Berbenah waktu

Akhir-akhir ini karena pengin fokus juga ke usaha sampingan, aku mulai merasa ada yang tidak beres dengan performance-ku di kantor. Aku merasa manajemenku mulai kacau balau. Hal-hal kecil sampai terabaikan. Apalagi pekerjaanku memang tidak ada jadwal tertulisnya, artinya aku sendiri yang harus mengaturnya; disesuaikan dengan sikon di kantor. Duh… malu banget rasanya ketika aku sedang tidak konsen dengan sesuatu lalu tiba-tiba boss agak menyindir 🙁 .

Nah.. mumpung belum kebablasan dan supaya semua kembali normal, aku harus segera berbenah diri. Aku gak ingin pekerjaan yang satu mengacaukan pekerjaan yang lain. Harapanku, semua bisa berjalan seiring sejalan. Di kantor performance-ku tetap baik, di usaha sampingan aku tetap bisa memenej dengan baik pula.

Untuk itu semua, jadwal kuatur sedemikian rupa, termasuk jadwal di rumah. Karena bagaimana pun jadwal di rumah tidak bisa dipisahkan dengan jadwal kantor dan jadwal kegiatan lain. Ketiga-tiganya harus bisa saling mendukung.

Supaya suami dan anakku tahu jadwalku dirumah, sengaja aku tulis di whiteboard yang bisa mereka baca setiap saat. Untuk sementara jadwal kususun sebagai berikut:

Bangun Subuh, setelah itu kalo sempat online sebentar. 🙂

Jam 05:00 mulai persiapan segala macam di pagi hari (memasak, bersih-bersih, nyiapin seragam sekolah, mandikan Satria, nyiapin sarapan Satria, sampai Satria berangkat sekolah), termasuk persiapan berangkat ke kantor.

Jam 08:00 berangkat ke kantor. Sebenarnya jam kantor resminya jam 08:00, tapi gak papa deh, lagian aku berangkat juga sambil beli buah-buahan untuk konsumsi di kantor. (Alesan datang siangggg… 🙂 ).

Jam 18:00 harus sudah sampai di rumah, supaya bisa Maghrib di rumah.

Jam 19:00 mulai ngurusi rumah tangga, antara lain beres-beres rumah secara seharian rumah tangga tanpa sentuhan tangan perempuan. Termasuk makan malam bersama suami dan anak. Dan juga menemani Satria belajar atau mengerjakan PR-nya.

Jam 21:00 menemani Satria tidur, sambil mulai buka laptop untuk kerja online (cek email, update blog, posting info up-to-date, dll).

Jam 23:00 matikan laptop dan mulai menikmati istirahat malam 🙂 .

Dari susunan jadwal diatas, paling panjang waktu saya adalah di kantor. Yaitu dari jam 08:00 pagi sampai dengan jam 17:00, dari hari Senin sampai hari Jum’at. Nah.. selama 9 jam itulah saya bisa mengerjakan banyak hal (urusan kantor dan urusan bisnis sampingan). Di sela-sela jam kantor, bisnis sampingan saya kerjakan secara online 🙂 . Truus.. supaya lebih tertata dan gak ada lagi yang terlupakan, saya catat semua hal yang harus saya kerjakan (to do list). Daftar tersebut saya taruh di meja kerja supaya bisa terlihat sewaktu-waktu.

Itu tadi susunan jadwal selama hari kerja lho ya… Trus jadwal di hari Sabtu dan Minggu apa dong ??? Nah… kalo yang ini menyesuaikan dengan appointment-appointment yang sudah dibuat. Apakah ada acara training, apakah ada acara meeting, apakah mau jalan-jalan, dan sebagainya.

Hmmm… setelah membenahi manajemen waktu, bener-bener semua waktuku termanfaatkan, tidak ada yang terbuang sia-sia. Kadang ngeri juga lihat to do list yang super panjang, tapi ternyata kalo dikerjakan satu demi satu tidak terasa bisa kelar juga. 🙂 Bisa tidur nyenyak deh..

Related Post

3 thoughts on “Berbenah waktu”

  1. Wah..Salut dech bwt mbak wiwin, bisa ngatur semua jadwal hidup dgn sangat baik. Sukses yaa mbak…!

    Wiwin replies:
    Thx mbak Kiky, namanya juga selalu berusaha untuk lebih baik. Setidak2nya mulai menata dari diri sendiri dulu. Alhamdulillah keluarga mendukung. Tapi ya itu tidak mungkin dijalanin ‘saklek’ mbak, tetap harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi pada saat itu 🙂
    Sukses juga untuk mbak Kiky ya.

  2. baru ingat bikin to do list abis aku ingetin di ym ya? 😀

    Wiwin replies:
    Ingat bikin sih udah dari dulu.. tapi tangan ini tak digerakkan utk menuliskannya 😉 .

Comments are closed.