3 Bisnis Cocok Dikembangkan saat Pensiun bersama Obligasi Pemerintah

obligasi pemerintah

3 Bisnis Cocok Dikembangkan saat Pensiun bersama Obligasi – Mempersiapkan dana pensiun harus Anda lakukan sejak jauh-jauh hari. Salah satu cara yang bisa Anda jadikan bekal pensiun adalah dengan membeli Obligasi Pemerintah.┬áKemudian Anda bisa mengembangkannya lebih baik lagi dengan cara berbisnis.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah keinginan Anda tersebut. Berikut ini penjelasan singkatnya.

Referensi Bisnis untuk Masa Pensiun dengan Obligasi Pemerintah

Jika Anda berencana untuk memulai bisnis setelah pensiun dan juga memiliki investasi dalam obligasi, ada beberapa jenis bisnis yang bisa menjadi pilihan yang baik. Namun, sebelum memulai bisnis baru, pastikan Anda telah melakukan perencanaan yang matang dan memiliki sumber daya yang cukup.

Beberapa jenis bisnis yang dapat dikembangkan dengan investasi obligasi antara lain:

1. Bisnis Franchise

Bisnis franchise dapat menjadi pilihan yang baik untuk orang yang baru memulai bisnis. Dalam sebuah franchise, pemilik bisnis mendapatkan dukungan dari pemilik merek dalam hal pemasaran, pelatihan, dan dukungan operasional.

Investasi dalam sebuah franchise bisa relatif kecil atau besar tergantung pada merek yang dipilih. Namun, pastikan untuk memilih franchise yang memiliki reputasi baik dan sudah terbukti sukses di pasar.

2. Bisnis Kos dan Sewa Properti

Usaha kos memungkinkan Anda untuk mendapatkan penghasilan yang stabil dan pasif, karena pendapatan berasal dari biaya sewa kamar bulanan. Namun, Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal sebelum memiliki bisnis yang satu ini. Mengingat biaya untuk mewujudkannya juga tidak sedikit.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan di antaranya adalah lokasi yang strategis, desain tempat kos yang menarik dan estetik, harga affordable, hingga manajemen pengelolaan yang baik.

Bukan hanya kos, sewa properti juga cukup menjanjikan. Anda bisa mulai memikirkan pembelian properti sejak sebelum pensiun. Supaya lebih mudah dalam melakukan pemilihan properti.

3. Peternakan

obligasi pemerintah

sumber gambar: pexels.com

Bisnis yang bisa Anda kembangkan dengan obligasi pemerintah adalah peternakan. Sebab bisnis ini dapat memberikan penghasilan yang stabil dan menarik serta dapat dijalankan di lingkungan pedesaan atau perkotaan.

Namun, Anda wajib memperhatikan beberapa hal sebelum memilih bisnis ini. Misalnya saja jenis ternak, lahan yang sesuai dengan kebutuhan, pekerja yang bisa Anda percaya, hingga tempat untuk menyalurkan ternak Anda.

Tips Memilih Obligasi untuk Bisnis

Selain memperhatikan mengenai bisnis yang bisa Anda jalankan, penting untuk memahami obligasi terlebih dahulu. Sebab, hal ini akan berjalan berdampingan atau bahkan menjadi modal awal Anda untuk berbisnis.

Berikut adalah beberapa tips tentang obligasi yang dapat membantu dalam pengelolaan bisnis:

  1. Pahami Jenis-jenis Obligasi
    Terdapat beberapa jenis obligasi yang berbeda, termasuk obligasi pemerintah, obligasi perusahaan, hingga obligasi korporasi. Masing-masing jenis obligasi memiliki risiko yang berbeda dan tingkat pengembalian yang berbeda pula.
    Penting untuk memahami perbedaan di antara jenis-jenis obligasi ini dan memilih jenis yang paling sesuai dengan tujuan dan profil risiko bisnis Anda. Supaya Anda tidak kebingungan dalam menjalankan investasi.
  2. Periksa Rating Obligasi
    Rating obligasi merupakan penilaian dari lembaga rating independen tentang kemampuan penerbit obligasi untuk membayar utangnya. Rating obligasi dapat membantu Anda memilih produk investasi yang lebih aman dan menghindari obligasi yang memiliki risiko gagal bayar yang lebih tinggi.
  3. Pertimbangkan Jangka Waktu
    Berapa lama Anda akan melakukan investasi ini? Jangka waktu obligasi dapat bervariasi dari beberapa bulan hingga puluhan tahun. Pertimbangkan jangka waktu obligasi yang paling sesuai dengan tujuan bisnis Anda.
    Obligasi dengan jangka waktu yang lebih lama cenderung memiliki pengembalian yang lebih tinggi. Namun juga memiliki risiko yang lebih tinggi. Anda harus betul-betul memahami hal tersebut.
  4. Diversifikasi Portofolio
    Diversifikasi portofolio obligasi dapat membantu mengurangi risiko dan meningkatkan pengembalian. Pertimbangkan untuk membeli obligasi dari penerbit yang berbeda dan dengan jangka waktu yang berbeda pula.
  5. Perhatikan Kondisi Pasar
    Kondisi pasar dapat berdampak pada kinerja obligasi. Pastikan untuk memantau kondisi pasar secara teratur dan mempertimbangkan untuk menjual obligasi jika kondisi pasar kurang menguntungkan atau jika Anda membutuhkan likuiditas untuk keperluan bisnis.
    Namun, sebelum melakukan investasi dalam obligasi, pastikan untuk berkonsultasi dengan profesional keuangan untuk membantu memilih jenis obligasi yang paling sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi bisnis Anda.

Pilih DBS Treasures untuk Mempersiapkan Bisnis dengan Obligasi

Bersiaplah untuk beli obligasi pemerintah dengan baik dan cermat. Anda bisa menjadikan perbankan prioritas DBS Treasures sebagai mitra manajemen kekayaan untuk hal ini.

Tentu saja Anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Antara lain:

  • Kupon Reguler
    Memberikan pendapatan reguler berupa kupon yang dibayarkan secara berkala selama periode investasi oleh penerbit Obligasi.
  • Potensi Capital Gain
    Beberapa jenis Obligasi dapat dijual kapan pun sebelum jatuh tempo dan memperoleh potensi keuntungan dari kenaikan harga Obligasi.
  • Kupon Kompetitif
    Memberikan tingkat kupon yang kompetitif di atas rata-rata bunga Deposito berjangka.
  • Tidak Ada Biaya Tambahan
    Hanya spread atau selisih antara harga jual dan harga beli (bid dan offer).
  • Transaksi 24/7
    Tersedia ragam produk Obligasi yang dapat diperjualbelikan di Aplikasi digibank by DBS.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portfolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Cukup persiapkan beberapa dokumen untuk keperluan investasi Anda. Antara lain e-KTP, NPWP, rekening di perbankan prioritas DBS Treasures. Lalu Anda bisa mengisi data formulir yang sudah disediakan.

Demikian artikel singkat mengenai Obligasi Pemerintah yang bisa Anda gunakan untuk berbisnis di masa pensiun. Segera kunjungi website berikut ini https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/investing-in-bonds dan klik konsultasi sekarang! Semakin cepat Anda menentukan pilihan investasi, semakin besar kesempatan Anda untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Related Posts:

1 thought on “3 Bisnis Cocok Dikembangkan saat Pensiun bersama Obligasi Pemerintah”

  1. Setelah pensiun dan punya modal banyak, tantangan selanjutnya adalah bagaimana caranya agar usaha gak rugi-rugi banget mengingat setelah tua nanti pasti energi kita akan berkurang…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *