GPN atau MasterCard ?

Saya punya kartu Paspor BCA Gold sejak tahun 2011. Secara fisik masih lumayan bagus walau sebenarnya ada sedikit rusak laminasinya pada salah satu sudut. Suatu hari pas di teller BCA saya iseng bertanya apakah Paspor BCA begini tidak diganti dengan model baru yang menggunakan chip. Olala… ternyata memang saya yang kudet. Paspor BCA edisi lama saya tersebut memang sebaiknya diganti dengan kartu baru yang sudah ada chipnya. OK dehhh.. saya akan segera menggantinya.

Paspor BCA lama

Lalu kemarin tanggal 7 November 2018, saya sempatkan mampir ke Customer Service BCA Pingit, mumpung sepi, kebetulan hari itu saya ada setor uang untuk bayar tiket dan lain-lain.

Di Customer Service saya menyampaikan dua hal yaitu ganti buku tabungan karena sudah habis dan bikin kartu ATM baru.

Buku tabungan BCA saya sangat jarang sekali dicetak mutasinya, karena saya terbiasa menggunakan KlikBCA untuk segala macam transaksi. Jadi kalo pas ke bank gitu sekalian nyetak buku, tahu-tahu langsung habis 3-4 halaman hehehe.. Rasanya saya lebih cocok pake rekening koran saja daripada pake buku tabungan, karena untuk diri saya sendiri sebenarnya buku tabungan tersebut cuma menuh-menuhin tempat. Toh segala transaksi secara detil bisa dilihat lewat internet, sedangkan di buku tabungan hanya tercantum angka-angka sana di kolom debit dan kredit. Tapi ya sudahlah, saya cuma konsumen, cuma manut sama peraturan mereka. Buku habis, disuruh ganti, ya ganti… Gitu saja koq repot yaaa..

Nah, untuk penggantian kartu ATM, oleh Customer Service saya disodori 2 pilihan, mau pake logo GPN atau MasterCard. “Kalo MasterCard sih saya sudah familiar, lah kalo GPN, makhluk apa lagi itu, mba?” bertanya donk saya ke mba CS.

GPN, kependekan dari Gerbang Pembayaran Nasional (National Payment Gateway) adalah sebuah sistem jaringan antar bank di Indonesia yang diinisiasi oleh Bank Indonesia. Sistem ini diluncurkan pada 4 Desember 2017 di Jakarta melalui Peraturan Bank Indonesia No.19/8/PBI/2017 dan Peraturan Anggota Dewan Gubernur No.19/10/PADG/2017 tentang Gerbang Pembayaran Nasional.

Sebagai orang awam, saya penasaran donk dengan kemunculan GPN ini. Trus apa bedanya dengan Visa dan MasterCard yang selama ini saya kenal?

Menurut finance.detik.com Indonesia baru memiliki GPN setelah 20 tahun dikaji. GPN resmi diluncurkan sejak awal tahun 2018. Jadi, alhamdulillah saya belum terlalu ketinggalan informasi tentang GPN ini. ‘Kan belum ada setahun mulainya…

Untuk informasi lebih detil tentang GPN silakan googling sendiri saja yaa.. saya mau lanjut sharing pengalaman saya saja hehehe…

GPN atau MasterCard

Paspor BCA baru berlogo MasterCard

Anda pasti penasaran ‘kan jadinya saya pilih kartu yang mana? Jujur saya jawab, saya memilih kartu yang berlogo MasterCard. Kenapa saya memilih kartu yang berlogo MasterCard? Salah satu alasan saya adalah karena saya bekerja di lembaga pendidikan internasional dan juga sering membantu teman-teman expatriate dari luar negeri sehingga tidak sedikit ada transaksi-transaksi pembelian barang secara online dari luar negeri dimana biasanya metode pembayarannya hanya menerima kartu kredit atau kartu debit yang berlogo Visa, MasterCard, dan sejenisnya.

Kalo memang suatu saat nanti ada peraturan bahwa setiap nasabah bank harus dan wajib punya kartu berlogo GPN, ya gapapa.. pasti saya akan bikin. Intinya, saya ikut peraturan saja đŸ™‚ . Lagian toh transaksi-transaksi antar bank yang dilakukan di dalam negeri biayanya akan lebih murah jika menggunakan kartu GPN.

Paspor BCA baru berlogo GPN burung garuda merah

Saran saya untuk pembaca, jika Anda lebih banyak transaksi di dalam negeri, sebaiknya miliki saja kartu GPN yang berlogo burung garuda merah. Seperti saya bilang tadi bahwa biaya transaksi antar bank lebih murah daripada menggunakan kartu berlogo Visa, MasterCard, dan sejenisnya. Selain itu, dengan menggunakan kartu GPN, kita turut memajukan perekonomian Indonesia, karena semua transaksi dilakukan di dalam negeri, tidak perlu mampir ke luar negeri dulu.

 

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner "Pak Boss Catering" & "Kedai Pak Boss"
finance, lifestyle , , , ,

2 comments


  1. Baru tau ttg GPN ak kak…. Thanks infonya y kak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *