Indah dan Manjakan Mata, Ini Destinasi Wisata Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

ibu kota baru kalimantan timur

Belakangan ini, rencana Pemerintah Indonesia untuk memindahkan ibu kota semakin matang saja. Setelah mengumumkan bahwa ibu kota baru di Kalimantan Timur, kali ini Pemerintah memperbaharui informasinya ke publik dengan memberitahukan ibu kota akan resmi direncanakan berpindah ke kota Kutai Kartanegara.

Sontak saja, perhatian seluruh pihak langsung tertuju pada ibu kota baru di Kalimantan Timur ini. Yang menjadi perhatian adalah, Kutai Kartanegara bukan merupakan ibu kota provinsi, sehingga dugaan publik selama ini salah dalam menebak kota yang akan dijadikan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Daerah ini hanya salah satu kabupaten yang berada di kecamatan Tenggarong.

Mengenal Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

Secara geografis, Kutai Kartanegara berada cukup tengah di provinsi Kaltim. Dipilihnya kota ini cukup ideal, karena bisa mendukung pembangunan di daerah sekitarnya. Berbeda dengan Samarinda sebagai ibu kota provinsi yang letaknya sedikit di ujung tenggara, topografi wilayah ini sebagian besar bergelombang dan berbukit dengan kelerengan landai sampai curam, serta terdiri dari area pantai dan daerah aliran sungai Mahakam yang begitu panjang. Mata pencaharian warganya adalah pengusaha, berkebun, pekerja pabrik, dan nelayan.

Destinasi Wisata Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

Dengan topografi yang menarik, ada beberapa destinasi wilayah di ibu kota baru di Kalimantan Timur yang bisa Anda kunjungi. Selain beragam, destinasi wisata ini juga indah dan memanjakan mata, lho. Yuk, simak informasinya!

Sungai Mahakam dan Pulau Kumala

Sungai ini menjadi kebanggaan. Bagaimana tidak, ini adalah sungai terbesar di provinsi Kalimantan Timur yang bermuara di Selat Makassar. Sungai dengan panjang sekitar 920 km ini melintasi wilayah Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu, hingga Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilir.

Bahkan karena panjangnya itu, terdapat area di tengah sungai yang membentuk sebuah pulau yang dinamakan Pulau Kumala. Banyak wisatawan yang mengunjungi pulau ini dengan menyebrangi jembatan besar yang bisa diakses dengan berjalan kaki. Di jembatan ini, ada pula spot gembok cinta dengan mitos dimana pasangan yang memasang gembok di jembatan ini akan langgeng hubungannya.

Selain itu di sungai Mahakam juga ada hewan khas yakni pesut Mahakam yang menyerupai lumba-lumba. Satwa ini kerap ditemukan sepanjang sungai Mahakam dan bisa dilihat jika anda beruntung kala mengunjungi ibu kota baru di Kalimantan Timur.

Baca juga: 5 Manfaat Traveling Untuk Kesehatan

Danau Melintang

Danau Melintang adalah sebuah danau yang berlokasi di daerah aliran sungai Mahakam di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Danau ini memiliki luas sekitar 11.000 hektar, menjadikannya danau terbesar kedua  di ibu kota baru di Kalimantan Timur ini. Suasana perkampungan di sekitar danau nampak asri, cocok dijadikan sebagai tempat refreshing.

Desa Melintang adalah desa terapung yang berada di perairan Danau Melintang. Penduduk membangun rumah kokoh di atas pasak-pasak kayu dan rakit yang membentang luas. Makanan khas daerah ini adalah ikan asin haruan dan ikan toman, yang dikenal mahal untuk harga per kilogramnya.

Borneo Orangutan Survival / BOS Samboja Lodge

BOS Samboja Lodge adalah salah satu area atau pusat penangkaran hewan dan pelestarian alam yang sudah ada sejak tahun 1991. Tempat pelestarian dan penangkaran orangutan serta hewan-hewan liar lainnya ini memiliki luas mencapai 1800 hektar. BOS Samboja Lodge berada di Jalan Balikpapan – Handil kilometer 44 Kelurahan Margomulyo, Samboja, Kutai Kartanegara, ibu kota baru di Kalimantan Timur.

Anda bisa mengunjungi BOS Samboja Lodge untuk melihat spesies hewan yang berada di penangkaran mirip habitat aslinya. Tak hanya itu, anda juga bisa menginap di penginapan yang tersedia dengan fasilitas yang bagus. Ada pula fasilitas lain seperti restoran, kolam renang, perpustakaan, dan lain-lain.

Sebelum pergi dan mengunjungi destinasi wisata di Kutai Kartanegara, baca juga yuk fakta menarik soal ibu kota baru di Kalimantan Timur ini. Klik saja link berikut:

https://www.cekaja.com/info/ibu-kota-baru-di-kalimantan-timur-ini-fakta-faktanya/

 

232 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *