Grab for Work atau Grab for Business

Hari Kamis 8 Maret 2018 kemarin saya menghadiri acaranya Grab Indonesia yaitu Info Session mengenai Grab for Business (Grab for Business Experience Day). Acaranya diselenggarakan di Canting Restaurant, Galeria Mall Lantai 4 Rooftop. Saya hadir bersama Pak Dindit mewakili Yogyakarta Independent School (YIS) yang diundang oleh Mr. Ha Kwon Chung, Cities Development & Acquisition Regional dari Grab Indonesia. Grab for Business disebut juga dengan Grab for Work.

Saya datang terlambat satu jam karena berangkatnya sudah jam 2 siang pun di jalan masih berhenti-berhenti karena mendadak Pak Dindit ada urgent things yang harus dia kerjakan saat itu juga. Ketika saya dan Pak Dindit tiba di venue, sudah ada presentasi dari pihak Grab Indonesia tentang Grab Venue, Grab Stand, Grab Rewards, dan Advertising. Setelah itu baru deh dilanjutkan presentasi tentang Grab for Work.

Tadinya saya malas diajak datang ke acara ini, tapi menjelang hari H koq jadi penasaran juga hehehe.. Penasaran dengan apa sih yang ditawarkan oleh Grab Indonesia tersebut. Dannn.. ternyata benar, saya juga baru tahu bahwa ternyata Grab Indonesia mempunyai program khusus untuk korporat yang dinamakan Grab for Work. Grab for Work merupakan sebuah program khusus yang didesain untuk mendukung mobilitas karyawan perusahaan. Dengan adanya Grab for Work ini maka perjalanan bisnis akan menjadi lebih mudah. Selain itu perjalanan akan menjadi lebih hemat dan praktis.

Tentunya Grab Indonesia me-launching produk ini tidak tanpa manfaat bagi penggunanya lho ya.. Nahhh, berikut ini beberapa alasan Grab for Work bisa bermanfaat bagi perusahaan, yaitu:

1. Proteksi dari kesalahan untuk pengaturan biaya yang lebih baik (cost management yang lebih baik). Grab for Work memungkinkan kita untuk melacak pengeluaran biaya perusahaan dan menganalisa perjalanan bisnis dari karyawan, serta membantu kita mengatur kebijakan transportasi bisnis yang tepat.

2. Sistem penagihan yang mudah dan transparan. Yaitu karyawan tidak perlu lagi repot melakukan klaim secara manual untuk setiap perjalanan bisnis yang dilakukan atau pun khawatir jika struk perjalanannya hilang. Dengan Grab for Work, struk elektronik dengan detail perjalanan yang lengkap akan dikirimkan ke email karyawan tersebut, siap untuk diklaim ke perusahaan.

3. Tersedia metode pembayaran yang variatif berupa tagihan bulanan (Postpaid Monthly Direct Billing), Corporate Credit Card, Personal Credit Card, dan Reimbursement.

4. Lebih hemat dengan biaya perjalanan terjangkau.ย Kita bisa melakukan penghematan biaya karena tarif layanan GrabCar dan GrabBike yang kompetitif serta garansi tarif yang pasti.

5. Menyediakan armada dengan cakupan wilayah terbesar di Asia Tenggara, yaitu GrabBike untuk ojek, GrabCar untuk mobil sewaan, GrabTaxi untuk layanan pemesanan taxi, GrabExpress untuk kurir.

Website Grab for Work sendiri ketika diklik akan langsung membuka Grab for Business.

Grab for Work atau Grab for Business

Bagi karyawan cara pemesanan armada tidak sulit koq, sama saja seperti kalo kita menggunakan aplikasi Grab biasa. Hanya bedanya ada pada metode pembayaran. Itu tergantung pada metode pembayaran yang berlaku di perusahaan kita.

Sedangkan bagi perusahaan sendiri, Grab menyediakan portal Grab for Business. Dengan demikian, perusahaan bisa :
1. Track: Melihat laporan perjalanan bisnis setiap saat.
2. Manage: Mengatur perjalanan bisnis via portal Grab for Business.
3. Rewards: Menggunakan kode promo untuk setiap perjalanan bisnis.

Untuk menggunakan Grab for Business, ada dua account yang harus disetting, yaitu:
1. Account Administrator
2. Account Employee (karyawan)

Dengan account Administrator, kita bisa melakukan hal-hal sebagai berikut:
1. Mengetahui rincian dan jadwal perjalanan karyawan perusahaan secara real time.
2. Menambahkan secara manual atau pun secara otomatis data karyawan yang akan didaftarkan dalam Group.
3. Memilih dan mendaftarkan metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
4. Mengatur rencana perjalanan karyawan berdasarkan waktu, lokasi, jenis pelayanan.
5. Memasukkan, menambahkan dan memperbaharui data perusahaan.

Seorang karyawan akan menerima email dari Grab Indonesia setelah account Grab-nya didaftarkan ke Grab for Business. Dan harus melakukan verifikasi.

Selanjutnya saya belum bisa cerita lebih jauh tentang apa dan bagaimana menggunakan Grab for Business, karena account yang saya daftarkan sampai saat ini belum aktif karena persyaratannya belum lengkap.. hehe… Tapi kalo Anda penasaran, informasi lebih detail bisa di baca di FAQ-nya Grab for Business.

Oiyaaa.. untuk bergabung dengan Grab for Business, perusahaan harus menyiapkan hal-hal sebagai berikut:
1. Form Registrasi yang sudah ditandatangani Direktur
2. Akta perusahaan terbaru
3. Scan KTP Direktur yang menandatangani Form Registrasi
4. TDP
5. NPWP Perusahaan

Setelah sesi presentasi, dilanjutkan dengan coffee break. Yeayyy.. makan aneka snack sambil ngopi atau ngeteh. Nikmatttt.. apalagi saat itu di luar sedang hujan hehee.. Acara coffee break diselingi dengan ramah tamah antara pihak Grab dan para tamu undangan.

Coffee Break

Acara berakhir menjelang jam 5 sore. Saya akhiri dengan mendaftarkan YIS melalui portal Grab for Business. Semoga kelak bermanfaat ๐Ÿ™‚

 

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner "Pak Boss Catering" & "Kedai Pak Boss"
lifestyle, tips bisnis, traveling, travelling , , , ,

2 comments


  1. Wah asyik nih, cocok buat langganan buat perusahaan ๐Ÿ™‚

  2. Hastira

    makasih sharingnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *