Skip to content

3 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaru dari ASUS

Rekomendasi Laptop Gaming Terbaru – Mempunyai anak yang hobi ngegame membuat saya mau tidak mau harus mengenal dunianya. Mulai dari perangkat lunaknya, hingga ke perangkat kerasnya. Jaman belum marak game online, saya suka main game. Tetapi sejak game online membanjir, saya justru sudah malas main game. Mungkin juga karena faktor usia. Giliran anak pertama saya, Gen Z, yang sejak kecil sudah pegang gadget, makin ke sini ternyata makin mengarah untuk jadi gamer profesional. Ya sudahlah, selagi masih dalam batas wajar, saya dukung saja.

Selain main bareng dengan teman-temannya, tidak jarang juga si kakak ini live streaming saat memainkan game. online Dari situ dia tidak jarang mendapatkan rupiah. Walaupun belum banyak, namun itu cukup membuatnya senang dan memotivasinya untuk perform lebih baik lagi. Di kampusnya, dia pun gabung UKM e-Sport. Alhamdulillah sudah beberapa kali turut memeriahkan turnamen-turnamen e-sport antar perguruan tinggi. Pernah jadi juara? Alhamdulillah pernah.

Pada suatu sore setelah pulang kuliah, tiba-tiba dia bilang ke saya,“Buk, besok 3  hari lagi aku turnamen lho…” Mengingat di rumah biasanya ngegame dengan PC gaming, karena tidak mempunyai laptop gaming, lalu saya tanya,“Trus pakai laptop siapa, ‘kan Kakak tidak punya?” Lantas si kakak menjawab,“Tenang, sudah disediakan laptop gaming kok oleh panitianya.” Wahhhh, syukurlah kalau begitu, respon saya sambil bersyukur dalam hati. Sejak itu saya tenang saja setiap si kakak bilang akan maju turnamen. Saya tinggal mendukung dan mendoakannya.

Memang benar bahwa untuk urusan turnamen sudah tidak ada masalah, namun terpikir juga oleh saya suatu hari nanti bisa memiliki laptop gaming sendiri. Selain untuk memaksimalkan dukungan untuk si kakak, bisa juga digunakan oleh adiknya untuk tujuan yang sama. Kebetulan adiknya juga suka main game. Disamping itu, tidak ada salahnya juga pada saat si laptop sedang free, bisa saya gunakan untuk membuat konten-konten. Maklumlah, selama ini laptop saya masih laptop untuk urusan pekerjaan (kantoran). Tidak maksimal jika digunakan untuk membuat konten-konten yang kece.

rekomendasi laptop gaming

Rekomendasi Laptop Gaming Terbaru dari ASUS

Gayung bersambut, hari Rabu 20 Maret 2024 kemarin saya berkesempatan menghadiri gathering blogger ASUS. Acaranya diselenggarakan di The Alana Hotel sambil buka puasa bersama. Dalam kesempatan ini tim dari ASUS memperkenalkan tiga (3) laptop gaming terbaru yaitu:

  1. TUF Gaming A15, Pionir AI Gaming Laptop Paling Terjangkau: Dibekali prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series dengan Ryzen AI, chip grafis dengan max TGP, MUX switch, dan memiliki durabilitas tinggi berstandar US Military Grade.
  2. ROG Zephyrus G14, AI Gaming Laptop 14-inci Paling Tipis, Ringan, dan Powerful di Dunia: Tampil dengan bobot hanya 1,5 Kg, ketebalan 1,59 cm, dibekali layar OLED berteknologi VRR, serta ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series dengan Ryzen™ AI.
  3. ROG Zephyrus G16, Pelopor Thin and Light AI Gaming Laptop dengan Layar 16-inci: Memiliki desain bodi dengan bobot hanya 1,85 Kg, ketebalan 1,49 cm, dibekali layar OLED berteknologi VRR, serta ditenagai prosesor Intel® Core™ Ultra Series dengan Intel® AI Boost.

Penasaran dengan ketiga laptop gaming tersebut? Sama dong! Simak bareng-bareng yuk ulasannya berikut ini:

1. TUF Gaming A15

Setelah tampil sebagai pionir lini laptop gaming terjangkau dan laptop gaming berstandar US Military Grade, TUF Gaming kini menjadi pionir AI-powered gaming laptop paling terjangkau di Indonesia. Kehadiran jajaran TUF Gaming terbaru kali ini menandakan era kecerdasan buatan di laptop sekaligus menjadi entry point bagi gamers untuk menikmati AI-powered gaming laptop.

Yuk, mengenal lebih dalam laptop TUF Gaming A15 ini.

Superior AI and Gaming Performance

  • TUF Gaming A15 ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series yang telah dibekali oleh Ryzen AI dan menjadi pusat performa TUF Gaming A15 (FA507U). Yang paling membedakan prosesor ini dengan seri sebelumnya adalah terdapatnya NPU berbasis XDNA™ yang mampu menghadirkan performa pemrosesan AI hingga 40% lebih tinggi. Dengan demikian, TUF Gaming A15 (FA507U) bukan hanya sekadar tampil sebagai laptop gaming biasa, tetapi merupakan AI gaming laptop yang sesungguhnya.
  • TUF Gaming A15 (FA507U) juga dibekali GPU modern yang dapat mengakselerasi performa grafis dan AI lebih jauh lagi.
  • TUF Gaming A15 (FA507U) juga dibekali sistem pendingin canggih dengan dua kipas yang mampu menangani berbagai beban kerja, mulai dari gaming, content creation, hingga ekperimen AI.
  • TUF Gaming A15 (FA507U) juga dibekali dengan MUX Switch untuk memaksimalkan performa GPU dan memberikan fleksibilitas lebih kepada para pengguna AI gaming laptop ini.

Superior Durability

  • TUF Gaming A15 (FA507U) merupakan salah satu dari sedikit laptop gaming di dunia yang mengantongi sertifikasi los uji ketahanan berstandar militer AS (US Military Grade MIL-STD-810H). Sertifikasi tersebut membuktikan bahwa TUF Gaming A15 (FA507U) memiliki desain bodi yang lebih tanggguh dibandingkan dengan kompetitornya sehingga penggunanya dapat lebih tenang saat membawa AI gaming laptop ini bepergian.
  • ASUS juga menyediakan perlindungan berupa garansi internasional untuk service dan sparepart selama dua tahun. Untuk kerusakan akibat kelalaian pengguna, ASUS menyediakan perlindungan bernama ASUS Perfect Warranty di tahun pertama.

Performance For All

  • TUF Gaming A15 (FA507U) dirancang sebagai laptop untuk mereka yang membutuhkan AI gaming laptop berperforma tinggi.
  • TUF Gaming A15 (FA507U) sendiri hadir dengan prosesor AMD Ryzen™ 9 8945H yang memiliki konfigurasi 8 core dan 16 thread dengan clock speed hingga 5.2GHz.
  • AI gaming laptop ini juga dibekali dengan memori DDR5 5600 berkapasitas 16GB, serta penyimpananan PCIe Gen4 SSD berkapasitas 1TB.
  • TUF Gaming A15 (FA507U) hadir dalam dua varian, yaitu yang menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX 4060 dan RTX 4070.
  • TUF Gaming A15 (FA507U) dibanderol dengan harga mulai dari Rp 23.999.000.

Varian Baru yang Lebih Terjangkau

Bagi gamers dengan dana terbatas, ASUS juga menghadirkan TUF Gaming A15 (FA506N) yang hadir khusus sebagai budget gaming laptop. TUF Gaming A15 (FA506N) ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 5 7535HS yang menggunakan konfigurasi 6 core dan 12 thread dengan clock speed hingga 4.55GHz, serta pilihan GPU antara NVIDIA GeForce RTX 2050 dan RTX 3050. Untuk harganya, TUF Gaming A15 (FA506N) dibanderol dengan harga mulai dari Rp 12.049.000.

2. ROG Zephyrus G14

ROG Zephyrus G14 (GA403), seri terbaru dari jajaran ROG Zephyrus G14 yang telah menjadi laptop gaming 14-inci paling populer di dunia. ROG Zephyrus G14 (GA403) kembali menetapkan standar baru untuk desain sebuah laptop gaming dan tampil sebagai AI Gaming Laptop 14-inci Paling Tipis, Ringan, dan Powerful di Dunia.

Keunggulan dari laptop ini adalah:

  1. Ultra Thin and Light
  2. Powered by AI
  3. World’s 1st OLED Gaming Laptop with VRR

Yuk, mengenal lebih dalam laptop ROG Zephyrus G14 ini.

Ultra Thin and Light

  • Laptop gaming ini menggunakan CNC-machined chassis yang lebih ringan dan kokoh dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Penggunaan chassis tersebut juga memungkinkan ROG Zephyrus G14 (GA403) tampil lebih tipis dan ringan.
  • ROG Zephyrus G14 (GA403) yang mengusung layar 14-inci memiliki bobot hanya 1,5 kg dan ketebalan 1,59 cm.
  • Penggunaan CNC-machine chassis juga memungkinkan ROG Zephyrus G14 (GA403) memiliki ruang ekstra untuk keyboard serta sistem audio yang lebih baik.
  • ROG Zephyrus G14 (GA403) hadir dengan desain edge-to-edge keyboard yang memiliki ukuran tombol lebih besar serta jarak antar tombol lebih rapat sehingga dapat meningkatkan kenyamanan penggunanya.
  • ROG Zephyrus G14 (GA403) merupakan laptop gaming yang telah didukung oleh teknologi audio dari Dolby Atmos.
  • Dibekali speaker yang ukurannya 25% lebih besar dari generasi sebelumnya, sehingga dapat menghasilkan suara 40% lebih kencang.
  • Hadir dengan fitur Slash Lighting, lampu LED indikator eksklusif yang berada di balik layar laptop gaming ini. Slash Lighting dapat dikustomasi untuk menampilkan pola tertentu lewat aplikasi Armoury Crate yang sudah terpasang di ROG Zephyrus G14 (GA403). Slash Lighting membuat AI gaming laptop ini tampil unik sekaligus lebih modern.

Powered by AI

  • ROG Zephyrus G14 (GA403) adalah salah satu laptop gaming pertama di Indonesia yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series yang telah dibekali oleh Ryzen AI, fitur yang mengkombinasikan CPU, GPU, dan NPU untuk mengakselerasi performa pemrosesan AI. Sehingga performanya lebih superior dibandingkan pendahulunya, juga lebih optimal serta efisien dalam hal pemrosesan AI.
  • Yang paling membedakan prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series ini dengan seri sebelumnya adalah terdapatnya NPU berbasis XDNA™ yang mampu menghadirkan performa pemrosesan AI hingga 40% lebih tinggi. Dengan adanya NPU tersebut, maka ROG Zephyrus G14 (GA403) dikategorikan sebagai AI gaming laptop.
  • ROG Zephyrus G14 (GA403) dibekali dengan GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 4060 yang dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk memproses grafis di dalam game, tetapi juga mengakselerasi pemrosesan encoding dan rendering pada aplikasi kreatif, hingga mendukung untuk eksperimentasi AI.
  • Dibekali sistem pendingin ROG Intelligent Cooling yang ditenagai tri-fan technology serta liquid metal sebagai thermal compound pada CPU dan GPU-nya, sehingga dapat selalu beroperasi dengan optimal di berbagai aktivitas bahkan dengan suara kipas yang lebih senyap dibandingkan laptop gaming pada umumnya.

World’s 1st OLED Gaming Laptop with VRR

  • ROG Zephyrus G14 (GA403) layarnya menggunakan ROG Nebula Display.
  • Layar ROG Zephyrus G14 (GA403) telah menggunakan panel OLED yang sudah dibekali teknologi variable refresh rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC.
  • Penggunaan layar OLED memastikan tingkat reproduksi warna yang lebih tinggi dan akurat dengan color gamut 100% DCI-P3 serta delta-E < 1. Tidak hanya itu, layar OLED di ROG Zephyrus G14 (GA403) memiliki rasio kontras yang sangat tinggi, mengantongi sejumlah sertifikasi standar industri, mendukung teknologi HDR, dan yang paling penting adalah memiliki response time 0.2 ms yang jauh lebih cepat dibandingkan layar laptop gaming pada umumnya.

3. ROG Zephyrus G16

ROG Zephyrus G16 (GU605), laptop 16-inci paling tipis, ringan, dan powerful di dunia. ROG Zephyrus G16 (GU605) hadir sebagai pelopor thin and light AI gaming laptop, yaitu tidak ada laptop gaming dengan layar 16-inci di dunia yang memiliki desain setipis dan seringan ROG Zephyrus G16 (GU605).

Keunggulan dari laptop ini adalah:

  1. Thinnest and Lightest
  2. Powered by AI
  3. World’s 1st OLED Gaming Laptop with VRR

Yuk, mengenal lebih dalam laptop ROG Zephyrus G16 ini.

Thinnest and Lightest

  • Penggunaan CNC-machined chassis yang lebih ringan dan kokoh memungkinkan ROG Zephyrus G16 (GU605) tampil lebih tipis dan ringan.
  • ROG Zephyrus G16 (GU605) yang mengusung layar 16-inci memiliki bobot hanya 1,85 kg dan ketebalan 1,49 cm. Tidak bisa diragukan lagi bahwa ROG Zephyrus G16 (GU605) merupakan laptop gaming 16-inci paling tipis dan ringan di dunia.
  • Penggunaan CNC-machine chassis juga memungkinkan ROG Zephyrus G16 (GU605) memiliki ruang ekstra untuk keyboard serta sistem audio yang lebih baik.
  • ROG Zephyrus G16 (GU605) hadir dengan desain edge-to-edge keyboard yang memiliki ukuran tombol lebih besar serta jarak antar tombol lebih rapat sehingga dapat meningkatkan kenyamanan penggunanya. Keyboard tersebut juga ditemani oleh touchpad yang ukurannya jauh lebih besar dari generasi sebelumnya, sehingga memungkinkan navigasi dan kontrol yang lebih baik.
  • ROG Zephyrus G16 (GU605) merupakan laptop gaming yang telah didukung oleh teknologi audio dari Dolby Atmos.
  • Dibekali speaker yang ukurannya 25% lebih besar dari generasi sebelumnya, sehingga dapat menghasilkan suara 40% lebih kencang.
  • ROG Zephyrus G16 (GU605) juga kini tampil lebih modern dengan hadirnya fitur Slash Lighting, lampu LED indikator eksklusif yang berada di balik layar laptop gaming ini. Slash Lighting dapat dikustomasi untuk menampilkan pola tertentu lewat aplikasi Armoury Crate yang sudah terpasang di ROG Zephyrus G16 (GU605). Slash Lighting membuat AI gaming laptop ini tampil unik sekaligus lebih modern.

Powered by AI

  • ROG Zephyrus G16 (GU605) adalah salah satu laptop gaming pertama di Indonesia yang ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series yang telah dibekali oleh Ryzen AI.
  • Prosesor Intel® Core™ Ultra Series membuat ROG Zephyrus G16 (GU605) tidak hanya tampil dengan performa yang lebih superior dibandingkan pendahulunya, tetapi juga lebih optimal serta efisien dalam hal pemrosesan AI.
  • Yang paling membedakan prosesor ini dengan seri sebelumnya adalah terdapatnya NPU Intel® AI Boost yang mampu mengakselerasi seluruh pemrosesan aplikasi berbasis AI. NPU tersebut adalah faktor utama mengapa ROG Zephyrus G16 (GU605) dapat menyandang gelar sebagai AI gaming laptop.
  • ROG Zephyrus G16 (GU605) dibekali dengan GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 4080 yang dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk memproses grafis di dalam game, tetapi juga mengakselerasi pemrosesan encoding dan rendering pada aplikasi kreatif, hingga mendukung untuk eksperimentasi AI.
  • Dilengkapi sistem pendingin ROG Intelligent Cooling yang ditenagai tri-fan technology serta liquid metal sebagai thermal compound pada CPU dan GPU-nya, sehingga dapat selalu beroperasi dengan optimal di berbagai aktivitas bahkan dengan suara kipas yang lebih senyap dibandingkan laptop gaming pada umumnya.

World’s 1st OLED Gaming Laptop with VRR

  • ROG Zephyrus G16 (GU605) ada pada layarnya yang menggunakan ROG Nebula Display.
  • Layar ROG Zephyrus G16 (GU605) telah menggunakan panel OLED yang sudah dibekali teknologi variable refresh rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC.
  • Penggunaan layar OLED memastikan tingkat reproduksi warna yang lebih tinggi dan akurat dengan color gamut 100% DCI-P3 serta delta-E < 1. Tidak hanya itu, layar OLED di ROG Zephyrus G16 (GU605) memiliki rasio kontras yang sangat tinggi, mengantongi sejumlah sertifikasi standar industri, mendukung teknologi HDR, dan yang paling penting adalah memiliki response time 0.2 ms yang jauh lebih cepat dibandingkan layar laptop gaming pada umumnya.

Apa itu ROG?

Dua dari tiga rekomendasi laptop gaming di atas tadi saya banyak sekali menyebut ROG. Apa sih ROG?

Republic of Gamers (ROG) adalah sub-merek ASUS yang memproduksi perangkat lunak dan perangkat keras gaming terbaik di dunia. Dibentuk pada tahun 2006, ROG menawarkan jajaran lengkap produk inovatif yang dikenal karena performa dan kualitasnya, termasuk motherboard, kartu grafis, komponen sistem, laptop, desktop, monitor, smartphone, perlengkapan audio, router, periferal, dan aksesori. ROG berpartisipasi dalam dan mensponsori acara-acara gaming besar internasional. Perangkat gaming ROG telah digunakan untuk membuat ratusan rekor dan terus menjadi pilihan yang disukai para gamer dan penggemar di seluruh dunia.

Sejujurnya, saya tidak pernah menggunakan laptop dari ASUS. Selama ini saya menggunakan laptop standar saja dengan bentuk keyboard yang biasa-biasa juga. Jadi, begitu mengenal laptop dari ASUS, khususnya TUF Gaming dan ROG Zephyrus tadi, saya merasakan sensasi laptop yang sungguh sangat berbeda meskipun masih sebatas nyobain ketik-ketik dan scroll-scroll dengan keyboardnya!

Back to cerita di awal tadi yaitu pengin mendukung anak-anak dalam rangka kegiatan e-sportnya, sudah saatnya saya memantaskan diri untuk mengenal lebih dekat produk-produk laptop gaming dari ASUS ini. O iya, satu hal yang menarik adalah ROG Zephyrus juga sangat cocok buat content creator loh…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *