Apa Saja Risiko yang Dijamin Asuransi Mobil? Simak Di Sini

asuransi mobil online

sumber gambar: moneysavingexperts.com

Asuransi adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh pemilik mobil. Hal ini karena kondisi di jalan atau lalu lintas sangat tidak terduga. Risiko kehilangan dan kerusakan sangat perlu diwaspadai karena hal itulah yang akan dicover oleh asuransi. Lalu, apa saja risiko yang dijamin asuransi mobil itu?

Risiko yang Dijamin Asuransi Mobil

Dengan memiliki asuransi, risiko yang akan pemilik mobil hadapi bisa dicover dengan baik. Berikut adalah beberapa risiko tersebut:

1. Kerusakan Akibat Tabrakan, Benturan, Tergelincir, atau Terperosok

asuransi mobil online

sumber gambar: brooklyn-accidentlaw.com

Di dalam polis asuransi mobil atau kendaraan bermotor ada jaminan kerusakan kendaraan karena berbagai sebab. Ada yang diakibatkan karena tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, hingga karena terperosok.

Kondisi tersebut nanti akan dipertimbangkan kembali oleh perusahaan asuransi untuk membayarkan klaim kepada nasabah yang mengalami musibah tadi. Seluruh kejadian yang ada akan menjadi bukti karena murni kecelakaan dan tidak ada unsur kesengajaan atau kesalahan dari pengemudi.

2. Perbuatan Jahat

Bagi pengendara kendaraan roda empat yang mengalami perbuatan jahat dari orang yang tidak bertanggung jawab, seperti pencurian spion atau body mobil yang baret dan dicoret, serta kerusakan lain maka semua kejadian itu akan ditanggung asuransi kendaraan.

Jadi ketika ada kerusakan pada mobil karena kejahatan orang lain, asuransi yang akan menanggung biaya perbaikannya. Pemilik polis tidak perlu lagi mengeluarkan biaya apapun dalam memperbaiki mobilnya yang rusak. Tentunya klaim dapat dilakukan ketika ada bukti kuatnya.

3. Hilang karena Dicuri

asuransi mobil online

sumber gambar: freshtakegeorgia.org

Tak hanya kerusakan saja yang ditanggung oleh pihak asuransi. Mobil yang hilang karena kasus pencurian juga akan mendapatkan jaminan penggantian ganti rugi atas kejadian tersebut. Apalagi jika kasus pencuriannya diikuti atau diawali dengan kekerasan serta ancaman kekerasan.

4. Rusak Karena Kebakaran

Asuransi mobil juga menanggung semua biaya penggantian dan perbaikan atas kendaraan roda empat yang rusak karena kebakaran. Di sini yang termasuk kejadian atau peristiwa kebakaran yang dicover oleh asuransi mobil antaranya kebakaran akibat terbakarnya benda lain yang berdekatan.

Selain itu, kebakaran akibat sambaran petir juga menjadi tanggungan dari asuransi mobil. Tak hanya itu, mobil yang mengalami kerusakan akibat air atau alat lain yang dipakai untuk mencegah kebakaran juga ditanggung oleh pihak asuransi.

Kebakaran yang terakhir yang masuk dalam pertanggungan asuransi mobil adalah dihancurkannya seluruh atau sebagian kendaraan bermotor atas perintah pihak berwenang yang bertujuan untuk mencegah kebakaran menjalar.

Jadi ketika ada peristiwa kebakaran dan lokasi mobil terkait berada di dekat kejadian dan bahkan sudah ikut terbakar sebagian, maka akan ada perintah penghancuran mobil tersebut agar kebakaran tadi tidak semakin besar dan menjalar ke tempat lain. Di sini pihak asuransi yang akan mengganti mobil yang dimusnahkan sehingga pemilik kendaraan tidak perlu membeli mobil baru lagi.

5. Kerusakan Kendaraan Ketika Berada di Atas Kapal

asuransi mobil online

sumber gambar: ruv.de

Asuransi mobil juga menanggung risiko kerusakan atau kerugian yang diakibatkan dari kerusakan kendaraan ketika berada di atas kapal untuk penyebrangan. Kerugian dalam kasus ini termasuk kerusakan yang dikarenakan kapal yang mengangkut kendaraan terkait mengalami kecelakaan.

Jadi ketika sedang menyeberang laut dengan membawa kendaraan motor pribadi, lalu ada kerusakan akibat kerusakan kapal ferry bersangkutan maka pihak asuransi akan mengcover semua biaya perbaikan atas kejadian tersebut.

Dari risiko yang dijamin asuransi mobil di atas, dapat dilihat kalau manfaat dari asuransi tersebut sangat penting bagi pemilik kendaraan bermotor roda empat. Kerugian yang bisa menghabiskan banyak dana jadi bisa dihindari karena adanya asuransi. Jika Anda berniat untuk mencari produk asuransi mobil online terbaik, silahan mengunjungi Cekpremi.com.

Sebagai portal pembanding asuransi berbasis online terbaik. Cekpremi akan membantu Anda mendapatkan produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan juga budget. Cekpremi juga menjalin kerja sama dengan lebih dari 30 perusahaan asuransi terbaik di Indonesia, sehingga asuransi yang Anda dapat memang terbaik dan terpercaya.

 

Related Posts: