Mengatasi Kulit Wajah Kusam dengan ERHA TruWhite Activator C Serum

mengatasi kulit wajah kusam

Sebagai ibu rumah tangga sekaligus ibu bekerja di luar rumah, satu hal yang menjadi keresahan saya adalah kulit wajah yang nampak kusam. Dulu ketika masih usia 30-an mungkin belum begitu meresahkan. Namun begitu berada pada usia 40-an keresahan makin terasa. Kalau saya tidak pernah bertemu orang lain, mungkin tidak masalah. Tetapi karena pekerjaan dan kegiatan saya mengharuskan saya untuk bertemu dengan orang lain, maka saya harus bisa menemukan solusi untuk mengatasi kulit wajah kusam.

Penyebab Kulit Kusam

Saya menyadari bahwa kusamnya kulit wajah saya kemungkinan besar bisa terjadi karena paparan polusi serta paparan sinar matahari. Tentunya juga ada faktor-faktor lain. Lebih detailnya, berikut ini penyebab-penyebab terjadinya kulit kusam:

  1. Menumpuknya sel kulit mati.
  2. Polusi lingkungan yang mengandung radikal bebas dapat menstimulasi produksi pigmen terus-menerus.
  3. Stres karena padatnya aktivitas, beban kerja yang berat, kurang tidur, dan penyebab lainnya bisa merusak keteraturan hidup kita.
  4. Kulit dehidrasi sehingga dermis dan epidermis berpotensi menipis.
  5. Kurang nutrisi karena mengandalkan makanan harian saja tidak cukup.
  6. Paparan sinar matahari bisa menyebabkan warna kulit yang tidak merata.
  7. Faktor hormon yang fluktuatif.
mengatasi kulit wajah kusam
Kulit wajah kusam dan berpigmentasi. (foto: koleksi pribadi)

Jujur saja, sebagai orang yang sibuk saya mengalami itu semua. Hiks… menyedihkan ya… Sudah wajahnya kusam, muncul pigmentasi pula. Duuuhhh.. senyum pun serasa jadi masam 🙁

Serum Vitamin C

Untuk mengatasi masalah kulit kusam tersebut, selain dengan memperbaiki pola makan dan pola hidup, perlu juga dibantu dengan perawatan kulit itu sendiri. Jadi diperbaiki dari dalam dan dari luar. Nah, sepengetahuan saya, produk perawatan wajah untuk mengatasi kulit kusam yang tepat adalah serum yang mengandung vitamin C. Serum wajah merupakan gel eliksir yang berwarna jernih, teksturnya ringan, dan juga oil free.

Mengapa serum? Apakah tidak cukup dengan pelembab saja? Serum wajah mengandung bahan aktif yang mampu untuk menembus bagian terdalam kulit lebih cepat dan merata dibandingkan dengan pelembab biasa. Jika dibandingkan dengan pelembab biasa, harga serum juga jauh lebih mahal dan ukurannya lebih kecil. Hal ini dikarenakan serum wajah memiliki kandungan bahan aktif yang lebih kuat dibandingkan dengan pelembab wajah. Serum wajah juga memiliki manfaat yang lebih spesifik untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang lebih kompleks.

mengatasi kulit wajah kusam
ERHA TruWhite Activator C Serum. (foto: koleksi pribadi)

Lalu kenapa serum vitamin C, bukan yang lain? Berikut ini lebih detail mengenai manfaat yang dimiliki oleh serum vitamin C itu sendiri, yaitu:

  1. Aman digunakan untuk berbagai jenis kulit dan dapat dipakai secara topikal dalam jangka waktu lama tanpa reaksi yang merugikan.
  2. Menghidrasi kulit dengan cara menjaga kulit agar tidak kehilangan air.
  3. Membantu memudarkan pigmentasi, mengurangi kusam, dan menghaluskan permukaan kulit.
  4. Mengurangi kemerahan dan meratakan warna kulit.
  5. Memudarkan hiperpigmentasi dengan menghambat produksi melanin sehingga dapat membantu memudarkan bintik-bintik hitam di kulit.
  6. Memudarkan lingkaran gelap di bawah mata dengan mengencangkan garis-garis halus dan melembabkan area bawah mata.
  7. Meningkatkan produksi kolagen sehingga mengurangi garis-garis halus dan kerutan.
  8. Mengencangkan kulit karena produksi kolagen meningkat.
  9. Melindungi kulit dari kerusakan dari sinar matahari serta radikal bebas.
  10. Mempercepat pergantian sel yang rusak menjadi sel baru dan sehat.

Nah, fungsi dan manfaat-manfaat itulah yang membuat saya memutuskan untuk mencari produk perawatan kulit wajah yang mengandung serum vitamin C untuk mengatasi masalah kulit wajah saya yang kusam.

TruWhite Activator C Serum – Stay True

Kebetulan saya bukan orang yang suka coba-coba aneka macam produk perawatan kulit wajah. Biasanya cukup 1-2 macam saja dan itu pun saya tidak berani mencoba produk abal-abal. Produk yang saya pakai harus jelas merknya. Setidaknya dengan menggunakan produk bermerk bisa meminimalisir kecelakaan akibat salah produk.

Hingga pada suatu hari saya mencoba mencari solusi dari produk yang dikeluarkan oleh klinik kecantikan ternama, yaitu ERHA. Sejak awal berdiri, ERHA mengedepankan konsep personalized therapy yang didukung dengan tim dermatolog dan dokter terbaik, produk-produk inovatif, dan layanan dengan peralatan medis teknologi terkini. Rangkaian produk ERHA merupakan hasil formulasi terbaik yang telah teruji klinis efektif dan aman untuk digunakan.

Sampai saat ini ERHA sudah mempunyai lebih dari 95 cabang di seluruh Indonesia dalam bentuk Erha DermaCenter, Erha Clinic, Erha Apothecary, dan Erha Skin. Perlu diketahui bahwa Erha Apothecary hadir dalam rangka mengikuti gaya hidup masyarakat saat ini. Tidak hanya memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses layanan perawatan kulit dengan dokter, Erha Apothecary juga memberikan pilihan produk-produk perawatan kulit yang dapat dibeli tanpa menggunakan resep dokter. Erha Apothecary hadir di hampir seluruh pusat perbelanjaan utama di Indonesia.

Dan akhirnya saya memutuskan untuk mencoba rangkaian dari ERHA TruWhite Activator Series. Saya tertarik mencoba serum dan pelembab untuk mengatasi kulit wajah kusam saya.

Serum dari rangkaian TruWhite Activator Series ini nama produknya adalah ERHA TruWhite Activator C Serum. Produk ini mengandung 10% Vitamin C dan targeted whitening system. Vitamin C memiliki fungsi menghambat pembentukan melanin (pigmen kulit), merangsang produksi kolagen, menghambat efek buruk radikal bebas, serta melembabkan dan mencerahkan kulit. Targeted whitening system bekerja langsung pada melanosit (penghasil pigmen kulit) sehingga efek pencerahan lebih efektif. ERHA TruWhite Activator C Serum sendiri telah teruji secara klinis bisa mencerahkan kulit sejak pemakaian hingga hari ketujuh. Jadi mengapa tidak saya mencari solusi wajah cerah dan glowing dengan ERHA TruWhite Activator C Serum 🙂

Sesuai dengan petunjuk pada kemasan serta ilmu tentang perawatan kulit yang pernah saya peroleh, saya menggunakan serum ini sehari 2 kali yaitu setiap pagi dan malam hari. Di pagi hari digunakan setelah mengaplikasikan toner dan sebelum menggunakan pelembab (day cream). Di malam hari digunakan setelah mengaplikasikan toner dan sebelum menggunakan krim malam (night cream).

Sebagaimana tekstur serum pada umumnya. Serum ini hadir dalam bentuk gel jernih dengan tekstur yang ringan. Ketika diaplikasikan di wajah, ia menimbulkan sensasi adem yang meresap ke dalam kulit wajah. Karena memang serum diformulasikan untuk bekerja menembus ke dalam sel kulit wajah. Berbeda dengan pelembab yang hanya bekerja di permukaan kulit.

Berikut ini langkah-langkah menggunakan TruWhite Activator C Serum:

  1. Bersihkan wajah dari make up dan kotoran menggunakan pembersih wajah yang biasa digunakan. Kebetulan sabun pencuci wajah saya juga mengandung vitamin C.
  2. Setelah wajah kering, aplikasikan toner agar wajah lebih maksimal dan segar.
  3. Aplikasikan serum di wajah.

Cara pakai serum adalah dengan mengambil satu atau dua tetes serum saja lalu aplikasikan hingga merata pada kulit. Tepuk-tepuk wajah agar serum semakin meresap ke dalam kulit.

Cara pakai

Oiya, penting juga untuk memperhatikan peringatan yang tertulis pada kemasan serum sebagai berikut:

Peringatan terbakar matahari:
Produk ini mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari dan khususnya kemungkinan kulit terbakar. Gunakan tabir surya dan batasi paparan sinar matahari selama dan seminggu sesudah menggunakan produk ini.

Bahan-bahan

Di siang hari, menggunakan serum vitamin C saja tidak cukup, karena pada siang hari kulit wajah tidak beristirahat, dia ikut terus dalam setiap aktivitas kita. Belum lagi dalam perjalanan berangkat dan pulang kerja, wajah saya terpapar oleh polusi serta paparan sinar matahari. Oleh karena itu, serum tadi harus didampingi dengan pelembab (day cream).

Agar memberikan hasil yang maksimal, saya menggunakan pelembab TruWhite Activator Day Cream. Pelembab ini diaplikasikan setiap pagi setelah menggunakan serum. Pelembab TruWhite Activator Day Cream ini mengandung:

  1. 4 whitening agent, dimana salah satunya adalah Arbutin yaitu pencerah alami dari buah Bearberry yang berfungsi sebagai zat pencerah sehingga efektif mencerahkan dan melembabkan kulit, mengurangi bintik-bintik (hiperpigmentasi) serta menghambat pembentukan melanin pada kulit.
  2. Tabir surya (sunscreen) yang berfungsi untuk menangkal sinar UVA dan UVB sekaligus exfoliating agent yang mengangkat sel-sel kulit mati serta menstimulasi pertumbuhan sel kulit baru.
ERHA Apothecary (foto: Erha)

Kulit Wajah Kusam Teratasi – Stay True

Bersyukur sekali saya memiliki kulit wajah yang tidak sensitif, sehingga sejak pertama kali menggunakan TruWhite Activator C Serum dan TruWhite Activator Day Cream, kulit saya merasa nyaman-nyaman saja. Sampai saat saya menulis ini, berarti sudah 10 hari, saya tidak merasakan ada ketidaknyamanan di wajah saya. So far, everything is fine 🙂

Sebagaimana klaim dari TruWhite Activator C Serum yang mengatakan bahwa kulit terlihat lebih cerah dalam 7 hari, saya pun merasakan demikian. Tapi kenapa tidak putih? Hehehe… Mencerahkan lho ya, bukan memutihkan. Lagipula saya tidak ingin mengubah kulit wajah saya dari yang sawo matang menjadi putih koq… Saya hanya ingin kulit wajah saya tampak lebih cerah, tidak kusam lagi. Stay true.

mengatasi kulit wajah kusam
Setelah pemakaian 7 hari. (foto: koleksi pribadi)
Setelah pemakaian 10 hari. (foto: koleksi pribadi)

Tapi tentu saja kecepatan efek suatu produk pada masing-masing orang tidaklah sama. Apalagi ini produk perawatan, bukan obat, sehingga tidak memberikan hasil yang instan. Bagi sebagian orang, mungkin kulitnya tampak cepat sekali mengalami perubahan dari kusam menjadi cerah. Sedangkan pada kulit wajah saya bisa jadi tidak secepat itu. Namun setidaknya saya merasakan bahwa pigmentasi di wajah saya mulai memudar. Kulit wajah juga terasa lebih kenyal dan terhidrasi.

Cara Mendapatkan Produk ERHA

Demikian tadi pengalaman saya mengatasi kulit wajah kusam dengan ERHA TruWhite C Serum. Jujur, ini pengalaman pertama saya menggunakan produk tersebut. Dan beneran, saya jadi jatuh cinta dengan serum ini. Lagipula harganya juga tidak mahal-mahal amat untuk produk serum. Oiya, serum Vitamin C ini dikemas dalam botol berpompa berwarna coklat bening. Volumenya 20 ml. Cepat habis dong? Enggak tuuu… Asal cara penggunaannya tepat, serum itu awet koq.

Sebagaimana sudah saya sebutkan diatas tadi bahwa untuk mendapatkan produk ERHA sekarang mudah. Produk-produk ERHA sekarang sudah over the counter (OTC), maksudnya produk perawatan kulit dan rambut ERHA dijual bebas di seluruh cabang ERHA (Erha DermaCenter, Erha Clinic, Erha Apothecary, dan Erha Skin).

Erha Clinic Kemang (foto: Erha)

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk ERHA serta seputar perawatan kulit dan rambut, Anda bisa mengunjungi:

Website: https://www.erha.co.id/

Instagram: @erha.dermatology

Namun jika Anda memiliki kulit yang sensitif sehingga takut coba-coba atau memiliki permasalahan kulit dan rambut yang lebih kompleks, sebaiknya datang langsung ke ERHA DermaCenter atau ERHA Clinic terdekat di kota Anda. Karena disana ada dokter spesialis yang akan membantu mengatasi masalah Anda.

Salam,
Wiwin Pratiwanggini

 

 

242 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

2 thoughts on “Mengatasi Kulit Wajah Kusam dengan ERHA TruWhite Activator C Serum

  1. Nah bener mba. Efek mencerahkan itu bikin seneng ya, buka berati juga kita mau mengubah warna kulit. Aku juga uda nyaman bgt sama kulitku yang tan. Aku juga kepikiran untuk pakai vit c serum karena byk dark spot di sekitar pipi dan dahi. ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *