Aman Beraktivitas Tanpa Gangguan Nyeri Haid Berkat Kebaikan Alami

Kodrat seorang perempuan adalah mengalami haid setiap bulannya atau disebut juga dengan datang bulan. Tidak sedikit perempuan yang mengalami gangguan nyeri haid saat datang bulan. Hingga ada yang mengambil cuti bulanan karena sedang haid. Tapi bagi perempuan yang banyak aktivitas seperti saya harus mencari solusi agar tidak perlu sampai mengambil cuti.

Saya pribadi mengalami nyeri haid itu saat sebelum menikah dan setelah memiliki anak kedua. Sempat ada jedanya. Kenapa bisa demikian? Lalu apa solusinya?

Sebelum menikah, tentu saja semuanya masih alami, yaitu saya tidak mengenal kontrasepsi hormonal. Sehingga saat tiba waktunya datang bulan ya saya harus mengalami nyeri haid yang luar biasa. Jungkir balik di atas kasur demi menahan nyeri, itu sudah hal biasa.

Setelah melahirkan anak pertama, saya langsung mengikuti program KB. Saya menggunakan kontrasepsi hormonal berupa pil KB. Saya menggunakan ini dalam jangka panjang yaitu kurang lebih selama 15 tahun. Selama mengkonsumsi pil KB, jadwal datang bulan saya sangat teratur. Disamping itu, saya juga tidak mengalami gangguan nyeri haid sama sekali.

herbadrink
sumber gambar: pixabay.com

Saya lepas dari pil KB ketika ternyata saya hamil anak kedua. Tahu-tahu kehamilan sudah berusia 5,5 minggu. Setelah anak kedua lahir, saya tidak lagi menggunakan kontrasepsi hormonal. Dengan demikian, kembali seperti ketika saya masih gadis maka datang bulan berlangsung secara alami. Saya mengalami lagi yang namanya nyeri haid dan kawan-kawannya.

Sekali lagi, saya sampaikan bahwa sebagai perempuan yang sarat aktivitas maka saya tidak mungkin mengambil cuti bulanan hanya karena datang bulan. Di rumah, ada suami dan 2 anak laki-laki yang membutuhkan kehadiran saya dengan segala apa yang istri/ibu berikan. Di luar rumah, saya adalah ibu bekerja full-time Senin hingga Jumat, pergi pagi pulang petang.

Di luar itu semua, saya aktif sebagai freelance blogger yang siap menerima job/project offline dan online. Baik saat weekdays maupun saat weekend. Ditambah lagi saya butuh me time pada saat-saat tertentu. Baik itu untuk sekedar refreshing, maupun dalam rangka menimba ilmu.

gangguan nyeri haid
Khas warna kuning kunyit. (dokpri)

Karena bejibunnya aktivitas saya tersebut, maka saat datang bulan jangan sampai ada nyeri haid yang mengganggu aktivitas saya. Namun karena bagaimanapun datang bulan adalah kodrat bagi setiap perempuan, makanya saya harus bersahabat dengannya.

Persahabatan dengan gangguan datang bulan menghadirkan solusi untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa hal yang saya lakukan untuk mengatasi datangnya gangguan saat datang bulan, yaitu antara lain:

  1. Kompres dengan air hangat. Biasanya saya menggunakan botol kaca yang diisi air panas. Sambil tiduran, botol tersebut saya guling-gulingkan diatas perut bagian bawah. Tentu saja ini butuh waktu khusus dan dalam suasana santai.
  2. Minum jamu kunyit asam. Saya suka minum jamu. Sayangnya saya jarang ketemu dengan bakul jamu yang lewat di sekitar rumah. Bisa sih ke pasar, tapi kalau perut sudah terasa kram, ‘kan saya tidak bisa pergi kemana-mana.
  3. Konsumsi obat pereda nyeri. Ini hanya saya lakukan kalau sudah sangat mentok tidak berhasil menemukan cara pertama dan kedua. Jadi sebisa mungkin, saya menghindari konsumsi obat-obatan pabrikan.

Pada waktu belanja di Superindo, tidak sengaja mata saya tertumbuk pada minuman instan Herbadrink. Ada beberapa varian yang tersedia, yaitu Sari Jahe, Temu Lawak, Lidah Buaya, dan Kunyit Asam. Namun saya hanya mengambil Sari Jahe dan Kunyit Asam. Saya sudah terbiasa mengkonsumsi Sari Jahe untuk menjaga kesehatan. Nah, khusus yang Kunyit Asam ini saya ambil, terutama untuk jaga-jaga jika nanti pas datang bulan tiba-tiba mengalami gangguan (nyeri haid dan lain-lain).

Dan benar saja, saat datang bulan tiba, badan saya terasa tidak nyaman ditambah dengan rasa nyeri di perut bagian bawah. Langsung saja saya menyeduh Herbadrink Kunyit Asam dengan air panas. Setelah minum seduhan Herbadrink Kunyit Asam, berangsur-angsur rasa tidak nyaman serta rasa nyeri perut itu berkurang. Dan saya kembali ceria serta bisa beraktivitas kembali.

gangguan nyeri haid
Dikonsumsi hangat atau dingin, semuanya bisa. (dokpri)

Untuk saya pribadi, dalam kondisi badan yang sedang tidak nyaman, saya lebih memilih menggunakan air panas atau air hangat daripada air dingin atau air es untuk menyeduh Kunyit Asam tersebut. Cara menyeduhnya mudah yaitu larutkan satu sachet Herbadrink Kunyit Asam ke dalam kira-kira 150 ml air panas atau dingin, lalu sajikan dan nikmati segera.

Herbadrink Kunyit Asam adalah ramuan herbal yang dibuat berdasarkan resep tradisional Indonesia dan diproses melalui teknologi modern. Diolah dari bahan-bahan alami pilihan sehingga berkhasiat untuk membantu melancarkan haid, membantu meredakan nyeri haid dan membantu mengurangi bau badan. Bahan-bahan tersebut adalah:

  1. Curcuma domestica rhizoma ekstrak yang setara dengan 3 gram rimpang kunyit.
  2. Tamarindi pulpa ekstrak yang setara dengan 1,75 gram asam jawa.
  3. Gula dan bahan lainnya hingga 25 gram.

Sekarang saya tidak kesulitan lagi mencari solusi jika mengalami nyeri haid serta gangguan datang bulan lainnya. Gak cuma di rumah, di kantor pun saya menyimpan beberapa sachet Herbadrink Kunyit Asam ini.

Oiya, manfaat kebaikan alami dari kunyit asam ini ternyata tidak hanya meredakan nyeri haid lho. Minuman ini juga bisa berfungsi sebagai antioksidan. Karena itu tidak masalah jika dikonsumsi setiap hari. Tidak menimbulkan efek samping. Saya pun jika sedang ingin minuman segar, segera menyeduh satu sachet Kunyit Asam dengan air dingin.

Akhirnya, berkat kebaikan alami dari Herbadrink Kunyit Asam ini, gangguan nyeri haid teratasi, kesehatan juga terjaga. Sehingga saya bisa terus beraktivitas tanpa gangguan nyeri haid dan kawan-kawannya.

Salam,
Wiwin Pratiwanggini

447 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

19 thoughts on “Aman Beraktivitas Tanpa Gangguan Nyeri Haid Berkat Kebaikan Alami

  1. Bener banget mbak..paling sebel kalau lagi datang bulan dan perut. sakit dan keram tidak mau diajak kompromi..untung sudah ada herba drink kunyit asem,,makin praktis ya cara membuat dan meminumnya..

  2. Ga pernah ketinggalan nih mba minum kunyit asam kalau pas haid. Menstruasi jadi lancar dan bebas rasa nyeri ya berkat kunyit asam. Praktis banget deh ada Herbadrink yang menyediakan varian kunyit asam ini untuk kita semua. Tinggal dituangi air dan aduk, bereeess…

  3. Saya suka bikin sendiri ramuan kunir asem kaya gini mbak.. mungkin ala kadarnya banget,.karena kunyit juga cuma dipotong-potong lalu direbus bersama buah asam. Lalu tambahkan sedikit gula aren atau gula merah. Tunggu matang dan disaring deh. Kalau ada yang praktis gini oke banget.. nggak ribet..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *