Pasang avatar

Sampai saat aku posting ini, tiap kali orang kasih comment di blogku avatarnya belum muncul. Demikian sebaliknya, bila aku kasih comment di blog orang lain, avatarku belum muncul. Penasaran untuk memunculkannya ? Jelas dong… 🙂

Jaman dulu (maksudnya beberapa bulan yang lalu) aku pernah iseng bikin account di gravatar.com, tapi ya sekali lagi cuma iseng karena belum tahu untuk apa. Hehehe… (*kadang-kadang begonya muncul*). Tapi ternyata gak rugi juga jaman dulu aku bikin, karena sekarang sudah tahu manfaatnya.

Jadi kalo pengin avatar orang lain muncul di blog kita dan sebaliknya agar avatar kita muncul di blog orang lain, caranya gampang banget 🙂 , adalah sebagai berikut:

Bikin avatar kita dulu

Yang pertama pasti bikin avatar diri sendiri dulu dong.. hehe.. Caranya adalah Sign Up di gravatar.com. Ikuti langkah-langkahnya sampai kita upload photo kita. Tarara.. gak sampai 5 menit udah jadi 🙂 .

Memunculkan avatar ke blog

Nah.. ini tadi yang bikin gue agak bingung, gimana cara memunculkan avatarnya ya ?? Lala cuma bilang “otomatis mbak asal WPnya support avatar”. Glek.. ternyata gak sesederhana itu, say… buktinya tidak ada menu avatar tuh di WordPressku 🙂 . Nyerah ? Enggak dong.. ‘kan ada paman Google !

Jadi, caranya adalah harus pasang Plugin dulu di dalam WordPress. Plugin bisa didownload dari Easygravatars. Kalo sudah didownload, jangan lupa diupload ke WordPress (biasanya saya pake FileZilla untuk upload ke WordPress). Trus… lihat di menu Plugin WordPress, biasanya sudah terlihat di daftar Plugin kita tapi masih belum aktif. Untuk itu, selanjutnya segera aktifkan Plugin tersebut. Terakhir, buka deh blog kita, aha.. sudah muncul deh para avatar yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng 🙂 .

Gampang sekali ‘kan ? Hmmm… jadi makin cinta deh sama WordPress !!! 🙂

Author: Wiwin Pratiwanggini

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini. Blog milik Wiwin Pratiwanggini, lifestyle blogger dari Yogyakarta. Bisa dikontak melalui wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA).