Mengatur Uang eh Keuangan

PhotobucketBerhubung kemarin-kemarin crowded banget dengan masalah keuangan, maka aku benar-benar pengin membenahi keuanganku. Sudah ada beberapa keputusan yang kuambil untuk menyelamatkan kondisi keuanganku. Rasanya tidak etis kalo disebutkan disini ya.. hehehe..

Trus.. tadi benah-benah container di ruang kerjaku eh ketemu lagi dengan buku yang pernah kubeli dulu, judulnya “Mantap Dalam 30 Hari Mengatur Keuangan”.

Nah.. bagi yang sedang bermasalah dengan keuangan, ga ada salahnya untuk membaca artikel berikut ini:

Suka atau tidak, uang memang penting. Semua orang membutuhkannya dan harus mengetahui cara menggunakan, menangani, serta mendapatkannya. Beberapa orang memang terlihat sangat berbakat dalam mengatur keuangan, menghasilkan uang yang sangat banyak, dan hidup dalam kemewahan. Yang lain sekedar merasa nyaman dengan uang yang mereka miliki sehingga tidak pernah merasa khawatir. Lalu, ada pula orang yang merasa tidak pernah memiliki cukup uang, sangat khawatir dan menghabiskan uang yang sedikit itu dengan cepat, atau sebaliknya memegang uang dengan begitu erat sehingga tidak pernah menikmati apa yang mereka miliki.

Seperti apakah hubungan Anda dengan uang?

Bacalah pernyataan di bawah ini dan carilah yang paling tepat untuk mendeskripsikan Anda. Tandai pernyataan yang sesuai, kemudian tambahkan deskripsi lain yang ada dalam pikiran Anda. Anda boleh mengidentifikasikan diri dengan lebih dari satu pernyataan.

  1. Anda menghasilkan banyak uang, tetapi Anda menghabiskannya lebih cepat daripada mendapatkannya.
  2. Anda menhasilkan cukup uang dan selalu bisa hidup seadanya, namun tidak pernah merasa puas secara keuangan.
  3. Anda menggenggam uang Anda erat-erat dan merasa berat setiap kali harus menggunakannya.
  4. Anda cukup pintar dalam menangani masalah keuangan sehari-hari. Namun, masalah-masalah yang lebih berat, seperti uang pensiun dan investasi, menjadi sebuah misteri bagi Anda.
  5. Anda sama sekali tidak mengetahui cara mengatur keuangan. Anda pun merasa tidak memegang kendali jika sudah menyangkut hal-hal keuangan.
  6. Anda sering kali tidak memiliki uang. Jika sedang merasa sedih, Anda menghabiskan uang yang sebenarnya tidak Anda miliki.
  7. Anda memiliki penghasilan yang sangat rendah dan sudah muak memperjuangkannya.
  8. Anda selalu meminjam uang dari teman atau keluarga, berutang, atau terus membeli barang sampai melebihi batas kredit.
  9. Anda sama sekali tidak mengetahui jumlah utang yang Anda miliki, tetapi kemungkinan besar jumlahnya sangat banyak.
  10. Anda merasa sangat malu dengan masalah keuangan yang Anda buat, tetapi enggan untuk meminta bantuan.

Berapa pun banyaknya kebenaran dari pernyataan di atas mengenai Anda, janganlah merasa gaga. Anda tidak sendirian! Sebagian besar orang mempunyai masalah dalam mengatur keuangan. Kita menghabiskan uang lebih banyak dari yang dihasilkan serta selali merasa kekurangan uang dan gelisah. Begitu banyak orang yang menghabiskan uang lebih banyak dari yang mereka miliki. Masalah keuangan juga dapat membuat banyak orang tidak percaya diri dan selalu merasa cemas.

Untungnya masalah-masalah ini dapat dipecahkan. Siapa pun dapat belajar untuk menjadi lebih baik dalam menangani keuangan. Tidak ada misteri, keajaiban, atau keterampilan yang sulit untuk dipelajari jika menyangkut uang. Anda hanya membutuhkan tekad, kemampuan untuk bertahan, keinginan untuk melakukan segalanya secara berbeda, serta kemauan untuk memperluas cara berpikir. Putuskanlah hari ini bahwa Anda akan menjadikan uang sebagai sahabat dan bukannya musuh. Pilihlah keberhasilan keuangan daripada kegagalan.

(dikutip dari “Mantap Dalam 30 Hari Mengatur Keuangan” oleh Caro Handley)

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *