Sosok Tangguh Itu Perempuan

Hari ini acara saya ke rumah ibu. Iya ibu kandung saya. Mau ambil jahitan baju seragamnya Satria. Ibu kandung saya adalah seorang penjahit sejak saya masih kecil. Bukan penjahit profesional sih.. penjahit kampung aja, lha wong ibu ga punya papan nama hehehe.. Bapak saya PNS murni, guru. Ga punya usaha lain di luar itu.

ibu menjahitTuntutan kebutuhan hidup jaman saya kecil, mungkin itu faktor terbesar yang membuat ibu saya buka usaha menjahit. Maklum jaman dulu kami harus LDR-an dengan bapak (blio ditempatkan di Sibolga). Gaji bapak pun mungkin jauh dari cukup utk kehidupan kami berempat di Jogja.

Ibu pernah bilang ke saya, bahwa penghasilan ibu kalo dikumpulin bisa melebihi gaji bapak. Tapi iyaaa gak pernah kelihatan karena dipake untuk cash flow. Kala itu saya belum paham.

Sekarang saya sadar bahwa ketangguhan saya adalah keturunan dari ibu saya. Jiwa pekerja yg berdedikasi tinggi adalah keturunan dari bapak. Dan jiwa bisnis saya adalah keturunan dari ibu. Setelah pensiun pun bapak enggak buka bisnis, tapi bisnis jahitan ibu jalan terus hingga hari ini. Yaa pasti bapak dalam rangka menikmati masa pensiun sambil terus mensupport bisnisnya ibu saya.

Jadi bersyukurlah kita para perempuan yang punya bisnis. Tanpa kita sadari, kita sudah menjadi figur sosok tangguh buat anak-anak kita. Mereka akan tahu dan paham pada saatnya nanti.

Semangat pagiiiii ?

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*