Makin Canggih, Ini Fitur-Fitur Layanan Modern Buat Pecinta PT KAI

Sebagai moda transportasi darat paling disukai, PT Kereta Api Indonesia, atau yang sering kita kenal dengan sebutan PT KAI, semakin hari semakin jempolan dalam memberikan layanan kepada para konsumennya. Bukan hanya semakin minimnya angka kecelakaan yang melibatkan kendaraan dengan gerbong-gerbong panjang yang ditarik mesin ini, berbagai terobosan terus dilakukan untuk memudahkan dan bikin nyaman para penumpangnya. Seperti pembelian tiket dari PT KAI secara online, sampai nggak perlu lagi khawatir kepanasan di kereta api karena layanan gerbong termurah pun juga dilengkapi AC.

Sejak era Pak Ignasius Jonan, PT KAI terus berbenah diri. Berbagai upaya dan inovasi dilakukan untuk memuaskan para pelanggan. Apa saja terobosan canggih dan terbaru PT KAI yang wajib Anda ketahui?

Pesan Tiket Langsung Lewat Smartphone

pecinta pt kai

Bersyukurlah kalau Anda punya smartphone Android atau iOS. Nggak perlu lagi capek-capek antri beli tiket di depan loket stasiun. Cukup keluarkan gadget Anda, kemudian install aplikasi agen perjalanan seperti Traveloka. PT KAI telah menggandeng OTA sejak Januari 2017 untuk pembelian tiket secara online lho! Tinggal tentukan jurusannya, kemudian kereta api yang menuju destinasi Anda, lalu bayar sesuai dengan pilihan Anda. Sedikit tips, untuk pemesanan tiket online sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari. Kebetulan PT KAI menyediakan penjualan tiket hingga tiga bulan sebelum tanggal keberangkatan.

Bisa Juga Beli Tiket Lewat Situs Resmi PT KAI

Selain menggunakan smartphone, Anda juga bisa membeli tiket PT KAI dengan mengakses situs resmi kai.id. Fitur pembelian tiketnya mirip dengan KAI Access di smartphone. Tinggal pilih kota asal Anda, kemudian kota tujuan, tanggal keberangkatan, dan pilih kereta api yang Anda inginkan. Beres pesannya, tinggal lakukan pembayaran, dan satu tiket ada dalam genggaman Anda.

Pesan Cemilan Sebelum Tanggal Keberangkatan

Kalau dulu harus bawa cemilan sendiri untuk mengganjal perut yang lapar di atas kereta api, PT KAI kini punya layanan order makanan online bernama ‘Meals.’ Fitur ini bisa Anda temukan di aplikasi atau situs KAI Access. Fungsinya adalah pemesanan makanan sebelum tanggal keberangkatan, atau lebih kerennya, pre-order.

Untuk mengakses fitur ini, pastikan punya kode booking karena setiap pemesanan ‘Meals’ hanya bisa dilakukan setelah tiket kereta api sudah Anda miliki.

Check-In Online

foto: bumn.go.id

Nggak perlu lagi terburu-buru ke stasiun untuk check-in dan booking seat kereta api. Dengan menggunakan KAI Access, dapatkan kemudahan check-in online, yang bisa dilakukan dua jam sebelum keberangkatan.

Kalau sudah check-in online lewat KAI Access, langsung saja menuju boarding gate untuk pemeriksaan identitas. Tunjukkan e-boarding pass kepada petugas, disertai dengan kartu identitas, dan Anda pun siap berangkat menuju destinasimu dengan kereta api.

Fitur-Fitur yang Dipersiapkan PT KAI

Dalam waktu dekat, PT KAI juga akan menambahkan fitur-fitur baru sebagai bagian dari layanan pre-order via aplikasi. Apa saja?

  • Porter: Buat Anda yang bawa banyak barang dan butuh bantuan jasa porter.
  • My Trips: Untuk melihat pemesanan tiket kereta api.
  • Deals: Jangan sampai ketinggalan promo-promo menarik dari PT KAI.
  • Remind Me: Fitur atau alarm pengingat supaya Anda nggak ketinggalan kereta api.
  • Location: Penasaran sudah sampai di mana? Akses fitur ini.
  • e-Magazine: Majalah elektronik berisi berita seputar kereta api.
  • Chat with Loko: Untuk Anda yang butuh tambahan informasi mengenai kereta api.

Gimana? Makin canggih dan bikin kagum, kan? Makanya, pastikan aplikasi Traveloka selalu ada di smartphone Anda. Biar bisa traveling mudah dan murah bareng kereta api.

 

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner "Pak Boss Catering" & "Kedai Pak Boss"
traveling, travelling , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *