Tumbuh Kembang Dimas: Imunisasi Polio 3 & DPT+HiB+HB 3

Setelah imunisasi sebulan yang lalu, jadwal berikutnya adalah 4 Maret 2018 yaitu imunisasi Polio 3 dan DPT+HiB+HB 3. Sama seperti sebelumnya, lagi-lagi paha kanan dan kiri Dimas disuntik. Alhamdulillah Dimas sehat, tidak sedang sakit atau demam, sehingga bisa langsung disuntik vaksin hari itu juga.

Imunisasi kali ini saya bawa kembali Dimas ke tempat praktek Bidan Dini Melani. Pas disuntik, Dimas menangis kenceng, sampai-sampai 3 orang yang memegangnya hehe…

Imunisasi Polio 3 & DPT+HiB+HB 3

Dimas usia 5 bulan 3 hari, berat 7,8 kg, panjang 66 cm, sedang imunisasi Polio 3 & DPT+HB+HiB 3

Sebelum disuntik vaksin, seperti biasa dicek dulu temperaturnya, alhamdulillah normal sekitar 36 derajat Celcius. Setelah itu Dimas ditimbang, kali ini berat badannya 7,8 kg. Diukur juga lingkar kepalanya, sayangnya saya lupa bertanya. Dan terakhir diukur panjang badannya, alhamdulillah sudah 66 cm.

Sepulang dari imunisasi, Dimas agak rewel. Saya tidak tahu pasti apakah karena efek dari bekas suntikan atau karena udara memang gerah. Hanya saja rewelnya tidak sedahsyat sebulan yang lalu. Kali ini masih mudah boboknya.

Menjelang malam hari, saya berjaga-jaga dengan termometer dan obat penurun panas (Sanmol drop), mengingat sebulan yang lalu sempat mengalami demam sebagai KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi). Namun ternyata semalaman Dimas tidak mengalami demam, suhunya normal terus sejak mulai bobo’ hingga bangun tidur di pagi harinya.

Biaya imunisasi kali ini cukup Rp 100.000,- saja karena tidak ada tambahan obat penurun panas. Kalau mau gratis, menurut informasi beberapa teman saya, imunisasi bisa dilakukan di Puskesmas atau Posyandu. Tapi masalahnya adalah jika di Puskesmas artinya harus pada hari kerja, sedangkan pada hari-hari kerja saya agak kesulitan dengan waktu, belum lagi nantinya pasti ngantri deh di Puskesmas. Sedangkan jika di Posyandu, masalahnya adalah saya tidak tahu kapan jadwal Posyandu di tempat tinggal saya, lagipula biasanya Posyandu juga diadakan pada hari-hari kerja. Jadi, solusi terbaik adalah imunisasi di Bidan.

Terus kapan jadwal imunisasi selanjutnya? Yaitu sekitar 1 Juli 2018. Menurut Bidan, imunisasi IPV dan Polio 4 tidak perlu diberikan lagi, jadi nantinya langsung imunisasi MR. Yuppp.. emaknya sudah mendekati lega nih.., karena imunisasi dasar untuk Dimas insyaallah sudah hampir beres 🙂

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner "Pak Boss Catering" & "Kedai Pak Boss"
parenting, tips sehat , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *