Perjalanan 32 Minggu

Sebelumnya, saya ke dokter obsgyn adalah tanggal 6 Juli 2017. Hasilnya dirujuk untuk kontrol sebulan kemudian yang artinya 6 Agustus 2017. Tapi karena dokter Detty di RS Hermina sedang cuti, akhirnya mendaftar untuk kontrol tanggal 9 Agustus 2017.

Bersyukur untuk mendapatkan rujukan kedua dari dokter Faskes 1 tidak mengalami kendala. Kebetulan pas ke Apotek Kolombo, yang praktek adalah dokter Nindya. Belio sudah tahu kasus saya. Akhirnya langsung dikasih rujukan untuk kontrol, mengingat kehamilan saya adalah kehamilan dengan resiko tinggi.

USG 9 Agustus 2017

Waktu pemeriksaan tanggal 6 Agustus 2017 yang lalu, saya lupa motret hasil USG. Kirain berkas-berkas dikembalikan seperti periksa-periksa sebelumnya di Panti Rapih. Namun ternyata periksa dengan KIS, semua berkas diambil oleh kasir. Jadilah saya ga punya copy-nya. Belajar dari itu, maka hasil foto USG yang sekarang saya sempatkan saya potret dulu sebelum diambil oleh kasir.

Periksa kali ini kehamilan saya sudah berusia 32 minggu 2 hari (32W2D). Berat janin sudah 2043 gram. Detak jantung normal. Sayangnya posisinya masih sungsang (kaki di bawah & kepala di atas), jadi kepala belum masuk ke jalan lahir. Meskipun nanti lahirannya bakalan SC, tapi rasanya tetep saya pengin calon baby ini berada dalam kondisi dan posisi yang normal. Semoga aja dalam waktu dekat bisa berada dalam posisi normal. Mohon bantuan doanya ya, temen-temen pembaca…

Semakin besar kandungan, yang sering saya rasakan adalah tidur menjadi kurang nyaman. Mau telentang ‘kan ga boleh ya.., musti dibanyakin miring ke kiri, karena itu posisi yang pas untuk calon baby. Nah, kalo udah ngerasa capek miring kiri, saya tidurnya setengah duduk. Jadi, bantal ditinggikan. Enggak telentang banget, tapi juga enggak miring. Nanti kalo udah nyaman, berusaha miring ke kiri lagi.

Oiya menurut HalloBumil, ukuran fisik janin sekarang adalah sebesar nanas. Kebayang yaa..? Paru-paru dan rambut halus sudah terbentuk. Kulit bayi akan semakin sempurna, warnanya akan tidak terlalu kemerahan dan semakin bertambah kenyal. Calon baby juga sudah mulai berlatih untuk bernapas sendiri supaya nanti tidak kaget ketika dilahirkan dan harus bisa bernapas sendiri.

Demikian update sampai hari ini, doakan kami sehat-sehat senantiasa yaa…

 

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging, tips ibu hamil ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *