Cara Optimasi SEO On Page: Meta Keyword dan Meta Description

cara optimasi seo

Cara optimasi SEO On Page (sumber: pixabay.com)

Ketika membuat tulisan ini, tidak terasa usia blog ini sudah menginjak 12 tahun. Selama itu, baru sejak 2016 saja saya mulai monetizing blog ini. Dan baru 2019 ini saya mulai serius mendalami ilmu SEO untuk blog ini. Bukan dengan membaca buku sih, tapi justru karena mengerjakan sebuah proyek. Dari situlah saya paham tentang cara optimasi SEO On Page dan Off Page.

Sebelum mendapatkan proyek yang mengharuskan blog saya ini SEO friendly, saya tidak begitu peduli tentang SEO. Prinsip saya selama ini adalah content is the king. Yang penting tulisan saya bermanfaat dan banyak yang mencari. Itu aja.

Tapi ternyata, semakin kesini SEO juga penting. Sebelum serius menerapkan SEO lewat proyek yang saya ikuti, sebenarnya saya sudah menerapkannya melalui plugin Yoast SEO (dulu pernah juga dengan plugin All In One SEO). Tapi ya jujur saja, itu menerapkannya otodidak hehehe… Sedangkan lewat proyek menulis tersebut, ada pakar SEO yang membimbing saya dan teman-teman.

Cara Optimasi SEO On Page Dasar

Hal pertama yang dibenahi dari blog saya adalah meta keyword dan meta description. Kedua hal tersebut adalah hal mendasar banget dalam rangka cara optimasi SEO On Page. Dari beberapa platform blog yang umum dipakai yaitu Blogspot dan WordPress, cara mengatur meta keyword dan meta description memiliki cara yang berbeda.

Blog saya ini menggunakan platform WordPress. Saya sudah nyaman dan cocok menggunakan WordPress, udah tidak pengin pindah ke lain platform hehehe..  Meskipun saya sudah menggunakan Yoast SEO, namun ternyata saya tidak bisa membenahi meta keyword  dan meta description melalui plugin tersebut. Saya cari-cari dimana-mana enggak nemu. Akhirnya dikasih tutorial cara manual.

Oiya, mungkin masih banyak yang belum paham tentang meta keyword  itu apa sih? Juga meta description itu apa sih?

Jadi, meta keyword disebut juga meta news keywords. Meta ini hanya digunakan oleh para blogger yang menjalankan blog gado-gado yang tidak jelas nichenya. (Contohnya adalah blog ini hehehe..). Disebut meta news keyword, karena hanya blog atau website berita yang disasar oleh meta tag ini. Manfaat meta news keywords ini tentu saja untuk membantu Google mengenali penekanan pada setiap berita yang dimuat oleh blog ataupun website berita.

Meta Keyword ditulis minimal 1 kategori niche, maksimal tak terhingga. Meta keyword ditulis sesuai niche masing-masing dari blognya, misal: teknologi, keluarga, kesehatan, lifestyle, beauty, parenting, review, smartphone, produk, informasi. Boleh disebut lebih dari satu. Bisa juga ambil dari kategori artikel.

Sedangkan meta description adalah atribut HTML yang memberikan penjelasan singkat mengenai isi dari sebuah halaman web. Meta description biasa digunakan di hasil pencarian mesin pencari (search engine result) untuk menampilkan gambaran singkat dari halaman tersebut.

Meta Description ditulis minimal 100 karakter dan maksimal 160 (untuk menghitung jumlah huruf secara online, bisa menggunakan ini: https://www.lettercount.com/ ). Contoh Meta Description: “Blog ini memberikan informasi seputar review produk, parenting, kesehatan dan lifestyle. Ada pula tips-tips kecantikan dan cerita seputar perjalanan kehidupan.”

cara optimasi seo
Contoh tampilan di Google setelah penerapan meta description

Note: Ingat!! Jangan sama antara meta keyword dan meta description.

Cara Mengatur Meta Keyword dan Meta Description

Nahhh.. buat Anda yang juga pengin mempraktekkan langkah awal cara optimasi SEO On Page, tutorial berikut ini semoga bermanfaat 🙂

1. Untuk Blogspot

Cara mengatur Keyword Description dan Meta Description pada Blogspot:

1. Buka fitur Edit HTML pada menu Template. Template (Tema) > Edit HTML.

2. Cari kode </head> , untuk mempercepat pencarian gunakan (CTRL+F).

3. Cari kode berikut ini:

<meta content=’Deskripsi Blog’ name=’description’/>
<meta content=’Kata Kunci Blog’ name=’keywords’/>

Apabila belum ada langsung di tambahkan saja, taruh kode diatas kode </head>.

4. Ubah tulisan ‘Deskripsi Blog’ untuk meta description, dan ‘Kata Kunci Blog’ untuk meta keyword (tanda petik 1 jangan dihilangkan).

5. Save/Simpan Template.

cara optimasi seo
Tampilan editor pada header.php (WordPress)

2. Untuk WordPress (Self Host)

Untuk yang menggunakan WordPress Self Host, bisa diatur dengan plugin Yoast SEO. Namun jika ada kendala, bisa dilakukan secara manual. Berikut ini cara manualnya:

1. Edit file header.php

2. Cari (Ctrl+F) </title>

3. Di bawah setelah tanda </title> tambahkan kode ini :

<meta name=”description” content=”DESKRIPSI BLOG ANDA” />
<meta name=”keywords” content=”KEYWORD1, KEYWORD2, KEYWORD3, DST” />

Silakan di edit “DESKRIPSI BLOG ANDA” sebagai Meta Description, dan “KEYWORD1, KEYWORD2, KEYWORD3, DST” sebagai Meta Keyword.

Namun karena di dalam editor header.php template blog ini tidak mengandung </title>, maka kode tersebut saya taruh sebelum </head>.

4. Setelah selesai jangan lupa klik Update File.

3. Cek Meta Keyword dan Meta Description

Setelah meta keyword dan meta description diatur, selanjutnya kita bisa melakukan pengecekan menggunakan Meta Tag Analyzer yang tersedia di website smallseotools.com. Caranya:
1. Masukkan domain name dari blog, misalnya: https://pratiwanggini.net
2. Kemudian klik Analyze Meta Tags. Hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.
3. Selesai.

cara optimasi seo
Hasil pengecekan lewat Meta Tag Analyzer

Demikian tadi saya share hal mendasar tentang cara optimasi SEO On Page yaitu meta keyword dan meta description. Lalu apa? Nantikan kelanjutannya yaaa.. 🙂

 

165 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *