Langkah-langkah Hidup Lebih Bahagia

Di zaman modern ini, banyak hal yang membuat kita sedih sampai seluruh hidup seperti sumber kesedihan. Benarkah situasi begitu buruk?

Kemungkinan persepsi kita tentang realita yang membuat kita merasa begitu depresi. Ini berarti mengubah persepsi bisa mengubah perasaan kita. Caranya cukup mudah. Baca langkah-langkah untuk bahagia dan coba paling sedikit 10 diantaranya untuk mencapai tujuan Anda.

1. Jalan kaki setiap hari dan habiskan waktu tidak kurang dari 20-30 menit di udara terbuka. Yang dimaksud dengan jalan kaki disini adalah hanya jalan saja tanpa tujuan dan menikmati prosesnya. Jalan terburu-buru ke supermarket atau ke kantor tidak masuk dalam kategori ini.

2. Habiskan waktu paling sedikit 8 jam untuk tidur yang sangat penting untuk organisme untuk berfungsi baik. Anda akan merasa lebih optimistik ketika bangun pagi.

3. Cari waktu untuk mndengarkan musik lembut, meditasi, berkhayal. Ketika melakukan itu, lupakan masalah-masalah dan hanya berpikir positif.

4. Jangan membatasi diri bergaul hanya dengan orang-orang seusia. Bicara dengan anak-anak dan orang lanjut usia dan Anda akan melihat betapa bedanya visi mereka tentang hidup. Hidup akan tampak lebih cerah dan lebih menarik untuk Anda.

5. Luangkan waktu untuk menyendiri. Duduk hening di suatu tempat dan konsentrasi pada perasaan-perasaan dan sensasi-sensasi. Lakukan setiap hari.

6. Berpartisipasi dalam game, baik pikiran maupun yang aktif. Main bola dengan anak, isi teka teki silang, cari sesuatu yang lain dari yang Anda lakukan secara teratur.

7. Belajar bahasa asing. Dengarkan lagunya, nonton filmnya. Jika perlu, mulai belajar bahasa yang Anda kuasai. Anda akan punya kesempatan bicara dengan orang yang tidak berasal dari lingkungan sosial Anda yan biasa.

8. Maafkan semua orang untuk segala sesuatu. Tujuan utama disini adalah memaafkan didalam jiwa. Tak perlu memberi tahu siapa pun bahwa Anda sudah memaafkan mereka. Lakukan untuk diri sendiri.

9. Jangan mencoba melupakan kesedihan Anda dengan kerja keras. Ini tak akan membantu. Menurut Freud, ini hanya berubah bentuk dan akhirnya Anda akan mulai benci pekerjaan Anda.

10. Pergi ke klub, dansa, cari teman baru.

11. Ketika bangun di pagi hari, jangan langsung lompat dari tempat tidur. Baring sebentar, berkhayal tentang masa depan Anda.

12. Tambahkan 3E ke dalam hidup Anda: Enthusiasm, Energy, dan Emphaty.

13. Jadi jiwa untuk perusahaan Anda, coba menghibur orang-orang yang dekat, yang akrab, dan bahkan orang tak dikenal. Anda akan merasa senang juga.

14. Baca buku. Jangan anggap hanya orang gagal yang baca buku. Edukasi dan pengetahuan ekstensif penting sekarang. Selain itu, Anda akan menikmati dunia baru.

15. Menurut para ahli, Anda harus sarapan dan makan siang sementara makan malam tidak penting. Itu benar, tentu saja, tapi setiap organisme itu beda. Jadi, hanya Anda yang tahu kapan terbaik untuk makan dan apa yang dimakan. Manjakan diri sendiri dari waktu ke waktu.

16. Jangan fokus pada hal-hal yang sudah Anda miliki sejak lama. Coba sesuatu yang baru: makeup, parfum,busana, dan lain-lain. Ini akan membuat Anda bahagia. Percayalah!

17. Jangan ingat kejadian buruk di masa lalu dan jangan mengingatkan orang-orang disekitar Anda tentang itu. Hidup saat ini dan disini.

18. Ingin bicara? Telepon teman kendati pun sudah berabad-abad Anda tidak bicara dengan mereka. Tanya bagaimana keadaannya, apa kabarnya. Ini akan membantu Anda merasa terlibat dan bergaul dengan orang lain.

19. Senyum jika mereka sedih. Lakukun kendati pun perlu banyak upaya. Ini akan memperbaiki perasaan Anda.

20. Jika punya kesempatan, makan buah dipetik langsung dari pohonnya, sayuran dari kebun, dan susu dari sapi yang diperah. Para ahli mengatakan, isolasi dari alam adalah sumber masalah dan ketidakpuasan dengan hidup kita.

21. Minum lebih banyak air putih.

22. Jika tak bisa mengubah situasi, biarkan apa adanya dan jangan khawatir. Seorang pria pernah berkata,”Jika saya dioperasi, orang yang harus cemas adalah dokter bedahnya, bukan saya. Saya tak bisa melakukan apa pun.”

23. Mandi aroma, manjakan diri sendiri dengan lilin aromatik dan prosedur spa.

24. Menggambar. Jangan bilang Anda tak bisa. Kini, semua gambar dianggap kreatif.

25. Mulai nonton film seri menarik dan Anda akan merasa bahagia beberapa malam.

26. Ubah lingkungan. Jalan di tempat-tempat yang tak pernah Anda datangi, kunjungi kota lain. Jika bisa bepergian, cari waktu untuk itu.

27. Lebih dekat dengan alam – baring di rumput, salju, pasir. Berenang di laut, sungai. Petik berry dan jamur.

28. Nonton konser, pameran, film, secara singkat, jadi bagian dari masyarakat.

29. Tak ada orang yang bisa membuat Anda bahagia selain Anda.

30. Singkirkan kebencian. Apa rasanya hidup untuk membenci seseorang?

31. Jangan terlalu memaksa diri sendiri. Jika Anda tak bisa mengerjakan sesuatu hari ini, Anda akan mengerjakannya besok.

32. Cari kekuatan untuk menertawakan kesalahan-kesalahan Anda sendiri seperti Anda menertawakan orang lain.

33. Belajar menunggu secara sabar sampai masalah diselesaikan dan berpikir secara positif.

34. Kadang untuk menang kita harus mengalah. Pikirkan itu.

35. Anda bukan orang lain dan jangan selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

36. Jangan bekerja berlebihan. Kerjakan tugas yang bisa dikerjakan, selesaikan dan marasa bahagia untuk itu.

37. Membelanjakan uang untuk diri sendiri menyenangkan sekaligus berguna.

38. Hanya orang tak berharga yang tak punya musuh. Semakin banyak yang Anda raih, Anda punya semakin banyak musuh rahasia dan musuh nyata.

39. Anda harus bisa berhenti dari pekerjaan buruk, tinggalkan buku yang membosankan, stop ngobrol dengan orang yang membuat Anda marah. Anda hanya punya 1 hidup dan tidak harus dihabiskan untuk hal-hal kecil.

40. Iri itu tak ada gunanya. Anda sudah punya segalanya atau akan punya segala sesuatu yang Anda perlukan dalam hidup.

41. Lebih sering telepon orangtua, keluarga, dan kerabat Anda.

42. Beri hadiah kepada orang, beri mereka bagian dari diri Anda dan mereka akan membalas Anda dengan yang sama.

43. Cari hobi baru untuk diri sendiri: dansa, menyulam, membuat perhiasan plastik dan lain-lain.

44. Pelihara hewan yang membuat Anda senang setiap kali Anda pulang ke rumah.

45. Ingat, Anda punya semua yang terbaik di depan Anda.

sumber: AURA edisi 43 / Th.XV / Des 2011

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
aku & blogging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*