5 Destinasi Wisata Keindahan Alam di Surabaya

sumber: pixabay.com

“Surabaya.. oh Surabaya.. oh Surabaya… Kota kenangan.. kota kenangan.. yang tak terlupa..” dan seterusnya. Itu adalah cuplikan lagu tentang Surabaya yang seringkali terngiang-ngiang di telinga saya jika mendengar nama “Surabaya”. Lalu, apakah saya pernah ke Surabaya? Ya, alhamdulillah pernah, tapi sudah lama sekali. Yang pasti saya ingat adalah pada tahun 1995 dan tahun 2002, tapi sayang tidak ada kenangan yang tersimpan dari kepergian saya ke Surabaya tersebut.

Nahhh.. sekarang ‘kan saya sudah berkeluarga dengan dua anak laki-laki yang sholeh-sholeh. Pengin banget rasanya mengajak mereka liburan nanti jalan-jalan ke Surabaya. Melihat pemandangan di kota lain, saya rasa itu akan memberikan kebaikan bagi kami semua, selain menambah pengalaman jalan-jalan. Plusss jelas banget jadi bahan buat ngisi blog ini hehehe.. Dan kalau tidak ada halangan serta budget mencukupi, dari Surabaya lanjut ke Jakarta. Asyikkk 🙂

Wisata Keindahan Alam Surabaya

Sebelum berangkat ke Surabaya, ga ada salahnya saya catat dulu tempat-tempat yang pengin kami kunjungi. Sampai saat ini saya sudah mendapatkan banyak rekomendasi destinasi wisata keindahan alam di Surabaya. Tapi rasanya enggak mungkin donk langsung kami kunjungi semuanya, bakalan butuh waktu berapa lama donk tinggal disana. Ya ‘kan? Mendingan lain kali datang lagi kesana dengan tujuan wisata berbeda dari yang sekarang.

Nahhh, berikut ini beberapa destinasi wisata keindahan alam di Surabaya yang pengin saya kunjungi, yang ramah untuk keluarga.

1. Kebun Binatang Surabaya

sumber: surabayazoo.co.id

Kebun Binatang Surabaya adalah salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia dan terletak di Surabaya. KBS merupakan kebun binatang yang pernah terlengkap se-Asia Tenggara, di dalamnya terdapat lebih dari 351 spesies satwa yang berbeda yang terdiri lebih dari 2.806 binatang.

Kebun Binatang Surabaya ini beralamatkan di Jl. Setail No.1, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60241. Setiap hari buka jam 8 pagi hingga jam 4 sore, kecuali Sabtu dan Minggu dibuka jam 7:30 hingga 16:30.

Saya lihat disana banyak sekali arena rekreasi yang cocok banget untuk keluarga, terutama buat anak-anak. Ada Kids Zoo-nya juga. Dan ini pasti menarik yaitu saat feeding time, melihat hewan-hewan dikasih makan. Selain itu juga ada wisata edukasinya yaitu program edukasi berkaitan dengan satwa.

Disini selain melihat aneka binatang, kami juga bisa menikmati keindahan alam kota Surabaya.

2. Hutan Bambu Keputih

wisata keindahan alam Surabaya
sumber: pegipegi.com

Hutan Bambu Keputih ini merupakan bekas TPA (tempat pembuangan akhir sampah). Untuk penghijauan kota maka dijadikan hutan bambu. Jangan ditanya keindahannya karena ia memiliki keindahan seperti Hutan Bambu Sagano di Negeri Sakura, Jepang.

Hutan Bambu Keputih ini beralamatkan di Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur 60111. Untuk masuk kesini tidak dipungut biaya, cukup bayar parkir saja.

Meskipun di depan rumah kami banyak pohon bambu, tapi pasti beda dengan yang ada di hutan ini. Hmm.. jadi penasaran 🙂

2. Taman Wisata Hutan Mangrove Wonorejo

wisata keindahan alam Surabaya
sumber: pegi-pegi.com

Hutan mangrove adalah kumpulan pepohonan yang tumbuh di air payau. Dikenal juga dengan hutan bakau. Untuk mencapai lokasi hutan ini kita harus melewati jalan kayu yang mengarah ke sebuah pendopo. Dari pendopo baru deh menuju ke dermaga untuk naik perahu mengelilingi hutan mangrove.

Hutan Mangrove Wonorejo terletak tak jauh dari Bandar Udara Internasional Juanda. Hanya dengan berkendara sekitar 30 menit kita sudah dapat menghirup udara segar di tempat wisata yang sudah dilengkapi dengan kolam pancing, rumah makan, toilet dan juga mushola.

3. Kebun Bibit Wonorejo

destinasi wisata keindahan alam di Surabaya
sumber: Instagram @toystoya

Kebun Bibit Wonorejo ini menjadi objek wisata favorit bagi warga Surabaya, karena kawasan ini memiliki pesona yang jarang sekali hadir di tempat yang lain. Pada awalnya kebun ini adalah sebuah tempat pembuangan sampah. Setelah dikaji ulang, akhirnya dikembangkan menjadi kebun bibit baru dengan hadirnya bibit tumbuhan asli.

Di sini, ada sebuah danau buatan yang membuat suasana menjadi sangat berbeda, lebih tenang dan lebih nyaman. Juga ada aktivitas bermain dengan hadirnya wall climbing.

Kebun Bibit Wonorejo ini berada di Jl. Kendal Sari Blok RK No. 70, Wonorejo, Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur 60297.

4. Pantai Wisata Kenjeran

destinasi wisata keindahan alam di Surabaya
sumber: pegipegi.com

Keindahan alam pantai di kota lain juga wajib dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Wisata Kenjeran ini. Disini selain menikmati wisata pantai secara konvensional, kita juga bisa melakukan aktivitas mulai dari sewa perahu hingga melihat pulau yang ada di tengah laut. Selain itu, kita juga berwisata ke bangunan khas Tionghoa, selfie dengan patung naga besar, tempat main anak, dan masih banyak lagi.

Pantai Wisata Kenjeran ini berlokasi di Jl. Pantai Kenjeran No.1-6, Kenjeran, Kec. Bulak, Kota SBY, Jawa Timur 60123.

5. Jembatan Nasional Suramadu

destinasi wisata keindahan alam di Surabaya
sumber: pegipegi.com

Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang, jembatan penghubung, dan jembatan utama.

Jembatan Nasional Suramadu ini berlokasi di Jalan Tol Suramadu, Tambak Wedi, Kenjeran, Kota SBY, Jawa Timur 60126. Sayang kalo ke Surabaya tapi enggak sekalian mampir kesini, melihat keindahan alam selat Madura dari atas jembatan.

Dari Surabaya Naik Pesawat Ke Jakarta

Biasanya dulu saya ke Surabaya naik kereta api dari Stasiun Tugu Yogyakarta. Rencananya nanti juga begitu. Supaya anak-anak bisa menikmati pemandangan sepanjang perjalanan dari Yogyakarta hingga Surabaya. Nah, kembalinya ke Yogyakarta nanti penginnya ganti pemandangan. Rencananya akan mampir Jakarta dulu supaya pulang ke Yogyakarta bisa naik kereta api lagi (Jakarta – Yogyakarta).

Supaya enggak kecapekan di jalan, lebih baik dari Surabaya ke Jakarta kami naik pesawat. Masalah nanti di Jakarta apakah akan lanjut jalan-jalan atau silaturahim saja ke tempat saudara-saudara, dibahas nanti saja di kesempatan yang lain. Yang penting ke jakarta dulu naik pesawat, beli tiketnya secara online saja lewat pegipegi.com.

Sependek pengetahuan saya harga tiket pesawat Surabaya Jakarta di pegipegi.com juga sangat kompetitif. Cara pemesanannya pun sangat mudah. Bisa menggunakan aplikasi di mobile phone atau lewat browser di laptop.

Setelah masuk ke website pegipegi.com, pilih menu Pesawat lalu cari tiket dari Surabaya ke Jakarta. Kemudian masukkan tanggal berapa berangkatnya. Kalo one way saja, kolom Pulang tidak usah dicontreng. Lalu klik Cari Tiket.

Kemudian pilih mau menggunakan maskapai apa serta penerbangan jam berapa. Setelah itu, jika sudah mantap, klik Pesan Tiket Pergi.

Jika semua Data Pesanan sudah benar yaitu rute Surabaya ke Jakarta dan harga sudah juga sudah benar, klik Lanjutkan untuk memasukkan data-data yaitu Data Kontak dan Data Penumpang.

Jangan lupa, untuk menghindari error saat transaksi, pastikan data terisi dengan benar. Email juga jangan salah karena tiket akan dikirimkan pada email yang tertera. Pastikan nama penumpang penerbangan domestik harus sesuai dengan KTP/SIM/Paspor.

Setelah semua data dimasukkan dengan benar, selanjutnya masuk ke metode pembayaran. Ada banyak cara untuk melakukan pembayaran. Kalo saya sih lebih suka menggunakan Virtual Account BCA. Setelah menentukan cara pembayaran, jangan lupa klik Bayar.

Setelah pembayaran selesai, cek email ya karena tiket akan dikirimkan ke alamat email kita, karena itu jangan sampai salah menuliskan alamat email pada Data Kontak tadi. Mudah ‘kan? Yeayyy.. tiket pesawat Surabaya Jakarta sudah di tangan 🙂

Jaman sekarang lebih mudah dan murah kalo beli tiket pesawat online daripada lewat agen penjualan tiket. Pegipegi.com adalah portal penyedia tiket pesawat online yang biasa saya gunakan. Recommended banget ini. Mau cari tiket pesawat murah, mau cek harga tiket pesawat, mau lihat promo tiket pesawat, bahkan untuk pesan tiket pesawat, semua bisa dilakukan disini.

Yuk ahh.. sebentar lagi anak-anak liburan sekolah, sudah punya rencana mau liburan kemana nih?

 

636 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

4 thoughts on “5 Destinasi Wisata Keindahan Alam di Surabaya

  1. Aseliii hutan bambunya mirip banget kek foto2 di Jepang. Cuss cek pegipegi buat liat tiketnya berapa ke Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *