Review GoClean: Solusi Kebutuhan Bersih-bersih Rumah Bagi Keluarga Sibuk

Musim kemarau yang panjang membuat debu-debu menempel di perabotan rumah, dinding rumah, kaca dan kusen jendela rumah, lantai, dan sebagainya. Baru beberapa jam dipel, lantai sudah terasa berlapis debu kembali. Sedangkan saya tidak punya waktu untuk sering-sering bersih-bersih rumah. Pun tidak punya asisten rumah tangga. Padahal di rumah ada balita usia 2 tahun yang harus dijaga kebersihan dan kesehatannya. Beruntung saya tinggal di Yogyakarta yang sudah terjangkau oleh GoLife dari GoJek. Hari Minggu kemarin saya menggunakan salah satu jasanya yaitu GoClean. Nah, lewat blog ini saya ingin menulis tentang review GoClean.

Apa Itu GoClean ?

Berawal dari jasa layanan transportasi, kini GoJek melebarkan sayapnya dengan menyediakan beragam layanan jasa dalam satu aplikasi GoLife. Mulai dari layanan pijat, terapi dan kebugaran, sampai perawatan dan pemeliharan rumah. Layanan yang disediakan GoLife yang banyak menarik perhatian para keluarga sibuk salah satunya adalah jasa layanan bersih-bersih rumah yang namanya GoClean.

GoClean merupakan layanan kebersihan profesional yang hanya bisa diakses melalui aplikasi GoLifeGoClean siap membantu pelanggan menyimpan waktu & tenaga supaya bisa digunakan untuk hal-hal lain yang lebih berharga.

GoClean memiliki banyak pilihan layanan, seperti membersihkan rumah, apartemen, dan juga kos. Layanan kebersihannya meliputi menyapu, mengepel, menyikat kamar mandi, bersih-bersih kulkas, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu saja, GoClean juga bisa menyetrika baju yang sudah menumpuk, serta deep cleaning yaitu untuk membersihkan secara lebih detail pada berbagai bagian rumah.

Layanan GoClean sendiri ada 2 macam yaitu layanan Reguler dan layanan Spesial. Untuk layanan kebersihan tempat tinggal sehari-hari masuk dalam layanan Reguler. Sedangkan layanan Spesial adalah berupa paket kost, paket apartemen, dan setrika. Simak aja review GoClean berdasarkan pengalaman saya di bawah ini.

review GoClean
Aplikasi GoLife untuk memesan GoClean

Pengalaman Menggunakan Jasa GoClean

Melakukan pemesanan layanan GoClean hanya bisa dilakukan lewat aplikasi GoLife, bukan GoJek lho ya… Jadi, harus dipastikan bahwa aplikasi GoLife sudah terinstall di smartphone Anda. Dalam melakukan pemesanan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, ini berdasarkan pemesanan yang saya lakukan, yaitu:

  1. Kategori Layanan: Ini tentu saja berbeda antara kebutuhan rumah tangga dengan kebutuhan anak kost atau apartemen. Untuk kebutuhan bersih-bersih rumah tangga, pilih Layanan Reguler. Sedangkan untuk kost atau apartemen, pilih Layanan Spesial.
  2. Peralatan: Peralatan kebersihan bisa disediakan oleh mitra GoClean, tapi bisa juga menggunakan peralatan pemilik rumah. Kalau saya sih memilih menggunakan alat-alat milik mitra GoClean, takutnya alat-alat saya tidak selengkap milik mereka. ‘Kan malah repot.
  3. Durasi, yaitu lama waktu yang dibutuhkan. Mulai dari 1 jam, 1,5 jam, dan seterusnya. Sebagai pemilik rumah, tentunya kita bisa memperkirakan akan butuh waktu berapa lama. Saya sendiri kemarin memilih durasi 4 jam, mulai dari jam 13:00 sampai jam 17:00, mengingat rumah yang cukup besar dengan banyak jendela kaca yang butuh dibersihkan. Oiya durasi ini juga menentukan jumlah biaya yang harus dibayarkan.
  4. Preferensi penyedia jasa. Maksudnya adalah kita bisa memilih mitra GoClean pria atau wanita. Kalau mau sedapatnya, klik aja “Tidak Ada”. Saya pribadi memilih wanita karena demi kenyamanan saya.
  5. Atur Waktu, yaitu memilih tanggal dan waktu pemesanan. Saya pribadi melakukan pemesanan pada hari Sabtu untuk pekerjaan di hari Minggu. Tidak selalu pesan hari ini untuk pekerjaan hari ini juga. Jadi, bisa kita atur sendiri.
  6. Lokasi, yaitu alamat lokasi rumah yang akan dibersihkan oleh mitra GoClean.
  7. Detail Pembayaran. Pembayaran bisa dengan menggunakan saldo GoPay atau secara Cash. Saya pribadi menggunakan keduanya yaitu GoPay dan Tunai, karena saldo GoPay tidak mencukupi, hehehe…
review GoClean
Saya dengan mba Ruth (mitra GoClean)

Alhamdulillah pada hari dan jam yang sudah saya tentukan, mitra GoClean datang tepat pada waktunya. Seorang perempuan mengenakan pakaian dinas (seragam) GoClean lengkap dengan membawa tas besar yang ternyata berisi semua alat kebersihan. Mitra GoClean wanita tersebut bernama Ruth Fermiati, saya memanggilnya “mba Ruth”.

Begitu tiba, mba Ruth langsung menanyakan apa saja yang musti dia kerjakan. Setelah jelas semua, mba Ruth memulai pekerjaan dari bagian luar rumah yaitu membersihkan semua pintu dan jendela. Kebetulan rumah saya banyak jendela kacanya dengan debu yang menempel akibat kemarau panjang. Dan sepertinya bagian ini yang cukup memakan waktu.

review GoClean
Kalau perlu, sambil manjat kursi pun dijalani 🙂

Setelah semua jendela dan pintu beres, mba Ruth kemudian membersihkan dalam rumah sekaligus mengepel lantai semua kamar dan ruangan. Termasuk merapikan semua barang-barang yang ada di dalam rumah. Kebetulan di rumah saya ada balita usia 2 tahun, sehingga adaaaa saja mainan yang berada tidak pada tempatnya.

Setelah dalam rumah beres semua, mba Ruth bergeser membersihkan dapur. Di dapur ia membersihkan kompor gas dan kulkas, serta mengepel lantai. Dan terakhir membersihkan kamar mandi. Berhubung air di dalam bak mandi masih bersih karena baru sehari sebelumnya saya kuras, maka mba Ruth hanya membersihkan dinding dan lantai kamar mandi serta merapikan peralatan-peralatan mandi.

review GoClean
Bintang lima dong

Alhamdulillah waktu 4 jam lumayan cukup. Oiya, kenapa saya menggunakan jasa mba Ruth dari jam 1 siang hingga jam 5 sore? Karena pada jam tersebut rumah sudah bebas dari aktivitas keseharian kami. Saya juga sudah bisa mengkondisikan Dimas si balita 2 tahun. Selain itu, juga karena saya memanfaatkan promo diskon 50% atau maksimal Rp 15.000 yang berlaku hingga 27 Oktober 2019, khusus penggunaan jasa GoClean di waktu sore.

So far, saya puas dengan layanan GoClean. Mba Ruth si mitra GoClean tampil rapi mengenakan pakaian dinas (seragam) GoClean, juga sopan, ramah dan lincah. Di tangannya, rumah saya menjadi bersih dan rapi. So, bintang lima dong saya berikan. Sangat puas!

Keuntungan Menggunakan GoClean

Dulu sebelum ada GoClean saya pernah menggunakan jasa general cleaning panggilan. General cleaning service swasta gitu. Karena mereka bekerja mandiri maka saya tidak tahu latar belakang serta keterjaminan kerja mereka. Nah, sejak ada GoClean saya lebih memilih memanggil mitra GoClean. Toh saya sudah langganan GoJek sejak pertama kali hadir di Yogyakarta, sehingga saya sudah nyaman menggunakan jasa mereka.

Jadi, ada 3 alasan mengapa saya memilih menggunakan mitra GoClean, yaitu:

  1. Mitra GoClean memberikan bantuan on-demand, mereka siap membasmi kotoran dan merapikan ruangan berantakan atau sesuai kebutuhan, dimanapun kita tinggal.
  2. Mitra GoClean memberikan bantuan terlatih, karena seluruh mitra GoClean telah mengikuti pelatihan profesional dan tentunya membuat mereka menjadi lebih berpengalaman.
  3. Mitra GoClean memberikan bantuan terpercaya, karena mitra GoClean bekerja sesuai SOP (standard operating procedure) dan dalam pengawasan GoLife.

Selain itu, pihak GoLife sendiri memberikan kenyamanan bagi pelanggan-pelanggannya berupa:

  1. Garansi layanan ulang dalam batas normal sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  2. Asuransi layanan yaitu jaminan penggantian kehilangan barang, cedera fisik, atau perawatan medis, tanpa biaya premi.
  3. Menyediakan mitra berpengalaman minimal 2 tahun, yang sudah terverifikasi latar belakangnya, serta sudah mengikuti pelatihan profesional.

Demikian review GoClean berdasarkan pengalaman saya pribadi. Selanjutnya saya tidak perlu risau lagi dengan alasan sibuk sehingga tidak sempat bersih-bersih rumah, karena GoClean bisa menjadi solusi kebutuhan bersih-bersih rumah bagi orang yang sibuk seperti saya. Daripada mengelap seluruh kaca dan kusen jendela sekeliling rumah, lebih waktu waktu 2 jam saya gunakan untuk membuat artikel blog. Bersih-bersih rumah, serahkan saja pada ahlinya. Bukankah begitu lebih baik? 🙂

Salam GoClean,
Wiwin Pratiwanggini

 

273 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

2 thoughts on “Review GoClean: Solusi Kebutuhan Bersih-bersih Rumah Bagi Keluarga Sibuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *