Training Seluk Beluk Job Review

Bagi saya, monetizing blog adalah sesuatu yang baru mulai saya kerjakan, meskipun sebenarnya sudah tahu lama bahwa blog bisa menghasilkan uang.

Lalu apa masalahnya dulu dan apa solusinya sekarang?

Masalahnya dulu saya bingung mau belajar ke siapa, terutama bingung mulai nanya dari mana. Jadi setiap ada pertemuan komunitas blogger saya malah lebih banyak bengong 😀 . Nah.. sekarang, sejak kira-kira pertengahan tahun 2016 kemarin saya ketemu dengan komunitas menulis dimana disitu ada mentor bloggingnya, baru deh saya mulai paham.

Pertama kali dapat penawaran Content Placement saya sempat kaget, bingung kudu gimana, makin bingung karena bayarannya gede untuk new player seperti saya. Hihihi.. sebelum ngapa-ngapain saya konsultasi dulu dengan mentor blogging saya yaitu mba Widyanti Yuliandari, selanjutnya lancar dehhh.. Trus mulai berdatangan job-job sponsored post, alhamdulillah.

Sampai disitu, sejujurnya saya belum punya ilmunya, asli masih otodidak. Asal jalan dan yang penting nambah jam terbang aja dulu, gitu.. Nahhh, suatu hari mba Widyanti bilang kalo mau bikin training tentang seluk beluk job review. Wow…. langsung donk saya sambut dengan gembira!

Dan alhamdulillah, trainingnya sudah berjalan, sudah dimulai sejak 25 Februari 2017 yang lalu. Sampai hari ini pendampingan masih berjalan, insyaallah besok akan ditambah materi baru lagi.

Di training sesi pertama, beberapa hal penting yang saya dapatkan adalah antara lain:
1. Alasan-alasan blogger menulis review (sharing experience, mendapatkan traffic, job, membantu teman, dll).
2. Bagaimana membuat review yang baik (jujur, ejaan benar, legalitas produk, cari info sebanyak-banyaknya tentang produk yang direview, gunakan your own style).
3. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun blog (traffic, tampilan, konten, kemudahan komunikasi, dukungan sosial media).
4. Bagaimana mendapatkan job review berbayar (join komunitas/network, bangun pertemanan dengan sesama blogger, lewat agensi, lewat marketplace).
5. Parameter blog (bukan lagi page rank tapi DA / PA).
6. Mengoptimalkan social media.
7. Membangun hubungan baik dengan klien.

Nahh.. di sesi kedua nih bagian yang lebih teknis karena mempelajari tentang apa saja perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk job reviewer. Beberapa hal penting yang saya dapatkan adalah antara lain:
1. Blog dengan Top Level Domain, bukan blog gratisan.
2. Foto berkualitas is a must. Nah disini kami dikasih tips oleh mba Widyanti gimana menghasilkan foto yang bagus meskipun hanya menggunakan handphone.
3. Tools untuk foto dan grafis.
4. Penggunaan canva.com untuk blog titling, pembuatan Profile, pembuatan Ratecard.
5. Ratecard (berani menentukan rate/harga untuk setiap job yang diterima).
6. Google Analytic (cek pageview, cek audience, report).
7. Tulisan softselling atau hardselling.
8. Berikan nilai tambah kepada klien.

Dengan mengikuti training ini, lambat laun saya jadi semakin paham. Dah yaa… segitu aja dulu, saya mau melanjutkan trainingnya lagi 🙂

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging, tips blog ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *