Mustela: Untuk Setiap Jenis Kulit Bayi, Melindungi Hari Ini untuk Hari Esok

Sudah lebih dari 10 tahun saya jualan produk skincare untuk dewasa (pria dan wanita). Namun baru-baru ini saja saya tahu bahwa sebenarnya ada produk skincare  yang khusus untuk bayi dan anak-anak. Sekian lama saya mengedukasi orang-orang di sekitar saya untuk mengenali jenis kulit masing-masing agar menemukan produk skincare yang tepat dengan harapan bahwa kulit mereka terawat dan terhindar dari penuaan dini. Ternyata hal ini juga berlaku pada bayi dan anak-anak. Karena itu, penting mengetahui setiap jenis kulit bayi, untuk menentukan produk perawatan kulitnya yang tepat. Jadi, melindungi hari ini untuk hari esok.

Bersyukur saya, bertepatan dengan Hari Ibu 22 Desember 2018 kemarin saya dan beberapa teman dari Moms Blogger Community mendapatkan kesempatan menghadiri talkshow di Vinolia Baby & Kids Jalan Urip Sumoharjo Yogyakarta. Saat itu ada 2 sesi talkshow. Talkshow sesi pertama adalah membahas tentang cara mengenali jenis kulit pada bayi dan anak. Pas banget ini buat saya karena saya juga mempunyai bayi, tepatnya sih anak karena usianya sudah menginjak 15 bulan ketika itu.

Talkshow sesi pertama ini disponsori oleh Mustela, menghadirkan narasumber dokter Intan Diana Sari dan Pak Hadi (Brand Manager Mustela). Talkshow berlangsung selama kurang lebih 1,5 jam.

Talkshow Cara Mengenali Jenis Kulit pada Bayi dan Anak

Fakta Kulit Bayi

Mengawali acara talkshow, mba Moderator menanyai 2 orang peserta, salah satunya saya. Kepada peserta pertama ditanya apa jenis kulit bayinya. Mba Peserta menjawab jenis kulit atopik dan selama ini dirawat menggunakan produk Mustela. Dalam hati saya sempat muncul pertanyaan: “Tahu dari mana ya jenis kulit bayinya?” Kemudian pertanyaan yang sama ditujukan kepada saya, dan saya menjawab: “Saya tidak tahu jenis kulit bayi saya, tapi selama ini sih baik-baik saja.”

Sebelum membahas tentang mengenali jenis kulit bayi, peserta dikenalkan dengan fakta mengenai kulit bayi. Hayooo.. selama ini pasti tidak kepikiran, ‘kan ya, Moms? Mustela sudah pernah mengadakan riset mengenai kulit bayi. Riset tersebut menunjukkan bahwa:
1. Pada usia bayi 0-2 tahun, lapisan pelindung kulit belum terbentuk sempurna.
2. Pada usia bayi 0-2 tahun, kulit bayi cenderung kering.
3. Kekayaan cell (stemcell) sangat tinggi, dan cenderung menurun drastis di usia 0-2 tahun karena faktor luar.
4. Bayi terlahir dengan jenis kulit yang berbeda.
Itulah kenapa kulit bayi gampang mengalami iritasi dan kemerahan. Jadi, kulit bayi yang terlihat sangat lembut, sesungguhnya amatlah sensitif, untuk itu perlu dilindungi dan selalu diperkuat.

Tips Perawatan Kulit Bayi

Sampai usia 3 tahun, kulit bayi akan rapuh dan belum matang sehingga tidak memiliki banyak kemampuan untuk bertahan dari elemen yang keras (dingin, udara, matahari, udara kering, dan lain-lain), mudah mengalami iritasi, dan terkadang muncul bercak-bercak merah. Akan tetapi kulit bayi kaya akan sel yang unik dan berguna untuk melindungi kulitnya. Sehingga Moms perlu untuk merawat dan menggunakan produk khusus untuk menjaganya.

Berikut adalah beberapa saran untuk memastikan kulit bayi Moms tetap lembut, fleksibel, dan nyaman sepanjang hari:

1. Selalu pilih produk perawatan bayi yang diformulasikan secara khusus untuk kulit bayi. Produk-produk tersebut harus hipoalergenik dan telah melalui tes di bawah pengawasan dermatologis dan pediatrik.

2. Setiap habis mandi, oleskan pelembab di seluruh wajah dan tubuh menggunakan mild moisturizing cream atau lotion untuk kulit normal atau cold cream treatment untuk kulit kering.

3. Biarkan bayi Moms menikmati pijatan lembut yang Moms berikan ke seluruh tubuhnya. Pijat dengan pelembab sampai benar-benar menembus kulit, atau gunakan massage oil yang dirancang khusus untuk bayi. Pijatan ini juga sangat efektif untuk membuat bayi merasa santai sebagai persiapan untuk tidur, dan sebagai kesempatan untuk mendekatkan diri dengan anak.

4. Selalu ingat untuk mengecek area belakang telinga, karena merupakan area yang sering terlewatkan dan rentan untuk kering.

5. Untuk bibir dan area yang sensitif lainnya, gunakan moisturizing stick.

6. Jika bepergian selama musing semi atau musing dingin, lindungi area yang sensitif (kepala, hidung, tenggorokan, telinga, dan tangan, dan lain-lain) dengan topi, scarf, sarung tangan, dan lain-lain. Dengan begitu Moms akan melindungi anak tidak hanya dari dingin namun juga dari efek kering dari udara dingin.

sumber: www.mustela.co.id

Jenis-jenis Kulit Bayi

Talkshow sesi pertama tersebut membuka mata saya bahwa sebenarnya kulit bayi pun ada jenis-jenisnya, bukan cuma satu macam. Karena itu, sebelum memberikan produk perawatan kulit pada bayi, sebaiknya kenali dulu jenis kulitnya. Menurut riset Mustela, pada dasarnya ada tiga jenis kulit bayi, yaitu kulit normal, kulit kering, dan kulit atopik.

Nah, gimana caranya mengetahui jenis kulit bayi saya? Enggak sulit, Moms.. Cukup dengan mengetahui ciri-cirinya. Apa sajakah itu?

Kulit normal:
1. Lembut
2. Lembab
3. Bersih
Kulit kering:
1. Kasar
2. Bersisik
3. Kadang terkelupas
Kulit atopik:
1. Gatal
2. Sangat kering
3. Kadang ada bercak merah

Saya kasih contoh kulit Dimas aja yaa.. Kebetulan Dimas itu berkulit putih. Entah gimana koq bisa putih padahal ayah ibunya berkulit sawo matang, hehehe… Ehhh.. koq malah bahas kulit putih. Maksud saya adalah kulit Dimas itu secara keseluruhan adalah lembut, lembab, dan bersih. Bisa disimpulkan bahwa jenis kulit Dimas adalah kulit normal. Nah, Moms, saya sudah tahu jenis kulit bayi saya. Bagaimana dengan Anda? Jadi, #ApaJenisKulitBayimu?

Bahan Utama Produk Mustela

Setelah tahu jenis kulit bayi, saatnya menentukan produk yang tepat untuk perawatan kulitnya. Mustela adalah produk perawatan kulit untuk ibu dan bayi. Mustela menyediakan produk perawatan kulit bayi dalam tiga kelompok yaitu untuk jenis kulit normal, kulit kering, dan kulit atopik. Apa yang membedakan? Tentu saja karena ditujukan untuk jenis kulit tertentu maka kandungannya pun berbeda-beda.

Goodie Bag dari Mustela

Semua produk Mustela mengandung bahan utama Avocado Perseose®. Avocado Perseose® secara sempurna telah memenuhi persyaratan bagi kulit bayi mulai ketika mereka lahir dan keampuhannya telah terbukti secara ilmiah:
1. Membantu perkembangan fungsi pelindung kulit, meningkatkan produksi dari sejumlah elemen kunci (protein dan lipid).
2. Menyimpan kekayaan sel, berfungsi sebagai perisai dan melindungi sel-sel kulit dari lingkungan luar.

Avocado Perseose® telah teruji secara klinis merupakan salah satu dari generasi baru bahan aktif biomimetik, yaitu bahan aktif yang mampu bertindak secara efektif dengan kulit bayi, sehingga menggabungkan toleransi maksimum dengan keberhasilan yang telah ditargetkan. Untuk jenis kulit kering, ada tambahan berupa Dermo-Nutrition Complex. Dan untuk kulit atopik ada tambahan berupa Sunflower Oil Distillate.

Mustela berkomitmen untuk menemukan bahan aktif terbaik dan tidak dipertanyakan lagi kualitasnya atau memiliki dampak negatif terhadap lingkungan.

Mustela menjamin bahwa bahan-bahan tersebut aman bagi kulit Anda dan bayi Anda. Semua produk Mustela diformulasikan:
• Tanpa alkohol.
• Tanpa minyak esensial.
• Tanpa paraben.
• Tanpa phenoxyethanol.
• Tanpa phthalates.
• Tanpa ekstrak tumbuh-tumbuhan yang berasal dari tanaman rekayasa genetika (GMO).
• Tanpa aluminium chlorohydrate.
• Tanpa bahan yang berasal dari produk hewani – kecuali produk sarang (madu, lebah, dll) -, produk berbasis lanolin murni atau produk berbasis susu.
• Tanpa terpene (kapur barus, mentol atau kayu putih).
• Tanpa triclosan.

Produk-produk Mustela untuk Perawatan Kulit Bayi

Setelah acara talkshow kami semua dibekali goodie bag yang berisi produk-produk Mustela. Wow,.. mantap ‘kan, Moms…!! Hingga hari ini saya sudah mencobakan beberapa produk kepada Dimas. Sejauh ini alhamdulillah tidak ada masalah.

Berikut ini beberapa produk Mustela untuk perawatan kulit bayi yang sudah dipakai oleh Dimas yang memiliki jenis kulit normal:

1. Mustela Bebe Gentle Cleansing Gel. Ini adalah sabun mandi cair sekaligus shampoo. Lembutttt, ringan, busanya tidak banyak karena memang bebas sabun, tidak perih di mata, dan aman dipakai sejak bayi baru lahir. Setiap kali mandi, Dimas menggunakan produk ini. Enggak perlu banyak-banyak koq pakainya, jadi tidak perlu khawatir boros ya, Moms..

Dimas mandi dengan Mustela Bebe Gentle Cleansing Gel

2. Mustela Bebe 123 Vitamin Barrier Cream. Ini adalah krim untuk mengatasi iritasi dan kemerahan pada kulit (ruam popok). Krim ini teksturnya sangat pekat. Cara penggunaannya, cukup oleskan saja secara tipis-tipis pada area kemerahan. Untuk mencegah terjadinya ruam popok, sebaiknya digunakan setiap sebelum menggunakan popok. Produk ini aman dipakai sejak bayi baru lahir. Bebas wewangian. Oiya, ini merupakan produk wajib bagi orang tua yang punya bayi.

3. Mustela Hydra Bebe Facial Cream. Ini adalah krim pelembab untuk perawatan kulit wajah sehari-hari. Dapat digunakan sejak bayi baru lahir. Produk ini melembabkan kulit secara langsung dan dapat bertahan lama. Memperkuat kulit wajah agar terhindar dari iritasi dan kemerahan (ruam ASI). Membuat kulit wajah halus, kenyal dan sangat lembut. Cara penggunaannya cukup oleskan pada area sekitar wajah setiap sehabis mandi. Ga perlu banyak-banyak, Moms…

4. Mustela Hydra Bebe Body Lotion. Ini adalah lotion yang bermanfaat untuk menjaga dan melembabkan kulit bayi sehingga kulit bayi lembab lebih lama. Selain itu juga berfungsi untuk memperkuat lapisan pelindung kulit. Membuat kulit halus, kenyal dan sangat lembut. Dimas juga selalu memakainya setiap habis mandi. Saya oleskan secara merata ke seluruh tubuhnya, kecuali wajah.

5. Mustela Bebe Massage Oil. Diformulasikan khusus untuk digunakan sejak bayi baru lahir. Sangat sensorik sehingga membuat pijatan menjadi lebih mudah dan mudah meresap di kulit, tidak lengket dan licin dengan teksturnya yang unik. Berfungsi melembabkan kulit, memberikan nutrisi, dan membuat kulit lembut dan kenyal berkat serangkaian eksklusif minyak tanaman dermo-protective yang kaya akan minyak esensial. Cara penggunaannya adalah dengan menyemprotkan massage oil ke tangan, kemudian gosokkan dengan kedua tangan sebelum diaplikasikan pada kulit bayi dan melakukan pijatan. Moms dapat melakukan pijatan sesering mungkin selama Moms menikmati momen tersebut. Massage oil ini dapat digunakan sejak bayi baru lahir.

Dimas suka banget dipijat menggunakan Mustela Bebe Massage Oil

Jadi setelah belajar mengenai cara mengenali jenis kulit bayi, juga mengenal lebih dekat produk-produk Mustela, bisa saya simpulkan bahwa perawatan kulit itu sudah diperlukan semenjak dini, tidak menunggu ketika anak beranjak remaja bahkan dewasa. Karena apa? Jika sejak dini kulit sudah dilindungi, maka di kemudian hari kulit tidak akan mudah mengalami masalah serta penuaan dini bisa dihindari.

Cara Mendapatkan Produk Mustela

Moms ga perlu takut kenapa-kenapa terhadap kulit bayi ketika menggunakan produk Mustela, selama Moms sudah tepat mengidentifikasi jenis kulit bayi dan sudah tepat memilih produknya. Lagipula produk Mustela dibuat dari bahan-bahan alami (92%), setiap formula yang digunakan disesuaikan secara spesifik untuk kebutuhan kulit bayi, semua produk Mustela bersifat hipoalergenik yang berarti tidak menggunakan bahan yang dapat menyebabkan iritasi dan diformulasikan secara khusus untuk meminimalkan resiko reaksi alergi, tidak menggunakan bahan-bahan yang diragukan kegunaannya, seperti paraben, phenoxyethanol, phthalates, EDTA dan chlorphenesin.

Oiya Moms, ga susah koq nyari produk-produk Mustela. Moms bisa membelinya di Mothercare, Guardian, Viva Generic, Century, Watsons, baby shop terdekat. Bisa juga dibeli secara online di orami.com dan JDID.

Untuk informasi lebih lanjut, yukkk Moms, kita follow akun-akun social media Mustela berikut:
Instagram: @mustelaindonesia
Facebook: Mustela Indonesia
Jangan lupa kunjungi juga website Mustela (www.mustela.co.id), yang juga melayani penjualan produk secara online.

Moms Blogger Community

Referensi: www.mustela.co.id

 

52 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

44 thoughts on “Mustela: Untuk Setiap Jenis Kulit Bayi, Melindungi Hari Ini untuk Hari Esok

  1. Yang aku suka dari produk-produk skin care untuk bayi tuh wanginya yang lembut. Jadi pengen pakai padahal ya untuk bayi hehe

  2. Awalnya dulu saya juga gak tahu bahwa kulit bayi pun ada jenisnya, jadi saya gak ngerti.
    Tapi setelah banyak baca dan memperhatikan kulit anak saya, saya jadi lebih ngerti. Dengan menggunaknan skincare Mustela, kulit anak jadi makin lembut terawat dan sehat.

  3. Saya belum pernah nyoba produk mustela ini. Penasaran juga. Kalau anak saya tipe kulitnya sensitif. Jadi kalau salah pakai produk langsung bentol-bentol. Jadi saya sangat hati-hati sekali

  4. Ternyata ga hanya org dewasa, bayipun harus disesuaikan jenis kulitnya utk pemilihan skincare ya moms. Aku nih malah yg kayaknya blm kenal bgt jenus kulitku hehe

  5. Wah mustela ini kyknya emang diformulasikan khusus bayi ya.
    Memang buat bayi skincare dan sabun mandinya harusnya yg sesuai kulitnya, supaya enggak mengalami atopi atau gatal2. Aku blm pernah makai Mustela, bisa nih beliin buat teman yg punya baby buat kadoan 😀

  6. Anakku yang pertama-sekarang 14 tahun punya kulit sensitif dan ada alergi juga asma. Dulu saat bayi aku bingung pilih produk perawatan untuknya.
    Jadi iri nih sama bayi kini…ada Mustela yang menyediakan produk sesuai dengan jenis kulit bayi kita.
    Bagus sekali ini produknya. Aku kasih tahu adikku ah, biar ponakanku pakai ini

  7. Aku punya mutella massage oil, yang pakai bukan cuma anak2, tapi bapak ibunya juga hahaha. saking enaknya dipakai pijetan.

  8. Mustela memang recomended buat kulit anak-anak. Meski kulitnya sensitif, produk ini aman karena sudah diformulasikan untuk kulit anak-anak. Kulit jadi sehat, segar dan wangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *