Menjelajahi Singkawang Bersama Rental Mobil Pontianak Singkawang

rental mobil pontianak singkawang

Gimana kabar hari ini? Udah mulai berani jalan-jalan tipis-tipis? Saya lihat sudah mulai banyak orang yang berkunjung ke beberapa tempat wisata. Tentunya harus dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Nah, gimana kalo jalan-jalannya menjelajahi Singkawang? Ga perlu bawa kendaraan sendiri karena lebih nyaman dan aman menjelajahi Singkawang bersama Rental Mobil Pontianak Singkawang.

Tentang Kota Singkawang

Saya pertama kali mendengar nama kota Singkawang saat saya masih kecil. Kalau tidak salah, saya membaca dari sebuah buku atau majalah. Ya, begitulah manfaat saya suka membaca buku di kala masih kecil karena pasti ada yang membekas dalam ingatan saya. Menurut ingatan saya, di Singkawang itu banyak sekali orang-orang keturunan Tionghoa.

Sebenarnya masyarakat Singkawang terdiri dari keturunan Tionghoa, Dayak dan Melayu. Namun karena mayoritas adalah keturunan Tionghoa maka kota ini juga dikenal sebagai kota Amoy. Dan karena budaya yang ada mayoritas adalah juga budaya Tionghoa maka Singkawang pun dikenal sebagai Hongkong-nya Indonesia. Selain itu juga disebut sebagai kota Seribu Kuil. Bikin penasaran ‘kan?

Pada setiap perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek tentu saja Singkawang menjadi salah satu kota penyelenggaraan perayaan hari besar ini, selain kota Semarang dan Jakarta. Nah, karena keberagaman budaya yang ada itulah maka pada tahun 2018 kota Singkawang mendapat predikat sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia menurut Setara Institute.

rental mobil pontianak singkawang

Icon Kota Singkawang

Kota Singkawang berada di Provinsi Kalimantan Barat. Ia memiliki luas 504 meter persegi. Dikelilingi oleh Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang, dan Laut Natuna. Karena itu kota Singkawang merupakan kota pantai sekaligus perbukitan sehingga ini menjadi perpaduan topografi yang sangat unik. Kondisi geografis ini membuat Kota Singkawang memiliki destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi.

Dari kota lain, untuk berkunjung kesana bisa menggunakan jasa penerbangan. Pesawat akan mendarat di Bandara Internasional Supadio di Pontianak. Dari sana menuju Singkawang menggunakan jalan darat selama kurang lebih 4 jam. Demi keamanan dan kenyamanan, janjian aja dengan Esqiu Rent Car penyedia jasa Rental Mobil Pontianak Singkawang untuk dijemput di bandara ini.

Destinasi Wisata di Kota Singkawang

Di Singkawang ada banyak sekali tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi. Baik wisata darat maupun wisata laut. Berikut ini beberapa destinasi wisata darat yang bisa dikunjungi, yaitu antara lain:

1. Taman Gunung Sari

Terletak di Jl. Karya, Pasiran, Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79123. Tempat ini sejuk karena terletak di kaki Gunung Sari yang tidak jauh dari pusat kota. Disana ada fasilitas taman yang nyaman untuk bersantai. Juga tersedia beberapa wahana seperti rumah pohon, jembatan untuk selfie, spot foto yang instagramable, dan wahana sepeda gantung. Lintasan sepeda gantung di Taman Gunung Sari ini memiliki panjang 30 meter dengan ketinggian 4 meter.

2. Pemandian Eria

Terletak di Nyarumkop, Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Dari pusat kota Singkawang membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai lokasi ini. Kawasan wisata air terjun ini sangat cantik dengan aliran airnya yang jernih. Disini pengunjung juga akan merasakan udara yang segar dan sejuk. Saat yang tepat berkunjung ke tempat ini adalah di waktu pagi karena pengunjung bisa menikmati embun dan kabut khas kawasan air terjun ini.

3. Singkawang Cultural Center (SCC)

Terletak di Jl. Yos Sudarso, Melayu, Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79113. Ini merupakan destinasi wisata budaya dan sejarah. Di museum kontemporer ini pengunjung bisa menyaksikan kekayaan budaya, manusia, kuliner, pariwisata, seni dan potensi-potensi Kota Singkawang. Semuanya tersedia di dalam tiga area utama yaitu area pameran, area souvenir dan area kuliner.

rental mobil pontianak singkawang

4. Rumah Marga Tjia

Terletak di Jl. Budi Utomo no.35 Condong, Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Ini merupakan salah satu bangunan cagar budaya di Singkawang yang berdiri sejak 1901. Dahulu merupakan kediaman keturunan Thjia Siu Si yang kala itu merupakan imigran asal dataran Tiongkok yang kemudian menetap di Singkawang dan bekerja dengan menggarap lahan perkebunan. Rumah ini juga menjadi bukti sejarah adanya peradaban Tionghoa di Singkawang. Ia adalah rumah legendaris yang diklaim sebagai rumah tertua di kota Singkawang. Disini pengunjung dapat melihat ukiran, ornamen, dan barang-barang bersejarah lainnya yang masih dijaga dengan sangat baik.

5. Pasar Hongkong

Terletak di  Jl. Setia Budi, Condong, Singkawang Tengah, Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79111. Ini adalah merupakan tempat yang tepat untuk berwisata kuliner di Singkawang. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat dan berbagai kuliner khas Singkawang bisa ditemukan di tempat ini. Pasar tersebut buka menjelang malam hingga dini hari.

Selain destinasi wisata pegunungan dan dalam kota, Singkawang juga memiliki beberapa destinasi wisata pantai. Berikut ini beberapa wisata pantai yang cukup terkenal di kota Singkawang:

1. Pantai Kura-Kura

Pantai ini diberi nama pantai Kura-Kura karena dahulu kala banyak Kura-Kura yang datang ke pinggir pantai. Pantai ini kerap didatangi kura-kura untuk singgah menghirup udara segar dan untuk bertelur. Kehadiran kura-kura di pantai ini merupakan fenomena yang sangat istimewa. Hebatnya disini tidak satupun dibangun penangkaran kura-kura. Pantai ini dijaga tetap asri apa adanya.

2. Pantai Samudera Indah

Pantai ini menyuguhkan hamparan pasir putih dengan airnya yang jernih menyegarkan. Cocok sekali pantai ini dikunjungi saat musim panas tiba. Disini ombaknya bersahabat sehingga pengunjung bisa bermain di air dengan aman.

rental mobil pontianak singkawang

Pantai Samudera Indah Singkawang (image credit: pinkclosetdaily.blogspot.co.id)

Selain beberapa destinasi wisata tersebut diatas, masih ada lagi destinasi wisata yang cukup menantang, yaitu menjelajahi pulau. Ada 2 pulau yang cukup terkenal di Singkawang yaitu Pulau Randayan dan Pulau Lemukutan. Dengan naik perahu nelayan dari Pantai Samudera tadi, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan untuk menjelajah ke pulau Randayan dan pulau Lemukutan. Pasti asyik dan seru bisa jalan-jalan ke pulau-pulau tersebut. Pulau Randayan sendiri tampak nyaris tak berpenghuni. Sedangkan Pulau Lemukutan terbilang lebih ramai karena adanya kampung nelayan.

Rental Mobil Pontianak Singkawang

Gimana? Setelah membaca sekilas ulasan saya tadi pasti jadi penasaran pengin ke Singkawang ‘kan? Sekali lagi, jalan-jalan ke Singkawang ga perlu repot-repot. Apalagi untuk urusan transportasi disana. Ada Esqiu Rent Car yang menyediakan layanan transportasi Rental Mobil Pontianak Singkawang, yang selalu siap melayani perjalanan Anda bersama keluarga, rekan bisnis maupun komunitas.

Rental Mobil Pontianak Singkawang ini menyediakan armada mobil dari berbagai jenis seperti Avanza, Grand Inova, Alphard dan beberapa jenis kendaraan lainnya, menyesuaikan jumlah penumpang. Rental mobil ini memberikan layanan yang oke banget, antara lain:

  1. Siap menemani perjalanan Anda dari bandara internasional Supadio hingga ke kota Singkawang.
  2. Melayani antar jemput baik dari dalam maupun luar kota Singkawang hingga sampai ke tujuan.
  3. Menyediakan sarana angkutan yang nyaman terjamin dan dilayani driver yang profesional di bidangnya.
  4. Melayani rental secara khusus (premium service) untuk wisatawan maupun instansi pemerintah dan swasta.

Selain itu, rental mobil ini juga menyediakan paket-paket wisata yang Anda butuhkan. Esqiu Rent Car ini sangat mudah dihubungi yaitu bisa melalui WhatsApp di nomor 082218555888. Selamat jalan-jalan sambil menjelajahi kota Singkawang yaaa.. 🙂