Tips Berwisata dengan Sewa Bus Keliling Semarang

sewa bus semarang

Tips berwisata dengan sewa bus keliling Semarang. Ini adalah hal yang sangat penting untuk diketahui supaya aman dan nyaman selama berwisata di Semarang. Hal ini dikarenakan sekarang banyak sekali agen-agen wisata yang menyediakan aneka macam bus untuk disewa namun tidak jarang konsumen mengalami kekecewaan atas pelayanan yang diberikan. Apalagi kalau kita mau membawa rombongan, artinya kita seperti mengasuh banyak anak orang. Jadi musti memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya. Terutama bus yang digunakan tersebut, haruslah memberi kenyamanan kepada semua penumpang. Baik itu pengemudi (sopir bus) yang mengutamakan keselamatan penumpang dengan berhati-hati dalam mengemudikan bus, serta crew bus yang bersahabat, juga fasilitas yang ada di dalamnya (minimal ada wifi dan toilet).

Berwisata ke Semarang

Sudah lama sekali saya jalan-jalan ke Semarang bareng teman-teman kerja. Waktu itu kami adalah geng single only, hehehe… Kami suka jalan-jalan rombongan sekitar 5-8 orang menggunakan kendaraan kantor. Nah, pernah tuh satu kali jalan-jalan keliling Kota Semarang. Menginapnya di rumah salah satu teman sekantor juga, sehingga tidak keluar biaya penginapan. Sekarang kami semua sudah memiliki keluarga sendiri-sendiri. Sehingga sudah tidak ada lagi geng single only. Kalau pengin jalan-jalan ya kudu bawa keluarga masing-masing, artinya rombongan, sehingga personilnya sudah menjadi 3-4 kali lipat.

Pergi rame-rame ber-5 sampai dengan 8 orang masih bisa ditampung dalam satu mobil minibus (dulu kami menggunakan Toyota Kijang kapsul). Tapi sekarang karena sudah lebih dari 25 orang, mau tidak mau harus sewa bus pariwisata. Lagipula akan lebih seru jika bepergian dalam satu rombongan bus, daripada berombongan tetapi menggunakan kendaraan pribadi. Dengan menggunakan bus pariwisata, akan terasa kebersamaannya.

Beberapa tempat wisata di Semarang yang menarik untuk dikunjungi antara lain adalah:

  1. Masjid Agung Jawa Tengah
  2. Gereja Blenduk
  3. Sam Poo Kong
  4. Lawang Sewu
  5. Tugu Muda
  6. Simpang Lima
  7. Museum Kereta Api Ambarawa
  8. Umbul Sidomukti
  9. Candi Gedongsongo
  10. Kampung Pelangi

Mengunjungi kesepuluh tempat wisata tersebut sangat bagus dikemas dalam satu paket wisata. Tiga hari dua malam saja sudah cukup untuk mengeksplor tempat-tempat wisata tersebut. Tidak terlalu singkat dan tidak terlalu membosankan. Nah, paling mudahnya nih memang menggunakan jasa tour and travel yang bisa menyediakan fasilitas sewa bus pariwisata.

Namun demikian, di jaman sekarang ini kita harus pandai-pandai memilih agen wisata yang akan kita gunakan. Karena tidak semua penyedia jasa sewa bus pariwisata itu recommended. Apalagi yang gembar gembor promo sewa bus murah, itu harus dicek dulu kebenarannya. Karena bagaimanapun harga sewa bus pariwisata yang kita bayarkan harus sebanding dengan fasilitas dan kenyamanan yang diberikan. Biasanya nih fasilitas yang kita dapatkan dari harga sewa bus yang kita bayarkan antara lain adalah transport selama tour berlangsung, akomodasi hotel/penginapan, tiket masuk semua objek wisata, asuransi, makan, snack, air mineral, local guide, fee crew bus + kondektur, MMT, P3K, dokumentasi, dan doorprize.

Tips Sewa Bus Semarang

Nah, agar tidak menyesal di kemudian hari, berikut ini saya berbagi tips dalam mempersiapkan sewa bus pariwisata.

1. Memiliki reputasi bagus

Sebaiknya pilih agen bus pariwisata yang sudah memiliki reputasi bagus dari segala aspek mulai dari pelayanan dan unit armadanya. Informasi mengenai hal ini bisa didapatkan dari referensi teman, saudara, forum-forum, koran, internet, dan sebagainya.

2. Sewa bus jauh-jauh hari sebelum hari H

Untuk menghindari kesulitan seperti armada sudah habis dipesan orang lain atau tidak bisa memilih bus yang diinginkan, maka sebaiknya menyewa bus pariwisata jauh-jauh bulan sebelum hari H. Apalagi saat-saat long weekend atau liburan sekolah ataupun hari-hari libur lainnya banyak orang yang juga membutuhkan sewa bus pariwisata.

3. Cek fasilitas yang disediakan bus

Ada banyak sekali fasilitas yang disediakan oleh bus-bus pariwisata, antara lain AC, LED TV, Karaoke, Wifi, Reclining Seat, toilet, selimut, stop kontak, dan lain-lain. Gunakan bus atau sewa bus yang memiliki fasilitas sesuai kebutuhan Anda. Harga sewa bus pariwisata tentunya harus sebanding dengan fasilitas yang diberikan.

4. Harga sewa dan cara pembayaran

Di awal tanyakan mengenai harga sewa beserta cara pembayarannya. Jika harus DP, berapa persen yang harus dibayarkan dimuka. Apakah pembayaran harus cash atau bisa transfer, penting ditanyakan. Tanyakan semuanya secara detail jangan sampai ada salah satu pihak yang dirugikan.

5. Biaya lain-lain

Minta informasi detail terkait pengeluaran lainnya di luar biaya sewa bus, seperti biaya tol, makan crew, tips crew, parkir, penginapan untuk crew, biaya kapal penyeberangan, retribusi lainnya, dan lain-lain. Kita harus jelas apakah biaya-biaya tersebut sudah termasuk di dalam harga sewa bus pariwisata atau belum.

sewa bus semarang

6. Catat nomor-nomor penting

Penting lho untuk meminta nomor HP driver, nomor polisi dari bus yang akan digunakan, juga merk busnya. Hal ini akan bermanfaat untuk berkomunikasi dengan driver saat penjemputan dan di tempat wisata.

7. Cek lokasi kantor persewaan bus

Perlu juga untuk mengirim perwakilan atau datang sendiri untuk mengecek lokasi (kantor) persewaan bus. Jangan sampai tertipu dengan hanya melihat promo yang muncul di internet. Hal ini perlu dilakukan agar tidak ada pihak yang dirugikan.

8. Hindari pembayaran lunas lewat transfer bank

Mengingat sekarang banyak penipuan seperti bukti transfer yang bisa diedit, juga penerima uang lari dari tanggungjawab, maka akan lebih bijaksana jika kita datang ke kantor persewaan bus pariwisata tersebut untuk melunasi pembayaran. Jangan lupa meminta bukti transaksi yang kuat serta membuat kontrak perjanjian sewa bus pariwisata.

9. Jangan tergoda oleh harga sewa bus murah

Jangan tergesa-gesa cek harga di tempat lain, karena agen yang profesional sudah tahu harga wajar untuk persewaan bus pariwisata. Jadi jika kita mendapat harga sewa bus yang jauh di bawah harga pasar, maka kita wajib dan harus waspada.

10. Pastikan syarat dan ketentuannya wajar dan tidak ribet 

Tinggalkan saja dan cari agen sewa bus pariwisata lainnya, jika kita mendapati agen jasa persewaan bus yang meminta syarat dan ketentuan terlalu ribet.

sewa bus semarang

Nah, melanjutkan rencana berwisata ke Semarang tadi, kita ga perlu khawatir. Karena di Semarang sudah ada agen sewa bus pariwisata yang recommended, namanya Ranggawarsita Tour. Ranggawarsita Tour adalah biro perjalanan wisata yang paling recommended di Semarang. Ia menyediakan beberapa pilihan paket tour Semarang beserta fasilitas bus yang sangat memadai. Selain itu, paket wisata dari Ranggawarsita Tour ini tidak mengikat, menyesuaikan permintaan dan juga menyesuaikan budget. Armada busnya juga banyak, karena Ranggawarsita Tour ini bermitra dengan puluhan PO sewa bus. Juga tersedia bus pariwisata dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran kecil, medium, hingga SHD.

Jadi, apakah sudah siap berwisata dengan sewa bus keliling Semarang? Harus siap dong… 🙂

 

Related Post
Jurnal Syukur: 30 Hari Menulis untuk Pulih (1)

Menulis adalah salah satu cara untuk pulih. Self healing untuk bangkit, move up dan move on. Mulai hari ini akan Read more

Kiat #KerjaDariRumah Bagi Ibu Bekerja yang Memiliki Balita

Kehadiran wabah Covid-19 di tengah-tengah kita nyaris melumpuhkan semua aktivitas di berbagai sektor. Bersyukur bagi orang-orang yang bekerja menggunakan teknologi Read more

Bisnis Dua Kaki

Saya baru tahu istilah ini ketika tidak sengaja membeli majalah Sekar beberapa waktu yang lalu. By the way, masih ada Read more

Qwords Cloud Hosting Indonesia Menjawab Kebutuhan Website Bisnis

Beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis tentang alasan pentingnya website untuk usaha online. Disana saya menuliskan 6 (enam) alasan. Read more