Comment Spam

Salah satu hal yang paling menyebalkan di dalam dunia ngeblog saya adalah ketika banyak comment spam yang masuk 🙁 . Huhhh… gemes banget!! Awal-awal sih biasanya langsung lolos nongol di halaman blog di bagian komentar. Maksud hati ‘kan tidak pake moderasi supaya user friendly, hanya saya lindungi dengan plugin S1 Captcha serta beberapa plugin lain yang sekiranya membantu memfilter postingan komentar. Minimal user yang berupa robot tidak bisa masuk, gitu…

Namun ternyata selanjutnya si spammer makin pinter aja. Kalo dulu mereka pakai bahasa Inggris sehingga saya langsung tahu bahwa itu spammer, ehhhh.. sekarang mereka pakai bahasa Indonesia juga. Dan isi komentarnya lha koq ya menyesuaikan dengan isi dari postingan yang akan mereka masukin komentar. Tapi, karena sudah sering menemukan comment spam, saya insyaallah tidak tertipu hehehe.. saya ga akan tergoda dengan isi komentar mereka yang cenderung mendukung isi postingan.

Apa yang membuat saya yakin bahwa itu salah satu bentuk comment spam? Yaitu karena URL link dari web/blog serta alamat email mereka aneh. Jadi, mending saya delete saja dari barisan comments 🙂

comment-spam

Di blog yang ini seringnya yang muncul comment spam, sedangkan di blog saya yang satunya malah sering muncul juga trackback spam. Huh..!

 

126 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *