Anak Tumbuh Bahagia Itu Dimulai Dari Dalam

Anak tumbuh bahagia itu dimulai dari dalam. Nestle LACTOGROW percaya bahwa tumbuh kembang yang optimal perlu didukung dari asupan nutrisi yang seimbang dan pola asuh yang baik (stimulasi dan keterlibatan orang tua).

Fun Day Out with Daddy

Pada tanggal 24 November 2019 saya menghadiri event “Fun Day Out with Daddy” yang diselenggarakan oleh Nestle LactoGrow (IG: @Nestlelactogrow) dan Orami (IG: @orami_id dan @orami.circle). Acaranya bertempat di hotel Cavinton Yogyakarta. Karena ini acaranya ayah dan anak, maka otomatis saya hadir bersama suami dan anak kedua saya (Dimas).

Event ini bertujuan untuk mendekatkan ayah dengan anak. Membangun bonding antara ayah dengan anak. Karena itu dalam event ini ayah dan anak dipisah aktivitasnya dari bunda. Anak diberi kesempatan bermain full dengan ayahnya di ruangan tersendiri. Sehingga anak-anak mendapatkan aktivitas baru serta teman-teman baru.

anak bahagia lactogrow

Anak-anak perform setelah bermain bersama ayah. (foto dok. pribadi)

Tapi rupanya Dimas tidak betah berada di dalam ruangan  yang berisi banyak orang. Dimas memilih keluar ruangan dan menciptakan aktivitas sendiri. Ternyata ada juga beberapa anak lain yang tidak mengikuti kegiatan di dalam ruangan. Sementara yang di dalam ruangan diajarin membikin suatu mainan, ehhh anak-anak ini di luar pada main mobil-mobilan 😀

Talkshow tentang Pencernaan Sehat dan Bermain dengan Anak

Pada saat ayah dan anak melakukan aktivitas bersama di ruang tersendiri, para bunda mengikuti kegiatan berbeda yaitu talkshow. Dalam event ini Nestle LactoGrow menghadirkan 2 (dua) narasumber yang memang pakar di bidangnya masing-masing. Mereka adalah dr. Ade Indrisari, M.Kes, Sp.A (dokter spesialis anak, IG: @dr.adeindrisari) dan Grace Melia (founder Rumah Rubella, juga seorang family blogger, IG: @grace.melia).

Talkshow #1: Pencernaan Sehat untuk Anak Bahagia dan Pintar

Itu adalah tema talkshow yang dibawakan oleh dokter Ade Indrisari. Dari paparan yang disampaikan oleh dokter Ade, bahwa tumbuh sehat dan bahagia dimulai dari pencernaan yang sehat, dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Healthy immune (80% sistem imun terdapat di saluran cerna).
  2. Optimal growth and development (pencernaan yang sehat akan mencerna dan menyerap nutrisi dengan baik).
  3. Good mood (pencernaan yang sehat memberikan sinyal positif ke otak).

Ada beberapa hal penting yang harus bunda ketahui seputar pencernaan yang sehat.

anak bahagia lactogrow

Hayooo… dokter Ade yang mana? (foto dok. pribadi)

Saluran pencernaan adalah sistem pertahanan tubuh terbesar dengan luas mencapai +/- 300 m2. Jika diukur maka luasnya lebih besar dari lapangan tenis. Dan menurut Hippocrates nih, bahwa semua penyakit dimulai di dalam usus. Oleh karena itu, penting banget untuk menjaga saluran cerna sejak 1000 hari pertama kehidupan.

1000 hari pertama kehidupan disebut juga dengan Golden Period. Periode ini dimulai sejak janin masih dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun. Disebut Golden Period karena pada periode inilah masa tumbuh kembang anak yang paling pesat. Sehingga merupakan kesempatan emas untuk memberikan nutrisi dan stimulasi terbaik.

Di dalam saluran cerna sendiri terdapat mikrobiota yang terdiri dari bakteri baik, bakteri jahat, virus dan parasit. Tahukah Bunda bahwa di dalam saluran cerna itu terdapat 100+ triliun bakteri? Nah, berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhinya, di dalam saluran cerna bisa terjadi mikrobiota seimbang atau mikrobiota disbiosis.

Mikrobiota seimbang terjadi jika probiotik lebih banyak daripada patogen. Faktor yang mempengaruhinya adalah:

  • makan bergizi seimbang,
  • probiotik,
  • prebiotik,
  • anti inflamasi, dan
  • nutraceutical.

Mikrobiota disbiosis terjadi jika patogen lebih banyak daripada probiotik. Faktor yang mempengaruhinya adalah:

  • makanan tinggi lemak dan gula,
  • kurang gerak,
  • penyalahgunaan antibiotik

Penyakit dimulai pada saluran pencernaan ketika “bakteri baik” tidak lagi mampu mengendalikan “bakteri jahat”, yang disebut Disbiosis.

Lalu apa sih yang dimaksud dengan Probiotik dan apa bedanya dengan Prebiotik?

Jadi, Probiotik adalah organisme hidup yang jika dikonsumsi dalam jumlah cukup dapat bermanfaat bagi kesehatan inangnya. Sedangkan Prebiotik adalah bahan makanan yang tidak dapat dicerna yang secara menguntungkan mempengaruhi inang dengan secara selektif merangsang pertumbuhan dan/atau aktivitas satu atau sejumlah bakteri yang sudah ada di usus besar.

Probiotik memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Menjaga kekebalan tubuh dan melindungi dari penyakit.
  2. Mencerna serat dan menghasilkan nutrisi yang mendukung kesehatan saluran cerna.
  3. Melindungi usus dari mikroba dan zat berbahaya lainnya.

Probiotik bisa diperoleh misalnya dari tempe, kimchi, yogurt, dan kombucha. Susu yang mengandung probiotik biasanya disukai anak-anak. Tentunya dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan si kecil.

Ada berbagai macam jenis probiotik, yaitu antara lain Bifidobacteria, Yeast, dan Lactobacillus. Lactobacillus reuretri yang terdapat dalam Nestle LactoGrow merupakan probiotik yang teruji klinis aman. Ia juga sudah terbukti klinis menurunkan kejadian dan durasi diare serta menurunkan risiko konstipasi. Probiotik ini juga menghasilkan vitamin B12 yang mendukung perkembangan otak.

Setelah mendengar penjelasan dokter Ade, saya jadi merasa harus serius dalam memperhatikan kesehatan saluran cerna Dimas.

Talkshow #2: Happy to Raise A Grow Happy Kid

Sedangkan Grace Melia dalam talkshow-nya ia membagikan ilmu tentang bagaimana membesarkan anak agar tumbuh bahagia dengan bermain.

anak bahagia lactogrow

Grace Melia (foto dok. pribadi)

Bunda, tahu gak sih kenapa kebahagiaan anak itu penting? Jadi, kebahagiaan anak itu penting karena:

  1. Dasar untuk mempersiapkan masa depannya.
  2. Sebagai dasar kemampuan bersosialisasi.
  3. Stimulasi perkembangan otak.
  4. Kewajiban dan peran orang tua.

Arti dari kebahagiaan anak adalah:

  1. Hubungan yang baik sangat penting untuk kebahagiaan. Seperti hubungan anak dengan orang tuanya merupakan titik awal kebahagiaan.
  2. Hubungan yang baok akan berpengaruh dalam membentuk positive self-esteem seorang anak, bagaimana emosinya terhadap orang lain dan bagaimana caranya memandang dunia secara umum.

Berikut ini cara membesarkan anak agar tumbuh bahagia:

  1. Makan makanan bergizi tepat waktu.
  2. Waktu bermain dan eksplorasi.
  3. Ekspresi emosi positif.
  4. Cukupi waktu tidur.
  5. Berikan cinta tanpa syarat.
  6. Antusias saat mendengar (active listening).

Nah, dalam event Fun Day Out With Daddy kali ini fokusnya adalah mengajak anak bermain. Karena bermain bagi anak pasti ada manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat bermain:

  1. Mendukung perkembangan otak (menekan kecemasan, memberikan perasaan tenang, melahirkan rasa nyaman, sistem kekebalan tubuh bekerja dgn optimal, mampu menangkap pelajaran dgn baik).
  2. Motorik kasar.
  3. Motorik halus.
  4. Aspek emosional dan sosial.

Di bagian akhir, Grace Melia memberikan tips bermain dengan anak, yaitu sebagai berikut:

  1. Me time minimal 15 menit/hari, ini berlaku untuk ibu.
  2. Follow the child.
  3. Structured play and unstructured play sama pentingnya.
  4. Boundaries.
  5. Singkirkan gadget.
  6. Being there.
  7. Tidak terburu-buru langsung memberikan bantuan jika anak tampak kesulitan.
  8. Berikan kesempatan untuk bermain dengan anak lain.
  9. Mengedukasi nanny.
  10. Bijak dalam memilih sekolah.

Children need the freedom and time to play. Play is NOT a luxury. Play is a necessity. (Kay Redfield Jamison)

Kontes Instagram Feed

Untuk para bunda, selain mendapatkan ilmu dari dua narasumber dalam acara talkshow, juga ada hadiah bagi pemenang kontes Instagram Feed. Alhamdulillah saya dapat rejeki menjadi salah satu pemenang.

anak bahagia lactogrow

Para bunda pemenang kontes Instagram Feed. (foto dok. suami)

Oiya di venue disediakan booth untuk berfoto. Nah, foto yang terbagus saya upload ke Instagram untuk diikutkan kontes. Tumben lho saya bisa dapat, mungkin karena tidak banyak blogger/influencer yang ikutan hehehe… Postingnya seperti apa, silakan lihat di akun Instagram saya dengan hashtag #Lactogrow #Lactogrowhappy #Lactogrowxorami.

Foto Bersama

Sebagai penutup acara hari itu, semua peserta diajak foto bersama dengan semua narasumber. Tentu saja pada bunda tidak lupa mengajak anaknya berfoto bersama. Saya pun berusaha demikian. Tapi rupanya anak saya, Dimas, lebih memilih bermain air yang terdapat di depan panggung. Karena sejak pertama naik ke panggung, lalu melihat air, Dimas seperti mendapatkan surga. Langsung asyik sendirian main disitu.

anak bahagia lactogrow

Dimas bermain air. (dok. pribadi)

Kesimpulan

Dari semua kegiatan ayah dan bunda serta anak hari itu, ditambah lagi dengan paparan ilmu dari dokter Ade dan Grace Melia, bisa diambil kesimpulan bahwa anak tumbuh bahagia itu dimulai dari dalam. Tentunya dari dalam keluarga itu sendiri. Yaitu anak mendapatkan:

  1. Asupan nutrisi yang seimbang.
  2. Stimulasi yang tepat.
  3. Keterlibatan orang tua.

Aktivitas Fun Day Out with Daddy adalah salah satu contoh bentuk keterlibatan orang tua. Jangan cuma bunda yang dekat dengan anak, tapi ayah juga harus sama. Penting lho untuk menyediakan waktu bermain bersama-sama. Asupan nutrisi yang seimbang tentunya harus memastikan faktor-faktor dimana bakteri baik harus lebih banyak daripada bakteri jahat.

Yuk Bunda, dukung anak tumbuh bahagia karena mereka adalah masa depan bangsa kita 🙂

 

 

Related Post
Hansaplast Kompres Demam Pertolongan Pertama #GakPakeDrama

Hansaplast kompres demam pertolongan pertama #GakPakeDrama. Ini adalah satu hal penting yang wajib saya ketahui sebagai seorang ibu, apalagi saya Read more

Cukup Matangkah Anak Anda Masuk Sekolah Dasar?

Anak sulung saya dulu masuk SD ketika usianya 6 tahun 9 bulan. Maklumlah anak lahiran Oktober, sehingga tanggung banget. Kalau Read more

Siapkah Anak Anda Masuk Taman Kanak-Kanak?

Kalau kemarin saya sudah share kuis kesiapan anak masuk PlayGroup, nah sekarang saya lanjutkan dengan kuis kesiapan anak masuk Taman Read more

Sudah Siapkah Anak Anda Bersekolah?

Anak kedua saya sudah pernah saya daftarkan di sebuah daycare. Usianya sih baru 26 bulan ketika itu. Namun akhirnya sampai Read more