta (YPIY) yang diwakili oleh Bapak Rik Frenkel. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Sekolah (Principal), Bapak Ismail Sumantri.

YIS Principal (Ismail Sumantri)

Dalam sambutannya Bapak Ismail Sumantri menyampaikan, “This year, the theme that we have chosen for graduation is, the four elements of nature. These are the qualities that we possess that allow us to explore and learn from the natural world and develop new insights about ourselves and the environment. As you embark on the next chapter of your lives, remember to be open-minded, embrace new experiences, take risks, and think critically. With these qualities, you will be able to tackle any challenge with ease. The challenges of life will come in many forms, and these skill sets will allow you to succeed and achieve your goals.”

Yap, lulus dari satu jenjang maka siswa akan memasuki jenjang berikutnya, tentu saja dengan tantangan yang berbeda. Apalagi bagi lulusan Diploma Program, yang akan memasuki jenjang perguruan tinggi dan akan makin dekat dengan waktunya untuk terjun ke masyarakat. Oleh karena itu, diharapkan dengan kualitas pendidikan yang diperoleh dari YIS mereka akan mampu belajar dari alam dan mengembangkan wawasan baru untuk diri sendiri dan lingkungan.

Ibu Swanti (PYP Coordinator), Ibu Candra (MYP Coordinator), & Pak Dindit (DP Coordinator)

Setelah dua sambutan tadi, maka acara inti pun dimulai, yaitu wisuda lulusan Kindergarten B, Grade 6, Grade 10, dan Grade 12. Setiap Koordinator Program memberikan kesan dan pesan kepada para wisudawan.

Ibu Candra selaku MYP Coordinator menyampaikan kebanggaannya atas para wisudawan Grade 10, “They have ultimately embraced challenges in any area; taking risks, opening their mind, and reflecting the process to develop their potential and stronger sense of personal identity.” Beliau juga menyampaikan bahwa Personal Project Exhibition telah membuktikan bagaimana siswa berbagi pemikiran global dan mengkonsolidasikan pembelajaran mereka. Siswa telah tumbuh menjadi lebih percaya diri berprinsip dan bangga dengan prestasi mereka. Yang paling berkesan buat saya adalah pesan Bu Candra kepada para wisudawan yaitu, “Your new journey will test your limits and patience many times in pursuing your dreams. Do not give up, be persistent, keep going until you’ve reached your goals. Jika kalian terjatuh, MELOMPATlah lebih tinggi!”

YIS Graduation 2023
Wisudawan dari DP (atas) dan MYP (bawah)

Dalam rangkaian wisuda ini, para Koordinator Program juga menyampaikan apa saja pencapaian anak didiknya yang akan diwisuda. Setiap anak adalah unik, maka dari itu mereka juga memiliki pencapaiannya masing-masing. Tak kalah mengharukan adalah saat wisudawan Grade 12 menyampaikan kesan dan pesan mereka masing-masing. Baik untuk guru-guru, teman-teman, dan terutama untuk orang tua mereka. Sungguh merupakan momen yang tak akan terlupakan untuk acara graduation kali ini.

Setelah rangkaian prosesi wisuda selesai, acara dilanjutkan dengan hiburan. Semua siswa YIS terlibat dalam keseruan acara di malam hari itu. Sekali lagi, hiburan yang mereka suguhkan pun menggambarkan empat unsur alam. Mereka menyuguhkan performance terbaik mereka. Sungguh, sebuah kolaborasi yang indah dari siswa-siswa PYP, MYP, hingga DP.

See you next year!

YIS Graduation 2023 pun diakhiri dengan gala dinner. Seluruh guru, karyawan, siswa, orang tua, dan tamu undangan menikmati makan malam bersama. Seluruh meja yang disediakan di dalam ballroom tampak terisi penuh.

Last but not least, setiap anak memiliki karakter dan kepribadian masing-masing sebagaimana digambarkan dalam teori kepribadian dari empat unsur alam. Nah, ketika anak-anak ini mendapatkan pendidikan yang tepat yang mendukung potensi mereka kemudian satu sama lain bisa saling bekerja sama dengan baik maka akan tercipta harmoni.

Bagi Anda yang tertarik dengan pendidikan di Yogyakarta Independent School, silakan datang ke kampusnya di Jl. Tegal Mlati No.1 Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman
Email: info@yis-edu.org | Telp.: (0274) 5305147 | WhatsApp: +628112632442 

Ikuti juga aktivitas YIS yang up-to-date melalui akun
Instagram @yogyakartaindependentschool dan Facebook @yisedu

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *