AccessTrade Caravan 2018 di Yogyakarta

Sabtu 28 Juli 2018 adalah hari yang saya tunggu-tunggu. Hari Jum’at sudah saya tetapkan sebagai hari deadline pekerjaan yang hasilnya diminta big boss. Sudah saya niatkan bahwa Sabtu tidak boleh diganggu oleh pekerjaan kantor. Jujur, saya penasaran dengan event AccessTrade Caravan 2018 yang diselenggarakan di 7 kota besar dimana salah satunya adalah di kota Yogyakarta. Lebih penasaran lagi karena bakalan disuguhi ilmu tentang per-SEO-an. Dan tambah satu penasarannya ketika disarankan untuk install aplikasi Digibank di handphone 😀 . Wislah.. pokoke manut saja sama apapun yang diinstruksikan oleh Atanasia Rian (Komunitas Blogger Jogja).

Hari yang dinantikan pun tiba. Jam 2-an siang saya sudah siap-siap dari rumah. Bersyukur baby Dimas sedang bobok siang sehingga saya tinggal menitipkannya pada ayahnya. Seperti biasa saya menggunakan Go Ride menuju Hotel Horaios Malioboro.

Sampai disana ternyata sudah banyak yang datang. Saya langsung menuju meja absensi sesuai petunjuk Rian. Setelah itu saya masuk ke ruangan (Merapi 2) dan mengambil kursi di baris kedua.

Jam 3-an sore, sebelum acara dibuka kami berkesempatan menikmati coffee break terlebih dahulu. Ada teh panas, kopi panas, dan snack. Lumayan mengganjal perut hingga nanti waktunya dinner.

Setelah itu acara dimulai, dipandu oleh MC Tulus Angga Wijaya.

Sesi pertama adalah presentasi singkat dari AccessTrade Indonesia yang diwakili oleh  Miss Mizuho Yamamoto selaku Project Officer dari AccessTrade. Miss cantik ini asalnya dari Jepang namun sudah pandai berbahasa Indonesia (belajarnya di Jogja juga).

Apa sih AccessTrade itu? Belum tahu ya? Samaaaa! Saya juga baru ini mencari tahu.

Jadi, ACCESSTRADE adalah platform afiliasi asal Jepang yang sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2013. Fungsi ACCESSTRADE adalah sebagai penghubung antara pemasang iklan dengan pemilik website yang ingin memasang iklan di web/blognya. ACCESSTRADE memberikan komisi kepada pemilik website dari setiap transaksi yang terjadi.

Sedangkan AccessTrade Caravan sendiri adalah sebuah ajang workshop blogger, untuk mendapatkan pengetahuan tentang dunia digital khususnya internet marketing, agar blogger mampu mendapatkan penghasilan yang maksimal. Workshop ini akan dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia yaitu Jakarta, Yogyakarta, Medan, Bandung, Cirebon, Surabaya, dan Makassar. ACCESSTRADE CARAVAN 2018 merupakan rangkaian dari event ACCESSTRADE AWARD 2019, dimana penghargaan ini dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi ACCESSTRADE Indonesia terhadap kinerja blogger. Workshop ini terbuka untuk blogger umum, dengan pembicara yang pakar di bidangnya, blogger bisa langsung melakukan NGE-BLOG ON THE SPOT.

Halaman depan website AccessTrade Indonesia (https://accesstrade.co.id/)

Bersyukur banget saya termasuk salah satu blogger yang diundang hadir ke acara ini. Selanjutnya untuk menambah pengalaman (baca: penghasilan) baru saya coba bergabung di AccessTrade sebagai Publisher karena saya memiliki blog/website dan tertarik memasang iklan untuk mendapatkan penghasilan.

Sesi kedua adalah presentasi dari bank DBS yang diwakili oleh Rizka Abrar. Satu aplikasi mobile ditawarkan oleh Bank DBS yaitu Digibank. Dari paparan Rizka, saya bisa menyimpulkan bahwa apa yang ditawarkan oleh bank DBS ini keren abis! Full digital pastinya. Dan masih banyak benefit-benefit lain yang akan saya ceritakan di postingan lain.

Sesi terakhir dan ini yang ditunggu-tunggu adalah Didik Arwinsyah yang berbagi ilmu tentang SEO. Didik Arwinsyah, tinggal di Yogyakarta, adalah seorang pakar internet marketing dan pakar SEO yang sudah tidak diragukan lagi. Saya suka dengan cara penyampaiannya yang sederhana dan mudah dipahami. Jujur, saya pribadi baru pertama kali ini mengenal sosok Didik Arwinsyah 😀

Bagi saya yang sudah (mulai) serius ngeblog, SEO itu penting. Meskipun konon banyak yang bilang bikin pusing, tapi bisa dipelajari koq. Oiya selama ini sih saya mempraktekkannya lewat penggunaan plugin Yoast SEO. Nah, dengan menyimak sharing dari Didik Arwinsyah ini beberapa hal yang saya masih buta, alhamdulillah makin mengerti.

Dalam event kali ini diumumkan juga bahwa ada kompetisi blog yang mengupas tentang Digibank. So pasti ga akan jauh-jauh deh dari dunia SEO :D. Dannn para blogger yang hadir di acara ini wajib donk ikutan kompetisi ini.

Ahhh.. iyaaa… sebelum kelupaan, di acara ini para peserta selain mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat serta free coffee break dan free dinner, juga mendapatkan goodie bag berupa tas kanvas dan voucher belanja dari perfectbeauty.id. Tadi juga ada pembagian doorprize, sayangnya saya belum beruntung.. hiks..

goodie bag

Dan akhirnya, sebelum meninggalkan ruangan workshop untuk menikmati hidangan makan malam dan dilanjutkan pulang ke rumah masing-masing, acara ditutup dengan berfoto bersama.

Terimakasih Komunitas Blogger Jogja, AccessTrade Indonesia, Digibank by DBS, dan mas Didik Arwinsyah, atas ilmu dan pengalaman yang luar biasa di malam Minggu terakhir di bulan Juli ini 🙂

Referensi:
– https://accesstrade.co.id/
– https://caravan.accesstrade.co.id/

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner "Pak Boss Catering" & "Kedai Pak Boss"
reportase, tips online , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *