Tumbuh Kembang Dimas: Belajar Makan (MPASIP)

Tidak terasa Baby Dimas sudah mendekati usia 6 bulan. Artinya sebentar lagi sudah bisa makan selain ASIP. Koq ASIP bukan ASI? Iyaaa.. hikss.. sejak masuk usia 3 bulan ASInya makin berkurang dan Dimas gak mau nenen, jadilah pake ASIP. Dan bersyukur saya karena tidak perlu susu formula yang mahal harganya. Pertama kali saya kenalkan Lactogen 1, karena tidak muncul masalah apa-apa ya sudah pake itu saja.

Lanjut yaaa..

Jadi sejak awal 5 bulanan Dimas sudah antusias setiap lihat makanan atau minuman. Kasihan kalo dia memandangi kami yang sedang asyik makan dan minum. Setiap saya pegang gelas dan Dimas berada dalam gendongan, pasti deh tangannya gak mau diam dan penginnya meraih gelas yang saya pegang. Pernah suatu kali saya ijinkan, ehhh ditarik ke mulutnya terus dia minum dari gelas tersebut. Lucuuu karena ternyata dia bisa minum dari gelas langsung.

Sejak usia 5 bulan 16 hari kemarin saya coba kenalkan Dimas dengan buah dan sayur. Jadi, perkenalan pertama adalah tepat di hari Jumat tanggal 16 Maret 2018. Makanan pertama yang saya berikan adalah buah pepaya. Karena di rumah gak ada stok, jadi deh pagi-pagi Go Shop di Indomaret Plus Pandega Marta yang koleksi buah potongnya lumayan bervariasi. Buah pepaya tersebut saya lumatkan dan disaring kemudian saya kasih susu formula secukupnya. Lumayan Dimas lahap memakannya. Memang belum banyak sih karena ini baru pertama kali.

Hari kedua (Sabtu), saya kenalkan Dimas dengan buah pisang. Kalo pisang tidak saya saring tetapi dikerok tipis aja, lalu dikasih susu secukupnya. Nah di hari kedua ini Dimas sudah makin pinter dan sudah lebih banyak porsi yang dimakannya.

Hari ketiga (Minggu), saya kenalkan dengan buah jambu biji. Tentu saja tidak sama bijinya ya hehehehe.. Karena saya tidak pake blender, hanya saya lumatkan dengan saringan, jadinya kurang mantap daging buahnya. Hanya jadi semacam minum jus jambu. Gapapa deh.. toh baru kenalan rasa.

Hari keempat (Senin) ini saya kenalkan Dimas dengan buah semangka. Lagi-lagi enggak saya blender, jadilah Dimas seperti minum jus semangka. Gapapa.. Tapi dia suka dan lahap karena buah semangka ‘kan airnya banyak dan rasanya manis banget. Sore hari saya kenalkan Dimas dengan buah tomat yang masuk kategori sayuran. Tapi rupanya Dimas kurang suka, mungkin karena rasanya aneh yaitu ada asem-asemnya sedikit.

Nahhh.. tadi sore saya sempat beli apel di Mirota, rencananya nih besok Selasa pagi akan saya kenalkan dengan buah apel. Agak repot dikit gapapa dehhh.. Selain itu tadi saya juga sudah belanja tepung beras putih, beras merah, juga kacang hijau.

Anak kedua namun pengalaman pertama bagi saya dalam memberinya MPASIP. Koq bisa? Lha anak pertama gimana? Iyaaa demikianlah adanya. Dengan anak pertama (Satria), saya kurang pengalaman karena sejak usia 4 bulan Satria dipegang simbah putrinya (ibu saya). Saya hanya ketemu kalo malam hari. Jadilah mbah putri yang tahu banget tumbuh kembangnya Satria. Jeleknya saya, untuk Satria dulu saya belikan bubur bayi instan. Akibatnya ketika sudah besar jadi susah makan buah dan sayur, demennya makan makanan fast food.

Nahh.. agar supaya tidak terjadi hal yang sama dengan kakaknya, mumpung Dimas bisa saya asuh sendiri maka saya usahakan untuk memberinya fresh food. Ribet sedikit gapapa. Bersyukur jam kerja saya mulai jam 9:30 sehingga saya lebih leluasa mengasuh Dimas di waktu pagi.

Demikian sharing pengalaman baru saya memperkenalkan aneka makanan kepada Dimas sebagai MPASIP.

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner "Pak Boss Catering" & "Kedai Pak Boss"
parenting , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *