Liburan Bersama Keluarga, Cari Hotel Terdekat di Traveloka Saja

cari hotel terdekat

Liburan? Jangan lupa untuk menginap cari hotel terdekat di Traveloka ya.. (sumber: pixabay.com)

Yeayyyy… liburan sudah dimulai, sodara-sodara! Tanggal 31 Mei 2019 adalah hari terakhir saya masuk kerja, setelah itu libur lumayan panjang sampai 10 Juni 2019. Sedangkan anak pertama saya sudah mulai libur tanggal 29 Mei 2019 kemarin hingga nanti tanggal 11 Juni 2019. Masuk sekolah sebentar untuk kegiatan tutup tahun, selanjutnya libur sekolah. Saya sebagai orang tua mengusahakan untuk bisa mengikuti agenda kegiatan anak. Ga ada salahnya sesekali mengambil cuti tahunan beberapa hari demi bisa menikmati kebersamaan dengan anak-anak.

Trus kalo liburan agak lama mau ngapain? Apakah akan di rumah saja? Ataukah dimanfaatkan untuk jalan-jalan, ke luar kota barangkali? Ya, sebagian orang biasanya akan melakukan demikian. Tidak menutup kemungkinan kami sekeluarga juga akan ambil kesempatan untuk jalan-jalan. Normalnya nih, di rumah melulu lama-lama juga bosan, jadi sekali waktu ganti pemandangan dengan melihat keindahan daerah lain 🙂

Yang harus dipersiapkan jika akan jalan-jalan ke luar kota, selain tiket perjalanan, satu hal yang penting adalah mengenai penginapan. Jika mempunyai keluarga di daerah tujuan wisata tersebut, sah-sah saja menginap di rumah saudara, hitung-hitung meminimalisasi anggaran. Ya, ‘kan? Tapi kalau tidak punya tempat menginap yang gratis, ya mau tidak mau harus memikirkan untuk menginap di hotel.

Nah, jaman sekarang pilihan hotel sangat bervariasi. Mulai dari bintang 1 hingga bintang 7 ada.., eh.. paling tinggi adalah hotel bintang 5 ya.. 🙂 Tinggal disesuaikan dengan anggaran. Mau di dalam kota atau di luar kota, tinggal pilih. Mau pesan langsung ke hotelnya atau pesan secara online, bisa. Kalau saya yang suka praktis-praktis ini, biasanya cari hotel terdekat di Traveloka.

cari hotel terdekat
Kamar hotel di Yogyakarta tempat saya staycation akhir tahun 2018 kemarin. (Foto koleksi pribadi)

Kalau sudah begini, saya jadi teringat dengan salah satu pekerjaan saya di kantor, yaitu mencarikan akomodasi untuk teman-teman guru yang mendapatkan tugas pekerjaan di luar kota atau di luar negeri. Ya, karena saya bekerja di sebuah sekolah internasional, yang secara periodik ada pelatihan guru baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain itu, saya seringkali juga mencarikan akomodasi buat native teacher yang butuh akomodasi ketika sedang mengurus visanya di luar negeri.

Untuk bisa memenuhi kebutuhan akomodasi, khususnya hotel, apakah saya harus pernah ke kota atau negara yang dituju tersebut? Jaman sekarang, tidak perlu! Segala informasi sudah ada di internet, tinggal kita mau berusaha mencarinya. Apalagi sejak ada Traveloka, mencari akomodasi bukan lagi menjadi masalah karena tinggal cari hotel terdekat di Traveloka.

Bagi saya yang jarang pergi ke luar kota apalagi ke luar negeri ini, cari hotel terdekat di Traveloka bukan hal yang sulit, namun juga bukan hal yang mudah. Kenapa? Jelas sekali bahwa saya belum tahu bagaimana situasi dan kondisi hotel-hotel tersebut. Lantas gimana caranya menentukan memilih hotel A, misalnya? Salah satunya adalah dengan mengandalkan review yang tertulis di halaman situs hotel tersebut. Atau melalui rekomendasi teman yang sudah pernah ke kota tersebut.

Pernah sih sekali dua kali dapat hotel yang tidak sesuai yang diinginkan. Yaitu misalnya ternyata hotel tersebut kotor atau hotel tersebut ternyata hanya semacam dormitory atau hotel tersebut ternyata dikenal sebagai hotel yang negatif di mata masyarakat setempat. Itu semua menjadi pelajaran buat saya untuk berhati-hati mencari hotel, yaitu harus benar-benar membaca review yang positif dan mendekati kebenaran atau mencari hotel yang namanya sudah cukup familiar.

Itu tadi pengalaman saya dalam memenuhi kebutuhan akomodasi hotel bagi teman-teman kerja saya. Yuk, sekarang kembali ke liburan 🙂

cari hotel terdekat
Dimas anak kedua saya sedang mengeksplor kamar hotel. (Foto koleksi pribadi)

Jadi, abis Lebaran mau berlibur kemana bersama keluarga? Apakah ke luar kota tapi masih di dalam negeri? Apakah justru mau ke luar negeri? Berdasarkan pengalaman saya tadi, kemana pun berliburnya, jika belum punya langganan hotel di tempat tersebut maka untuk akomodasinya saya akan cari hotel terdekat di Traveloka.

Yang terpenting adalah sudah tahu dulu tujuan wisatanya mau kemana saja.

Misalnya mau berlibur ke Pulau Bali. Nah, destinasi wisatanya mau kemana saja? Kalau tujuannya berbeda-beda kota, tentunya butuh hotelnya juga tidak cuma satu karena dari satu tempat ke tempat yang lain mungkin berjauhan. Tahu sendiri ‘kan bahwa Pulau Bali itu sangat luas. Dari satu tempat ke tempat yang lain butuh waktu cukup lama di perjalanan.

Akan berbeda dengan jika berlibur di Jakarta atau di Yogyakarta. Di kedua kota ini, beberapa destinasi wisata bisa ditempuh dalam satu hari saja. Besoknya lagi ke beberapa destinasi wisata yang lain lagi. Jadi, menginapnya bisa cukup di satu hotel saja, ga perlu pindah-pindah.

Enaknya di aplikasi Traveloka, kita bisa melihat jarak dari hotel ke tempat-tempat tertentu itu berapa kilometer. Bisa melihat juga apa saja sih obyek wisata yang berada di sekitar hotel. Biasanya sih sebelum membuat keputusan, saya catat dulu satu per satu. Takes time donk? Ya gapapa, daripada asal dapat hotel hehehe..

Udah dulu ya, saya mau cari hotel dulu buat liburan bersama anak-anak nanti. Selamat berliburrrr !!!

 

710 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

7 thoughts on “Liburan Bersama Keluarga, Cari Hotel Terdekat di Traveloka Saja

  1. Mencari hotel dengan Traveloka itu memang sangat membantu. Apalagi yang jarang bepergian, jadi enggak bingung mau nginep di mana.

    Pakai Traveloka memang enak. Kita bisa melihat jarak hotel dengan tujuan wisata misalnya. Jadi simple enggak ribet, menginap nyaman.

  2. Aku pun sudah terbiasa banget nih pakai Traveloka untuk beli tiket, pesan hotel, atau kebutuhan lain yang berhubungan dengan kegiatan traveling. Aplikasinya lengkap dan banyak juga fitur-fiturnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *