Not Enough Memory? Backup Data Smartphone dengan USB OTG SanDisk

sandisk backup data smartphone

Sebagai seorang freelance blogger saya sangat terbantu dengan adanya smartphone. Karena dengan smartphone saya bisa mengambil gambar dan langsung mengupload ke blog atau social media. Terutama jika ada proyek bikin live report untuk suatu event. ‘Kan gak nyaman banget kalau harus memindahkan data dari kamera dulu ke laptop, setelah itu baru mengupload. Sudah berapa menit aja waktu yang terbuang sia-sia 🙂

Bagi saya, smartphone pun tidak harus yang bermerk wah dengan harga mahal sih, yang penting ada kameranya dan support online setiap saat dimanapun saya berada. Karena saya lebih suka yang praktis dan efisien daripada harus nenteng-nenteng laptop dan kamera kemana-mana.

Sayangnya nih saking sukanya dengan kepraktisan, saya menjadi kurang peduli mengenai backup data. Mungkin karena selama ini, tertanam dalam pikiran saya bahwa proses pencadangan atau backup data adalah sesuatu yang rumit atau terlalu memakan waktu.

Padahal mengambil gambar terus berarti ‘kan menambah koleksi foto namun juga terus mengurangi space dari device storage. Akibatnya, ketika muncul notifikasi “not enough memory”, baru deh saya kepikiran tentang backup data dan harus segera melakukan manajemen file yang ada di smartphone. Jujur saja, ini belum lama saya alami.

Langkah apa yang kemudian saya lakukan? Demi menambah ruang kosong (free space) dan agar tidak muncul notifikasi “not enough memory” itu lagi, saya mulai mengelola semua file dan foto yang ada di dalam internal storage. Sebagian saya pindahkan ke laptop, sebagian lagi saya hapus. Sebagian besar sih foto-foto lama sejak menggunakan smartphone tersebut bahkan ada yang pindahan dari smartphone lama, tapi kan #DibuangSayang.

Setelah itu, alhamdulillah banyak ruang kosong lagi di smartphone sehingga saya bisa menggunakannya lagi dengan nyaman. Untuk mengantisipasi supaya selalu ada ruang kosong di smartphone, sejak itu saya mulai rajin mengelola file dan foto. Gak menunggu bertumpuk-tumpuk dulu baru dipindahkan.

Hanya saja, manajemen file yang saya lakukan ternyata belum praktis maksimal. Kenapa? Karena saya masih harus menghubungkan smartphone ke laptop dengan menggunakan kabel data. Demi kepraktisan, saya penginnya menggunakan sesuatu yang disambungkan langsung ke smartphone dan dia langsung bekerja membackup data.

Setelah mencari-cari dan bertanya kesana kemari akhirnya kebutuhan saya tersebut terjawab. Western Digital meluncurkan dua USB OTG (On The Go) sebagai solusi untuk penyimpanan dan backup data dengan mudah. Kedua mobile storage tersebut adalah USB OTG SanDisk Dual Drive (untuk smartphone Android) atau iXpand Flash Drive (untuk iPhone).

Dan karena saya hanya menggunakan smartphone Android maka dengan mobile storage USB OTG SanDisk Dual Drive saja sudah cukup.

Kebiasaan Manajemen Data Orang Indonesia

Sebelum membahas tentang produk dari Western Digital tersebut, kita flashback dulu mengenai kebiasaan orang Indonesia dalam mengelola data (manajemen data) ya, karena pengalaman saya tadi ternyata juga dialami oleh banyak para pengguna smartphone.

Seiring dengan meningkatnya penggunaan smartphone, jumlah konten digital mengalami pertumbuhan pesat. Pada bulan September 2018, tingkat penetrasi smartphone di Indonesia telah mencapai 27,4%. Angka ini setara dengan kira-kira 73 juta pengguna smartphone di Indonesia. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah pengguna smartphone terbanyak keenam di dunia. Oleh sebab itu, tren dalam aktivitas digital dan manajemen data masyarakat urban Indonesia menjadi menarik untuk ditelusuri lebih jauh.

sandisk
Infografis (sumber: Western Digital)

Yuk kita simak beberapa penemuan menarik dari Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey oleh Western Digital berikut ini:

  • Sebanyak 97% responden mengandalkan smartphone sebagai gawai utama dalam keseharian mereka. Responden yang lebih muda cenderung lebih banyak menggunakan smartphone mereka untuk lebih banyak fungsi, mulai dari gaming, navigasi, video streaming, atau berbelanja online. Menariknya, survey ini juga menunjukkan bahwa smartphone sudah menjadi pengganti ‘kamera’. Lebih dari 90% responden yang memiliki
    smartphone mengatakan bahwa mereka lebih sering menggunakan smartphone untuk mengambil gambar daripada untuk menelepon (87%) atau chatting (72%). Akibatnya, data yang ada pada smartphone hampir seluruhnya terdiri dari foto (98%) dan video (79%).
  • Umumnya, masyarakat Indonesia menggunakan smartphone dengan memori internal 16-32 GB (56% responden). Namun, tentu kapasitas ini tidak akan cukup untuk menampung simpanan foto dan video yang terus bertambah di smartphone. Survei membuktikan bahwa lebih dari setengah responden mengatakan bahwa mereka hanya memiliki sisa memori 1-3 GB di smartphone mereka. Kapasitas terbatas ini menyebabkan para responden terpaksa menghapus data untuk mengosongkan kapasitas penyimpanan dan hampir semua responden yang mengalami masalah ini mengaku merasa kesal saat ponsel mereka kehabisan kapasitas memori.
  • Ada banyak faktor yang menyebabkan para pengguna smartphone kehilangan data mereka. Beberapa di antaranya adalah memori yang penuh sehingga mereka harus menghapus data, perangkat yang rusak, virus, file yang rusak, atau kehilangan perangkat. Walaupun sebanyak 67% responden pernah mengalami kasus kehilangan data sebelumnya, hanya sepertiga dari mereka yang rutin melakukan pencadangan atau back up data sebulan sekali (atau lebih). Ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden belum memiliki rencana atau jadwal back-up yang teratur, padahal back-up merupakan hal yang vital untuk dilakukan di era serba digital ini.

Spesifikasi Teknis USB OTG (On The Go) SanDisk Dual Drive dari Western Digital

Berikut ini saya merangkum beberapa spesifikasi dari USB OTG SanDisk Dual Drive:

  1. Kompatibel dengan smartphone/tablet Android yang menampilkan dukungan USB OTG (On-The-Go).
  2. Mengosongkan ruang dengan cepat di smartphone/tablet Android sehingga kita dapat mengambil lebih banyak gambar dan video.
  3. Memungkinkan kita memindahkan dan berbagi file antar perangkat Android dan komputer desktop atau laptop.
  4. Desainnya ramping dan dapat ditarik menawarkan konektor micro-USB dan USB 3.0. Dimana konektor USB 3.0 memiliki kinerja tinggi dan kompatibel dengan port USB 2.0.
  5. USB 3.0 kecepatan tinggi memungkinkan kita mentransfer film berdurasi penuh ke drive dengan cepat hingga 150 MB/s.
  6. Tersedia dari Google Play store, aplikasi SanDisk® Memory Zone yang memungkinkan kita melihat, mengakses, dan mencadangkan semua file dari memori smartphone ke dalam satu lokasi. Itu juga bisa secara otomatis memindahkan file dari perangkat lain ke drive untuk membebaskan ruang.

Sedangkan spesifikasi teknis dari masing-masing kapasitas tersebut adalah sebagai berikut:

sandisk backup data
Spesifikasi (sumber: sandisk.com)

Detil produk serta nomor produknya bisa dilihat dalam gambar di bawah ini:

sandisk backup data
Detil produk (sumber: sandisk.com)
sandisk backup data
Nomor produk, khusus untuk Asia Pasifik #SanDiskAPAC, yang di dalam kotak biru. (sumber: sandisk.com)

Keunggulan USB OTG SanDisk Dual Drive

Western Digital meluncurkan produk ini tentu saja sudah melalui riset dan penelitian yang tidak main-main karena tentunya ingin menjadi solusi serta memberikan yang terbaik kepada konsumennya. Berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki oleh USB OTG SanDisk Dual Drive:

1. Membebaskan Memori Penyimpanan di Smartphone

Kerap kali kita mengalami kekurangan memori di smartphone, sehingga harus menghapus file untuk menambah kapasitas yang luang. Solusi mobile storage SanDisk dirancang untuk membantu pengguna dengan mudah membebaskan memori smartphone, dimana pun dan kapan pun. Pengguna hanya perlu menyambungkan smartphone dengan USB OTG SanDisk Dual Drive (Android) untuk memindahkan foto dan video dan membebaskan memori pada smartphone. Perangkat ini juga merupakan solusi baik untuk yang berencana berganti smartphone, karena dapat dengan mudah memindahkan data dari smartphone lama ke yang baru.

2. Plug and Play yang Praktis

Survei menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna smartphone tidak melakukan back-up secara teratur. Padahal, proses back-up sebenarnya bukanlah sesuatu yang rumit atau makan waktu. Aplikasi mobile SanDisk Memory Zone dapat mem-backup foto dan video dengan cepat dan memindahkannya ke komputer atau smartphone lain jika dibutuhkan. Pengguna bahkan dapat mengatur agar aplikasi melakukan back-up secara otomatis untuk file-file penting setiap kali USB OTG dihubungkan dengan smartphone. Sungguh praktis!

3. Melakukan Back-up untuk Konten Media Sosial

Selain menyimpan dan melindungi data di smartphone, aplikasi SanDisk Memory Zone juga dapat menyimpan dan mem-backup berbagai konten dari media sosial, seperti foto dan video, ke USB OTG SanDisk Dual Drive. Dengan begitu, pengguna tidak akan kehilangan konten-konten penting dari akun media sosial mereka, termasuk semua foto yang di-tag oleh orang-orang terdekat. Wow!

4. Meng-upgrade Smartphone untuk Menambah Kapasitas

Survei dari Western Digital menemukan bahwa konsumen menggunakan smartphone untuk berbagai hal, seperti mengambil foto dan bermain game. Saat ini, tren dan minat terhadap mobile gaming dan fotografi terus meningkat dan peningkatan ini tentu harus diikuti dengan melakukan upgrade kapabilitas penyimpanan di smartphone. Kartu memori SanDisk Extreme® microSD™ dengan spesifikasi A23 akan memberikan kenyamanan dan kemulusan bagi pengguna saat bermain mobile game dengan kapasitas penyimpanan lebih besar serta proses pemuatan aplikasi yang lebih cepat.

Dimana Bisa Membeli USB OTG SanDisk Dual Drive?

Nah, setelah memahami masalah manajemen data saya yang kurang baik sedangkan saya orang yang butuh kepraktisan, serta setelah memahami jawaban dari Western Digital atas produk yang bisa menjadi solusi masalah saya, maka rasanya saya tidak perlu ragu lagi untuk segera memiliki USB OTG SanDisk Dual Drive ini. Saya juga tidak ragu-ragu untuk merekomendasikan produk ini kepada teman-teman saya.

Di Indonesia, produk #SanDiskAPAC ini bisa dibeli di toko-toko yang menjual produk-produk Western Digital. Tetapi, karena waktu saya terbatas maka saya memilih untuk membeli USB OTG SanDisk Dual Drive lewat toko online saja. Jadi saya tidak perlu cari waktu kapan untuk bisa membelinya, karena dengan membeli lewat Official Store SanDisk di Shopee maka saya tinggal menunggu barang dikirim sambil menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan saya.

Semoga dengan memiliki USB OTG SanDisk Dual Drive ini membuat kita menjadi lebih peduli mengenai manajemen data sehingga tidak menyesal belakangan hanya karena lupa membackup data-data yang ada di smartphone.

USB OTG SanDisk, #DibuangSayang, #SanDiskAPAC

Salam,
Wiwin Pratiwanggini

Referensi:
– Press Release dari Western Digital
– website Western Digital dan SanDisk.com

 

2973 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

33 thoughts on “Not Enough Memory? Backup Data Smartphone dengan USB OTG SanDisk

  1. Pengalaman kita sama ya. Paling kesel kalau membaca notifikasi “not enough memory” di smartphone. Tapi setelah ada USB OTG Sandisk masalah simple itu terpecahkan.

  2. Memindahkan foto dan video ke laptop itu rempong banget kalau pakai kabel data. Dan punya saya kadang enggak langsung terbaca di laptop, mungkin karena smartphone agak lama. Jadi kurang cepet gitu.

    Untungnya beberapa bulan lalu suami beli USB OTG SanDisk buat ngebackup data kerjanya di kantor, terus saya penasaran dong, terus saya coba, ehh praktis banget ternyata buat mindahin data dari HP. Enggak perlu rempong lagi pakai kabel data deh.

  3. Jujur aja aku kalo back up data langsung d Laptop mba, udah jarang sih malah pake FD sekarang tuh. Dan ini gabisa d biarkan terus untuk management pengelolaan data d smartphone

  4. Membaca ulsan2 tentang OTG Kian memantapkanku utk memiliki ya lantaran memoriku sudah full. Capek juga kalo harus pilihin unruk dihapus 🙁

  5. Syukur baca artikel ini. Masalahku banget ini…memori data dan manajemen penyimpanan yang ngasal. Duh! Pas nih solusinya,
    USB OTG SanDisk Dual Drive yang membuat lebih peduli mengenai manajemen data sehingga gak menyesal belakangan hanya karena lupa membackup data-data yang ada di smartphone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *